WHAT'S NEW?
Loading...

Ekspedisi ke Pulau Moyo, Sumbawa

Weekend kali ini terasa agak panjang, karena ada libur Hari Raya Imlek yang jatuh pada hari Senin, sehingga minggu ini total libur tiga hari, yey kami berencana menghabiskan libur tiga hari tersebut untuk camping di Pulau Moyo.

Pulau Moyo adalah sebuah pulau kecil yang terletak sekitar 2.5 KM sebelah utara Pulau Sumbawa. Sebagian besar wilayahnya ,masih berupa hutan alami, dengan berbagai hewan di dalamnya seperti burung-burung, rusa, sapi liar, babi hutan, monyet, kelelawar, kupu-kupu dan ikan terbang di perairannya.

Berikut ini saya tulis ringkasan perjalanan kami dari Mataram menuju Pulau Moyo :
  1. Dari Mataram menuju Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur. Menggunakan Mobil Avanza, tidak sampai satu setengah jam, kita sampai di pelabuhan kayangan.
  2. Dari Pelabuhan Kayangan menyeberang ke Pelabuhan Poto Tano menggunakan Ferry, satu mobil tarifnya Rp 378.500,00 . Lama penyeberangan satu setengah jam.
  3. Dari Poto Tano, kita langsung menuju Kota Sumbawa Besar. Perjalanan sekitar satu setengah jam.
  4. Nah dari sumbawa bisa memilih beberapa tempat penyeberangan. Untuk public boat bisa lewat labuhan Sawo (15 ribu/orang). Sedangkan kami memilih nyewa boat sendiri dari daerah Ai Bari, sebelah utara Kota Sumbawa Besar. di Ai Bari ini ada seorang yang sangat terkenal , namanya Pak Lahi. Beliaulah yang selalu mengantar wisatawan yang akan ke Moyo lewat Ai Bari. Ini dia sosoknya :

    Dari Ai Bari kita menuju Pulau Moyo, rencananya kita mau langsung ke Pantai Tanjung Pasir yang Terumbu Karangnya indah, tapi tidak memungkinkan sehingga kami langsung menuju daerah Labuhan Aji di Pulau Moyo, dengan jarak tempuh sekitar hampir 2 jam (dikarenakan ombak yang besar, angin barat), rute sedikit memutari pulau karena Labuhan Aji berada di sebelah timur Pulau Moyo, sedang kita nyebrang dari selatan Pulau Moyo.
  5. Untuk penginapan ada tiga pilihan. Yang pertama, bisa menginap di Amanwana Resort (satu satunya hotel), dengan tarif 700 dollar semalam. Kedua, bisa numpang di rumah penduduk. Ketiga bisa mendirikan Tenda sendiri di tanah2 kosong dengan seijin warga setempat. Nah pilihan ke tiga adalah pilihan kami "mendirikan tenda" di pinggir pantai.
  6. Objek di Pulau Moyo yang bisa dikunjungin adalah Air Terjun (ada 4) , Goa, dan Pantai dan Pulau kecil di sebelahnya, yaitu Pulau Satonda. Namun kali ini kami cuma sempat ke Air Terjun Diwumbai , Air Terjun Mata Jitu , dan Pantai Tanjung Pasir .

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar