WHAT'S NEW?
Loading...

Menghitam di TWA Gunung Tunak

.: GOSONG :. Setelah kemarin hari Sabtu jalan jalan ke Senaru di ujung utara Lombok, hari Minggu ini lanjut cuss ke ujung tenggara Lombok, yaitu Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak.

Lokasinya ada persis di timur Pantai Bumbang, Loteng, jadi sangat mudah dicari, kalau dari arah kuta Lombok, kita tinggal ke arah timur sejauh 11 KM, nah setelah sampai di Pantai Bumbang, lanjut naik bukit sampai ujung sejauh 4 KM dengan jalur aspal, sedikit rusak, tapi masih bisa kok kendaraan masuk.

dengan background Pantai Bumbang

Kebetulan pas sampai pintu gerbang nya, portalnya masih tertutup, hohoho, tengok kanan kiri, petugasnya ternyata belum datang. Tengok kanan kiri lagi, eh eh, ternyata ada celah kecil di kiri portal, cusss motor bisa lewat gan... Tancaaap

Mulai dah kita membelah hutan, kanan kiri jalan lebat hutan bambu, trus di sepanjang jalan aspal ini penuh dengan kotoran kerbau, ada yang udah kering, dan ada pula yang masih basah mengkilat, kayaknya sih masih anget anget gitu. Seneng dah, bukan apa apa ya, setidaknya berarti ada kehidupan di sekitar sini, ada penggembala kerbau lah ya.

Nah pas ketemu pertigaan, kita ambil jalur yang kiri yang menuju Pantai Bilasayak, kalau yang kanan akan tembus ke Pantai Ujung, yang di sebelah kirinya nanti ada Gili Penginang dan Gili Anak Ewuq.

Yuhuu, sekitar 10 menit dari pintu gerbang, akhirnya kita sampai juga di Pantai Bilasayak. Sepiiiii manusia, cuma ramai oleh suara ombak yang lagi kenceng kencengnya. 

Lagi asik asiknya fotoan, eh tiba tiba datang rombongan ABG ABG yang langsung mendekat dan foto foto selfie, hohoho, baiklah, kita ngalah dulu. Untungnya ya mereka gak lama, dan lanjut ke arah timur. Yeah, kita beraksi lagi.... foto foto.



kalau jalan jalan itu WAJIB Selfie

Kemudian kita lanjut ke arah timur, menuju titik akhir tujuan kita, yaitu Mercusuar, nah di tengah perjalanan kita bertemu ama dua orang yang lagi asik foto foto, kalau melihat gayanya sih fotoan buat komersil, bukan gaya gayaan kaya kita. Dan benar, setelah kenalan dan ngobrol, ternyata mereka dari "Lombok explore". Mereka lagi nyari nyari lokasi wisata baru buat dijual di paket wisata nya.


Semakin jauh berjalan, semakin dekat penampakan Gili Bilasayak ini, wuiiih keren gan, berdiri kokoh di tengah lautan yang ombaknya super duper kenceng.

Widih, ternyata di baliknya, ada Gili lagi gan, namanya Gili Dewan. mirip mirip penampakannya ama Gili Bilasayak, batu di tengah laut yang menjulang, ciri khas gili yang gak bisa dikunjungi.


Awal mula ke ujung TWA Gunung Tunak ini khan mau naik sampai puncak mercusuar di sini, eh ternyata baru sampai tingkat 1 aja udah gemeteran kita, haha... Anginnya kenceng banget broooo... Sumpah bisa terbang kita kalau dipaksa naik ke puncak, yah akhirnya kita cuma foto foto asoy aja dari tingkat satu ini, ya meski kurang bebas, gegara satu tangan sambil pegangan ke besi *takutterbang


Gan gan, di tempat se terpencil ini ternyata ada semacam nisan gan, awalnya sih saya kira bekas bangku yang udah rusak bagian tempat duduknya, tapi ternyata pas didekati ada tulisan nya gan. Entah apa maksudnya ya...



Peta Lokasi Pantai Bilasayak di area Taman Wisata Alam Gunung Tunak :



jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
LOMBOK itu INDAH

13 comments: Leave Your Comments

  1. Lombok mmg kagak ada matinya, selalu aja ada tempat untuk di explore

    ReplyDelete
  2. Akes jalan nya gmana gan?
    Mobil bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mobil bisa. cuma satu titik medan beratnya, sebelum pintu gerbang, tanjakan curam :)

      Delete
  3. Ini jalannya dari kuta mulus ga buat motoran? Jauh mana sama ke tj aan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulus kok, cuma agak rusak di sekitar pintu masuknya...

      jauhan ini daripada tanjung aan,.

      Delete
    2. Ngga sempet nih..kmrn aja malah nyangsar ke gerupuk..hihihi..

      Btw tukeran link dong

      Delete
    3. weleh, beda jalur ama gerupuk

      link sudah masuk di pojok kiri bawah

      Delete
  4. eh kemaren nyampe ke pantai ebuak juga, plus bukit yg seharusnya mungkin ada gua kotak itu juga, tapi ga ketemu tetep...ish sebel..

    btw makasih ya.

    oiya gimana cara bikin mapping tempat wisata pake google maps ini sik? keren deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohoho maklum itu bukan tempat wisata jadi gakada petunjuk arahnya...


      lha untuk peta ini khan saya terispirasi dari postingan sampeyan yang Kebun Buah Mangunan :) , dulu aku pakainya wikimapia, tapi sekarang kayaknya error deh

      Delete
  5. Hallo..rencana saya mau ke tunak langsung setelah mendarat dari bandara praya sekitar jam 9 pagi. Kira-kira ada tempat/info penyewaan kendaraan mobil untuk menuju kesana ga ya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Kalau ke pantai sari goan ya namax? Itu klo dr parkiran Twa Tunak arahnya kemana y? Syng y pemerintah daerah kurang perhatian tdk mau membuatkan akses jalan yg mudah kita lalui dgn mobil

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke arah kiri..

      ya memang pemda belum punya hasrat untuk hal hal seperti itu... sayang skali

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar