10 January 2017

Omah Dua Djempol : Masakannya Orang Indonesia


Omah Dua Djempol adalah sebuah restoran keluarga yang mulai beroperasi sekitar bulan November 2016. Lokasinya sangat strategis, yaitu di Jalan Sriwijaya 79, Mataram atau lebih tepatnya di depan Hotel Grand Legi (Sahid) Mataram.

Sering banget aku lewat depan resto ini, selalu aja rame, dan baru sekarang aku bisa sempet nyobai menu menu nya. Biar enggak terlalu rame, aku datengnya pas jam buka warung, yaitu jam 11 siang, heuheuheu, eh beneran belum rame, baru ada dua keluarga yang sudah makan di dalam. Tapi ternyata yang berpikiran seperti aku tuh banyak, enggak berapa lama aku duduk, eh lha kok jadi rame.... Hohohoho , ya iyalah pas jam makan siang....


Selain tempat parkirnya yang luaaaas, ternyata bagian dalam resto ini juga luas lho, kita bisa pilih tempat duduk di depan luar, di samping luar, di dalam (ber-AC) atau di belakang luar. Nah yang belakang luar ini beratapkan langit, dikhususkan untuk romantic dinner, aku lihat lihat foto nya pas malem, oke banget lho...

By the way untuk lokasi yang di samping luar ini unyu deh, fotogenic banget, banyak hiasan hiasan dinding yang wokeee banget buat fotoan selagi nunggu orderan dateng. Awalnya aku berencana duduk di area ini, tapi berhubung Kota Mataram lagi panas panas nya, kita pilih duduk di dalam saja yang lebih sejuk dan nyaman.


Interior bagian dalam pun gak kalah seru nya, menurutku sih mereka mengambil tema "Tempo Dulu", terlihat dari gambar gambar yang dipajang di dinding dan gambar di meja yang berupa kolase poster poster iklan jadul, pokoknya kalau kalian lahir di tahun 70-an (aku belum lahir) mungkin bakal kenal atau bahkan bernostalgia dengan poster2 iklan di sini.

Sesuai dengan tagline nya "Masakan Orang Indonesia" , resto ini menyediakan menu menu lokal saja, seperti yang bisa kalian lihat di foto di bawah ini (klik untuk zoom) :


Satu tips nih buat kalian yang dateng ke tempat makan baru dan bingung mau order makanan apa, yaitu dengan menanyakan ke pelayan nya, menu apa sih yang recommended di tempat makan tersebut, seperti yang aku lakukan di Omah Dua Djempol ini. Dari rekomendasi pelayan nya, terpilihlah menu Sop Buntut, Ayam Sambal Mbee, dan Gurami Sambal Mangga.

Yang pertama dateng adalah Sop Buntut. Buntut atau ekor yang dipakai pastinya ekor sapi ya, bukan ekor ayam, heuheuheu. Disajikan dalam sebuah panci stainless steel ukuran sedang dengan pemanas di bawah nya, yang membuat sop ini selalu terasa hangat. 


Ada sekitar 3 potong tulang ekor yang menyatu dengan daging lembut nan gurih. Tingkat kematangan daging nya pas, mudah dilepaskan dari tulangnya tapi enggak lembek, jadi masih terasa tekstur daging nya saat dikunyah. Enak enak enak

Yang kedua adalah Gurami Goreng Sambal Mangga
Huaaaaa pas makanan ini dateng, aku sempat kaget, gurami nya guedeeee, bisa buat 3 orang ini...
Gurami goreng ini disajikan dengan sambal mangga terasi di atasnya, baru pertama kali sih makan sambal mangga terasi, biasanya sambal mangga aja tanpa terasi, eh ternyata enak juga dan cocok ama gurihnya ikan gurami, nyatu abissss.


Yang ketiga adalah Ayam Sambal Mbee
Ini adalah salah satu menu yang wajib kalian coba di Omah Dua Djempol, karena jarang ditemui di Lombok. Terbuat dari satu ekor ayam kampung (seukuran ayam taliwang) yang digoreng dan di atasnya ditaburi sambal mbee. Nah "Mbee" ini sendiri menurut asal katanya berasal dari bahasa bali yang artinya bawang goreng, jadi sambal mbee ini adalah sambal yang terbuat dari campuran cabe dan bawang goreng dengan tekstur kering, sedikit kriuk kriuk saat disantap


Mataku langsung segeeer saat melihat ada Mojito di daftar menu, secara ya ini salah satu minuman favorit, huhuhuhu, ada dua jenis mojito yang bisa dipilih, si merah Strawberry dan si hijau Kiwi. Dari dua jenis itu, kiwi lah yang berhasil dengan sukses menarik perhatianku.

Sajian Kiwi Mojito ini merupakan perpaduan dari soda, sirup, potongan buah kiwi dan irisan jeruk lemon yang pas banget di order siang hari kaya sekarang ini....


Sebenernya masih banyak menu lain khas nusantara yang pastinya maknyuss maknyuss nyuss, sebut saja Kambing Guling, Sate Kambing, Udang Bakar, Ayam Sambal Matah, Ayam Taliwang, Iga Penyet , Iga Bakar dan Udang Telur Asin. Tapi berhubung perut udah penuh, kayaknya besok besok lagi deh kesini nyobain menu yang lain...


OMAH DUA DJEMPOL
Jalan Sriwijaya, Cakranegara, Mataram (Depan Hotel Grand Legi)
Telp : 0370 7509388 / 083117000089
Instagram : http://www.instagram.com/omahduadjempol


***

PETA LOKASI OMAH DUA DJEMPOL RESTO





.
Share:

8 comments:

  1. Sambal Mangganya benar menggoda. Biasanya kalau di tempatku sambal mangga itu cocoknya dengan ikan bakar.
    Desain meja dan kursinya tidak terlalu berdekatan ya, jadi asyik leluasa bergerak kayaknya.

    ReplyDelete
  2. Wiiih.. Da rmh makan baru ney.. Thanks infonya mas broo.. Sya penasaran sama menu2 yg da dsana.. :)

    ReplyDelete
  3. @nasirullah sitam : iya banyak ruang kosong, biar enggak terasa sumpek
    @lazwardy : heuheuheu ayo dicobaaa

    ReplyDelete
  4. Aku geliiiiiii kalo liat ayam masih utuh trus kepala nya keliatan gitu ihik ihik ihik, ngak nafsu makan nya :-(

    ReplyDelete
  5. @om cumi : hihihihi, tutupin aja kepalanya... enak lho om

    ReplyDelete
  6. Ney cenderung k makanan berat semua, tp kece tempatnya.. Mirip2 rmh makan tetangga sebelah.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyesss restoran buat makan berat, heuheuheu

      Delete
  7. ayam sambal mbee ... jadi bikin laper ni :)

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Featured post

Serunya Piknik di Gili Kedis

Wilayah Sekotong di Lombok Barat memang menyimpan potensi wisata pantai yang luar biasa, banyak pulau kecil, alias gili yang pemandangan ny...

Blog Archive