17 October 2017

Mengintip Body Painting di Nusa Dua Fiesta 2017

Setelah sekian lama enggak ke Bali, akhirnya di pertengahan Oktober 2017 ini sampai juga ke Bali lagi, yaa mumpung lagi low season nih, plus lagi ada peringatan bencana Gunung Agung, heuheuheu ada peringatan bahaya malah mendekat. Tapi Alhamdulilah kita sekeluarga aman tenteram selama di Bali.



Tujuan utama kita ke Bali kali ini adalah nyamperin event Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta 2017 yang digelar dari tanggal 11 - 15 Oktober 2017, tapi kita cuma dateng di hari Sabtu nya, tanggal 14 Oktober 2017.

FYI di hari pertama, yaitu 11 Oktober untuk bisa masuk ke event ini, setiap pengunjung harus membayar 50rb/orang , tapi berkat dukungan penuh Sponsor terutama Bank Mandiri dan Kementerian Pariwisata, 4 hari berikutnya Free alias gratiss tiss tiket masuk. Kita hanya mengeluarkan uang untuk jika mau membeli sesuatu di event ini.



Metode pembayaran yang dipakai di event ini Cashless alias tanpa uang tunai, melainkan menggunakan e-Money , salah satu produk dari Bank Mandiri. Buat yang belum punya, (termasuk juga aku) bisa membeli kartu e-Money di pintu masuk (harga 20rb/kartu) dan bisa langsung di top up dengan nilai maksimal 1 juta rupiah. Bila saldonya habis untuk transaksi di event ini dan pengen top up lagi, di lokasi acara banyak titik tempat top up. Tapi bila masih sisa, bisa digunakan untuk belanja di Indomaret/Alfamart atau bisa juga untuk membayar tol di Tol Bali Mandara.




Lokasi persisnya Event ini adalah di Peninsula Island, Nusa Dua, deket banget ama Water Blow. Nah di hari ke-4 ini ada beberapa kegiatan yang digelar, salah satunya yaitu Body Painting, atau kegiatan melukis dengan kanvasnya berupa tubuh manusia (perempuan). Event ini menjadi daya tarik utama para pengunjung karena jarang jarang digelar di Indonesia.

Model yang merelakan tubuhnya untuk dilukis ternyata adalah 25 mahasiswi bule yang sedang menimba ilmu di Universitas Udayana dan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Sedangkan seniman yang melukisnya adalah seniman lokal.

Tema dalam lukisan Body Painting kali ini adalah lingkungan alam dan keindahan biota laut. Dengan tema tersebut para pelukis secara bebas menuangkan ide dan gagasannya untuk menghasilkan karya indah ditonton pengunjung dalam ajang tahunan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC). Dengan waktu yang terbatas (sekitar 2,5 jam), si pelukis disebar ke segala penjuru lokasi acara, jadi lokasi melukisnya tidak terpusat di satu tempat. Nah pas udah selesai, barulah berkumpul, balik lagi ke lokasi semula (di sebelah panggung utama).



Info dari panitia, kriteria penilaian dalam lomba ini, antara lain, keserasian gambar, perpaduan warna, mampu menampilkan tiga dimensi (3D), berpedoman pada tema, ketepatan waktu, dan lainnya.

Salah satu dari 25 kanvas hidup tersebut bernama "Daniela", seorang mahasiswi asal Austria ini tubuhnya penuh dengan warna-warna scotchlite dari sapuan kuas seorang pelukis bernama Dedeb. Sesosok wajah singa terlihat menyembul dari tubuh Daniela yang dilukis dengan pola 3 dimensi. Perpaduan itu semakin indah, tatkala si pelukis memadunya dengan kalung khas suku indian beserta mahkota bulu di kepala (lihat foto paling atas, paling kiri)


Bila pengunjung kelaparan, bisa juga langsung berburu berbagai macam kuliner di sini, karena banyak banget stand2 dan foodtruck yang menjual makanan, sampai bingung mau pilih beli yang mana. Untuk menikmatinya kita bisa duduk di kursi yang disediakan atau pilih lesehan di rerumputan, yaa ala ala piknik hore gitu, karena sudah sore jadi enggak perlu takut kepanasan, justru malah sejuk karena adanya hembusan angin pantai. Maklum, lokasinya persis di sebelah pantai Nusa Dua.

Di malam harinya, di panggung utama diluncurkan sebuah program kerjasama antara ITDC dan Bank Mandiri, yaitu produk ID Card karyawan ITDC yang berfungsi juga sebagai e-Money. Kereen ya...

Sebenernya pengumuman pemenang body painting itu juga malam hari ini juga, tapi karena si kecil udah mulai bosan, enggak mau duduk duduk manja di rerumputan, (mulai rewel) akhirnya kita cabut dari TKP .



***

Lokasi Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta 2017

.
Share:

2 comments:

  1. Wah sya gak diajak nih, lain kali ajak2 bang broo... Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuheuheu, mendadak ini
      bingung weekend kemana, akhirnya meluncur ke pelabuhan lembar...

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Yuk ke Pasar Pancingan

Blog Archive