16 March 2018

4 Cara Membedakan Kopi Luwak Palsu


Tahukah anda kalau Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara penghasil kopi terbesar setelah brazil? Nah dari sekian banyak jenis kopi yang dihasilkan di Indonesia, salah satu yang paling populer adalah kopi luwak. Di pasaran ada banyak sekali kopi sachet instan yang berlabel kopi luwak dijual dengan harga seribu rupiah. nah benarkah itu adalah kopi luwak asli? lalu mengapa harganya bisa sampai segitu murahnya.

Kalau anda lihat komposisi pada kemasan kopi instan yang dijual seribuan, anda akan melihat bahwa disitu tidak ada keterangan jenis kopi yang digunakan. Apakah benar-benar kopi luwak atau tidak. Tetapi satu hal yang pasti adalah tidak mungkin kopi luwak dijual dengan harga murah. 

Mengapa? Sebab untuk menghasilkan kopi luwak membutuhkan proses yang sangat panjang. Bahkan satu kilogram biji kopi biasa ketika diulah menjadi kopi luwak, paling hanya menghasilkan beberapa gram saja. itulah kenapa harganya jadi mahal. Nah, kalau sudah seperti ini, bagaimana cara kita membedakan mana kopi luwak asli dan mana yang palsu. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan:

1. Kenali Aromanya
Berbeda dengan kopi biasa atau non luwak, kopi luwak memiliki aroma yang berbeda. Baik itu aroma pada bijinya, juga aroma pada saat kamu campur dengan air hangat. Pada biji kopi luwak biasanya aromanya lebih wangi ketimbang biji kopi biasa, bahkan kalau yang dimakan oleh luwak pandan, aromanya akan seperti aroma daun pandan. Wangi dan menyenangkan. 

Sementara jika kamu seduh dengan air panas, aroma kopi luwak akan semerbak memenuhi ruangan. jadi langsung tercium aromanya sejak kamu menuangkan air panas ke kopi kamu. ini adalah salah satu kenikmatan kopi luwak yang tak bisa ditandingi. 

2. Dari Bentuknya
Kamu juga bisa membedakan mana kopi luwak maka tidak dari bentuknya. Kalau dari bentuknya biji kopi luwak biasanya memiliki serat pada bagian biji yang tidak sebersih biji kopi non luwak. Masih terlihat ada ari-arinya. Lalu belahan biji kopi luwak cenderng lebih besar dibanding dengan biji kopi biasa. Dari warnanya juga berbeda. Jika biji kopi biasa warnaya ada yang putih, cokelat dan hitam, atau cenderung tidak seragam. Maka berbeda dengan biji kopi luwak yang warnanya cenderung seragam kehijauan. 

3. Lakukan Tes Sederhana
Salah satu metode yang bisa kamu gunakan untuk menguji apakah biji kopi tersebut benar-benar biji kopi luwak atau tidak adalah dengan melakukan tes sederhana. Caranya, kamu ambil biji kopi tersebut lalu masukkan ke dalam air. Semua biji kopi luwak akan tenggelam, jadi jika ada salah satu biji saja yang tidak tenggelam, maka patut diragukan apakah itu benar-benar biji kopi luwak.
Untuk bentuk biji luwak biasanya rapi dan seragam, beda dengan biji kopi biasanya yang besar kecilnya berbeda. Bahkan juga ada yang berlubang. 

4. Tidak ada dalam bentuk instan
Hal mencolok berikutnya yang bisa kita gunakan sebagai acuan apakah itu kopi luwak asli atau tidak adalah kemasanya. Kopi luwak tidak ada yang dikemas dalam bentuk instan. Jadi kalau ada kopi instan yang bernama kopi luwak, bisa dipastikan itu hanya namanya saja. itu adalah kopi luwak palsu. 

Berikutnya yang bisa kamu jadikan acuan untuk membedakan mana kopi luwak asli dan palsu adalah harga, kopi luwak tidak mungkin dijual murah seperti yang beredar di toko-toko kelontong. Pasalnya, harganya berkisar 100$ untuk setiap 1 gelas


Share:

Blog Archive