16 April 2018

Mampir ke Mangsi Coffee Sanur


Kedai Mangsi Coffee ini, sepengetahuanku ada beberapa di Pulau Bali, yaitu di Denpasar, Kuta dan Sanur (kalau ada yang baru lagi, silakan tulis di kolom komen). Kira kira setahun lalu aku pernah mampir bentar ke Mangsi yang ada di Jln Merdeka Denpasar, nah sekarang aku berkesempatan mampir lagi ke Mangsi, tapi yang berada di Sanur.

Kita sengaja mampir ke Mangsi ini untuk mengisi perut dan persiapan agar mata melek, karena kita sedang dalam perjalanan darat dari Kuta Bali menuju Pelabuhan Padangbai, guna menyeberang ke Lombok.


Berada di Jalan By Pass Ngurah Rai, kita sempet kelolosan/kelewatan gegara terlalu ngebut, hingga akhirnya kita puter balik di perempatan tidak terlalu jauh dari Mangsi ini.

Saat kita sampai di Mangsi, kita langsung disambut salah satu staff nya, hmmm ramah juga nih sambutannya. Dan kita langsung diarahkan ke meja kursi yang kosong. Kondisi sore ini sih lumayan ramai, ada beberapa pasangan muda mudi, dan sekelompok eksekutif muda yang sepertinya sedang meeting santai bersama kolega nya. Tapi alhamdulilah, kondisi ramai tersebut cuma berlangsung beberapa menit, karena tiba tiba semua pengunjung get out alias pergi dari kedai ini. Yuhuuu, sepii deh... Kesempatan terbuka lebar untuk eksplore setiap sudut kedai ini, dan foto foto tentunya


Suasana di dalam sini terasa nyaman dengan nuansa serba kayu dan warna coklat serta tirai bunga bunga yang menutupi sebagian dinding kaca. Sedangkan di bagian luar samping, terdapat kolam kecil yang berisi ikan mas berwarna orange dan hitam.

Kedai ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 11 malam, jadi bisa untuk Sarapan, Makan Siang juga Makan Malam. Selain itu, yang bikin kedai kopi ini beda adalah adanya Kids Menu alias menu khusus untuk anak anak, jadi bisa dibilang kedai kopi ini Kids Friendly lah ya..


Iseng iseng baca sejarah Mangsi Coffee ini ternyata seru juga. Infonya sih, Mangsi Coffee ini berdiri sejak tahun 2004, dimana awalnya khusus memproduksi kopi bubuk dalam kemasan. Kenapa kopi? Alasannya sih karena kopi adalah produk yang dikonsumsi masyarakat setiap hari dan peka jaman. Nah kalau untuk kopi bubuk Mangsi sih, aku dah pernah menjumpai di salah satu toko di Kota Mataram, Lombok. Itu beberapa waktu sebelum aku singgah di kedai nya ini.

Mangsi Coffee ini fokusnya pada Kopi Bali berjenis arabika yang berasal dari Kintamani. Dalam prosesnya Mangsi Coffee ingin tampil beda dalam urusan rasa. Lama-kelamaan, mulai deh bereksperimen selama beberapa tahun untuk membuat kopi spesial dengan campuran olahan rempah lokal Bali seperti kayu manis, cengkeh, jahe, pandan, coklat, kapulaga, ketumbar yang menjadikan sebuah ciri khas.



Dari segi nama, Mangsi diambil dari istilah Bali yang merupakan sebuah hasil proses akumulasi pembakaran api dengan kekuatan Brahman (dewa api berdasarkan konsep Hindu). Dengan kaitan filosofi di atas, menurut budaya Bali kuno, mangsi bermakna sebagai sarana perlindungan kepada anak-anak agar terhindar dari energi negatif dengan cara mangsi tersebut diambil dan debu itu ditempelkan pada keningnya.

Untuk urusan menu, kedai kopi ini lengkap banget gaes. Seperti yang aku tulis di atas, bahkan sampai ada kids menu nya loh. Nah buat yang suka menu menu serba sehat, ada juga smoothies.



Btw ternyata smoothies itu enak ya, seru lagi rasanya, karena merupakan campuran dari beberapa buah dan biji bijian, jadi ada asem nya, ada manis nya, ada pula sensasi krenyes krenyes saat mengunyah biji bijian itu. Sumpah ini pertama kali aku makan menu ginian, sering sih liat di acara liputan tipi, tapi enggak minat nyobain, udah ngerasa aneh duluan ama rasanya, ehhh setelah nyobain, ternyata ketagihan...

Untuk kids menu nya, kita order Nasi Goreng, dengan pelengkap telur ceplok dan sosis goreng, serta sedikit saos tomat. Alhamdulilah si kecil suka, dan habis seporsi gaes, heuheuheu.


Kalau aku sih tentu saja order kopi hitam ya, nah karena di sini hanya menyediakan kopi bali (kintamani) jadinya ya cuma bisa pesen jenis kopi itu, tapi dengan beberapa pilihan cara proses nya, yaitu Drip, Moka Pot atau Ibrik.

Nah buat kalian para pecinta kopi yang kebetulan lagi jalan jalan ke Bali, boleh lah mampir ke Mangsi ini, Recomended deh :)

***

Peta Lokasi Mangsi Coffee Sanur




.
Share:

6 comments:

  1. Kalau kedai kopi menyediakan makan itu rasanya kita nggak perlu bingung-bingung cari tempat makan lain hahahaha. Biarpun banyak yang tidak menyertakan camilan di kedai-kedai lain dengan alasan tertentu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo apalagi ada kids menu nya
      heuheuheu

      Delete
  2. Jadi penasaran ama kopinya.
    Karena belum pernah sih minum kopi yang diolah pake rempah gitu.
    Enak nggak mas rasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum nyoba yang kopi campuran rempah
      aku nyoba yang kopi kintamani aja, yang murni

      Delete
  3. Filosofi di balik kata 'mangsi' ternyata indah ya. Semoga Mangsi bisa terus eksis dan sesuai dengan filosofi namanya.

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive