7 June 2018

Apa Itu E-Budgeting? Ketahui Nilai Plus dan Minus dari Sistem Keuangan Ini

Era digital saat ini memungkinkan banyak hal dilakukan melalui sistem online termasuk dalam bidang keuangan. Sistem keuangan secara online ini sudah mulai diterapkan di beberapa daerah sebagai bentuk pembaharuan sistem, salah satunya melalui e-budgeting. 

Sebenarnya apa itu e-budgeting dan apa manfaatnya untuk pemerintah? E-budgeting ini adalah sistem keuangan berupa seluruh dokumentasi keuangan yang ditampilkan secara online sehingga jauh lebih transparan karena dapat diakses oleh siapa saja. E-budgeting ini berisi data-data keuangan dan anggaran dari pemerintah daerah yang dibuat dengan tujuan agar tidak terjadi penyelewengan dana oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Pemanfaatan teknologi informasi di bidang keuangan ini ternyata dapat menjadi terobosan positif guna meningkatkan kinerja pada aparatur negara dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. 


Sistem e-budgeting ini menjadi populer pada era Basuki Tjahaja Purnama menjabat sebagai wakil gubernur Jakarta meskipun sebenarnya sistem ini sebelumnya juga sudah pernah diterapkan di daerah lainnya. Setelah sistem ini populer, banyak daerah lain seperti Bandung yang tertarik untuk mengadopsinya. Sistem e-budgeting ini menarik perhatian para petinggi daerah lain di luar Jakarta bukan tanpa alasan, memang sistem ini memilki keunggulan dibandingkan sistem pelaporan keuangan konvensional yang sudah lazim diterapkan. Berikut ini beberapa keunggulan dari sistem e-budgeting :
  • Meminimalisir terjadinya tindak korupsi
Pencatatan keuangan pemerintah daerah secara konvensional sangat rentan untuk tindak penyelewengan ataupun penggelapan. Oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dapat dengan leluasa melakukan manipulasi data karena seluruh data keuangan tidak ditampilkansecara terbuka ke khalayak ramai. Pada penggunaan e-budgeting data keuangan yang sudah terisi dapat langsung dilihat oleh masyarakat dan sudah tidak dapat diubah-ubah sehingga ruang gerak bagi para koruptor menjadi semakin sempit. 
  • Proses dokumentasi data-data keuangan menjadi lebih efisien
Penggunaan sistem keuangan elektronik dapat jauh memberikan efektivitas dan efisiensi karena seluruh data yang ada dapat langsung diakses dan dievaluasi oleh pejabat terkait. Pada pendataan secara konvensional pelaporan keuangan memerlukan proses yang lebih panjang daripada ketika menggunakan sistem e-budgeting. Efektivitas dan efisiensi yang ditawarkan ini tentu dapat semakin meningkatkan kinerja pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan yang semakin baik untuk masyarakat. 
  • Memberikan transparansi publik terkait keuangan daerah
Dengan sistem e-budgeting masyarakat memiliki kesempatan untuk mengetahui data keuangan dan turut mengawasinya secara langsung. Apabila masyarakat menemukana adanya data atau pelaporan yang mencurigakan maka masyarakat dapat langsung melakukan aduan agar segera diambil tindak lanjut. Sistem ini dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat bahwa para pejabat publik melaksanakan tugas sesuai dengan yang seharusnya tanpa ada dana-dana yang diselewengkan untuk kepentingan yang tidak seharusnya.

Selain keunggulan-keunggulan tersebut, sistem ini juga masih memilki kekurangan dan nilai negatif. Sistem pendataan yang serba online ini memiliki potensi bocornya data oleh peretas yang tidak bertanggung jawab. Selain itu adanya virus ataupun permasalahan teknis lainnya juga dapat mengancam rusaknya sistem dan hilangnya data keuangan. Semua kemungkinan buruk ini hendaknya sudah diantisipasi dengan baik oleh pemerintah daerah. Tindakan antisipasi ini dapat dilakukan dengan menerapkan sistem keamanan data yang ketat serta penggunaan tenaga-tenaga teknis yang profesional untuk menangani permalasahan teknis pada sistem yang mungkin terjadi. Kemajuan keuangan elektronik memang memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya karena segala hal terkait keuangan menjadi jauh lebih mudah dijangkau dan diakses oleh banyak kalangan.

Share:

Blog Archive