23 June 2018

Kuliner Ndeso di Warung Bogowonto Purworejo

Mudik..... Selain silaturahmi dengn keluarga yang jarang ketemu, sekalian wisata kuliner donk ya. Kebetulan tidak jauh dari rumah, ada tempat makan baru yang lagi nge-Hits, namanya Warung Bogowonto.

purworejo

Lokasi Warung Bogowonto ini berada persis di pinggir Sungai Bogowonto, masuk wilayah kelurahan Pangenrejo, Purworejo. (warga setempat menyebut wilayah ini dengan nama "kedungrong"). Lebih tepatnya, search aja di google maps "warung bogowonto", atau silakan lihat peta di bawah postingan ini

Uniknya Warung Bogowonto ini dibangun dengan konsep ala ndeso. Saat ini, Pemiliknya mendirikan dua rumah joglo khas Jawa di bantaran sungai ini, satunya sebagai dapur, tempat penyajian makanan, dan tempat duduk pengunjung, sedangkan bangunan yang satunya hanya untuk tempat duduk pengunjung saja.


Bukan bangunan megah dan permanen seperti kebanyakan rumah makan, interior di dalam rumah makan ini pun begitu klasik. Joglo dipenuhi mebeler (meja kursi dan pajangan) kuno yang disusun tanpa sekat. Tujuannya memudahkan interaksi antar pengunjung atau konsumen dengan pelayan rumah makan. 

Di bagian belakang bangunan dibuat terbuka tanpa dinding dengan pemandangan Sungai Bogowonto. Beberapa dipan khusus lesehan disusun di teras belakang. Semilir angin dari arah sungai menerpa siapapun yang makan di tempat itu. Saat duduk di sini nyaman banget, adem, sejuk dengan pemandangan yang aduhai pula.



Ingin menunjukkan identitas sebagai warung makan ala ndeso, menu sajiannya pun mengikuti. Saat kita ke warung ini, menu yang tersaji ada Sayur Lodeh Jantung (bunga pisang), kluban, lele goreng, wader goreng (ikan sungai), mangut lele, buntil pare, tahu/tempe goreng, nila goreng, dan dua jenis sambal maknyus, sambal terasi dan sambal korek. Sumpah sambal koreknya juaraaaaa. Nah menu makanan tersebut disajikan dalam satu meja khusus, kemudian pengunjung tinggal mengambil sendiri sayur dan lauknya (bebaaas), semacam prasmanan gitu deh. Sedangkan untuk minuman nya tinggal pesan ke meja minuman di sebelahnya, ada teh (hangat/dingin), jeruk (hangat/dingin), dan kopi.


Harga makanan di sini kurang ajar murah nya deh, heuheuheu, masa kita berlima makan plus minum cuma habis 90ribu. Cara penghitungan harga ini pokoknya nasi sayur itu udah sepaket , nah kita tinggal nambah lauk nya, semakin banyak pilihan lauk yang diambil, makin tinggi harganya.

Harga murah, tempat yang sejuk dan rasa masakan yang enak membuat tempat makan yang baru berdiri empat bulan itu selalu dibanjiri pengunjung. Kebanyakan mereka datang pada saat jam makan siang. Tidak hanya pengunjung dari seantero pelosok Purworejo, pelanggan juga datang dari berbagai kota di Indonesia, yang merupakan perantau yang pulang kampung, lalu kangen masakan lokal, heuheuheu (termasuk aku)


Nah selesai makan enak ini, pengunjung bisa lho turun ke sungai bogowonto, foto foto ataupun sekedar duduk duduk santai di bawah rindangnya pepohonan. Untuk yang satu ini, akan aku share di postingan tersendiri, karena banyak foto foto cakep di sungai nya, tunggu ya....

***

Peta Lokasi Warung Bogowonto, Purworejo

.
Share:

4 comments:

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive