15 November 2018

Rasakan Kesegaran Kuliner Seafood di Kampung Solor

Kuliner malam Kota Kupang tuh didominasi ama daging B2 dan B1 , kedua jenis daging itu dapat dengan mudah kita temukan di pinggiran jalan, yang tentu saja enggak halal donk ya. Tapi tenang saja, untuk kita kita yang enggak makan kedua daging itu, ada pilihan lain kok, yaitu kuliner ikan laut segar. Ikan ikan laut yang segar banyak dijajakan juga di pinggiran jalan, tapi di wilayah tertentu aja, semisal yang deket pantai.


Nah buat yang mencari kuliner ikan, tapi males ngolah sendiri (teemasuk aku), kita bisa langsung cuss ke suatu tempat bernama Kampung Solor, karena di sini ada satu ruas jalan yang di malam hari, dikhususkan untuk kulineran seafood. Nama jalan ini adalah Jalan Kosasih, percabangan dari Jalan Siliwangi, Kota Lama, Kupang. Untuk lebih jelasnya silakan lihat peta di bawah  postingan ini.

Infonya sih tempat kuliner ini mulai buka jam 5 sore, hmmm ya bener juga sih, tapi misal datang jam 5 sore, penjualnya masih banyak yang lagi siap siap, heuheuheu. Jadi mendingan menurutku sih, lebih baik datengnya sehabis maghrib aja.



Ada puluhan penjual aneka seafood disini, jadi kalau baru pertama kesini sih, keliling aja dulu, cari cari yang paling oke, dari menu, dan tempat nya yang paling nyaman. Eh ternyata enggak cuma menu seafood yang disajikan disini, kulihat juga ada menu menu khas jawa timur seperti pecel dan soto suroboyo, ada juga beberapa gorengan tempe, bakwan jagung, dll, bahkan bakso dan mie ayam pun ada. Tapi ya berhubung kita lagi berburu menu seafood, ya jadinya order menu ikan dan sebangsanya aja donk ya

Harga ikan nya bervariasi, tergantung jenis dan ukuran, mulai dari 40rb - 60rb per ekor, harga ini udah termasuk lalapan (nasi dijual terpisah). Oia kalau pas lagi banjir ikan, harganya bisa lebih murah lagi, bisa sampai setengah nya lho.


Berhubung kita kesini masih dalam kondisi lumayan sepi (belum waktunya jam makan malam sih), orderan makanan datang dengan cepat, ada Ikan Bakar, Kerang Rebus, Cah Kangkung, dan beberapa gorengan. Untuk minumannya kita harus memesan terpisah di penjual minum yang berada di sebelah penjual ikan ini. Entah kenapa ya, sepertinya sih memang sudah ada kesepakatan atau aturan setempat, dimana ada yang khusus menjual makanan, dan ada pula yang khusus menjual minuman. 


Kesegaran ikan nya memang kerasa banget, ditambah tingkat kematangan pembakarannya yang pas. Cucok lah. Untuk kerang nya juga recommended, bersih dan gurih, padahal cuma direbus biasa aja, enggak pake tambahan saos macem macem. Sedangkan kangkung nya kecil kecil ya, haha beda banget ama kangkung lombok yang besar besar.

Overall, seafood disini aku rekomendasikan lah buat kalian yang lagi jalan jalan ke Kupang, dan bingung mau makan malam dimana. Langsung aja cuss ke Kampung Solor, dan rasakan kesegaran hidangan seafood nya. 

***

Peta Lokasi Pusat Kuliner Seafood Kampung Solor, Kupang



.
Share:

6 comments:

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive