4 November 2018

Kelompok Server Pada Data Center


Tata letak, peralatan, dan kebutuhan mereka terus berkembang, tetapi memang ada beberapa elemen umum yang akan Anda temukan di banyak data center. Meskipun tata letak fisik bervariasi, setiap Data Center memiliki kelompok server. Satu kesamaan fisik Data Center adalah kelompok server yang saling terhubung. Mereka semua mungkin sangat mirip, ditumpuk rapi di rak terbuka atau lemari tertutup dengan tinggi, lebar dan kedalaman yang sama. Bahkan, mungkin terdapat banyak jenis, ukuran dan usia mesin yang berdampingan. Seperti misalnya saja server modern pada akses layanan penyimpanan Data Center yang kecil dan datar di samping yang besar. Setiap server adalah komputer yang berkinerja tinggi, dengan memori, ruang penyimpanan, prosesor atau prosesor dan kemampuan input / output. 

Bisa dibilang seperti versi komputer pribadi yang sudah disempurnakan. Akan tetapi, server pada akses layanan penyimpanan Data Center ini memiliki prosesor yang lebih cepat dan lebih kuat serta lebih banyak memori. Tidak hanya itu, biasanya juga tanpa monitor, keyboard atau hardware lain yang Anda gunakan di rumah untuk komputer PC Anda. Untuk monitor pada server akses layanan penyimpanan Data Center mungkin ada di lokasi terpusat, dekat atau terpisah dari ruang kontrol. Monitor pada server akses layanan penyimpanan data center tersebut berguna untuk memantau kelompok server dan peralatan terkait.

Server tertentu mungkin didedikasikan untuk satu tugas atau menjalankan banyak aplikasi yang berbeda. Beberapa server di akses layanan penyimpanan Data Center lokasinya bersamaan yang berguna untuk didedikasikan kepada klien tertentu. Beberapa server akses layanan penyimpanan data center bahkan lebih bersifat virtual daripada fisik. Hal tersebut menjadi trend baru yang dapat mengurangi jumlah server fisik yang diperlukan. Intinya adalah seperti misalnya ketika Anda meminta sesuatu melalui Internet, sejumlah server dari akses layanan penyimpanan Data Center bekerja sama untuk mengirimkan konten kepada Anda.

Jaringan dan peralatan komunikasi juga mutlak diperlukan pada akses layanan penyimpanan Data Center guna memelihara jaringan bandwidth yang tinggi. Dengan jaringan bandwidth yang tinggi pada akses layanan penyimpanan Data Center bermanfaat untuk berkomunikasi dengan dunia luar. Selain itu, berguna juga dalam pengoperasian antara server dan peralatan lain di dalam akses layanan penyimpanan data center. Hal tersebut termasuk komponen-komponen seperti router, switch, pengendali antarmuka jaringan server atau NIC dan kabel-kabel lainnya. Kabel bisa memiliki berbagai bentuk termasuk twisted pair ( tembaga ), coaxial yang juga termasuk tembaga dan serat optik dari kaca ataupun plastik. Dari berbagai jenis-jenis kabel, dan berbagai sub-tipe, akan mempengaruhi kecepatan di mana informasi mengalir melalui Data Center.

Semua kabel yang terdapat pada akses layanan penyimpanan Data Center itu juga harus diatur. Pemasangan kabel-kabel tersebut baik dijalankan di atas atau digantung di langit-langit atau melekat ke puncak rak. Selain itu, kabel-kabel pada akses layanan penyimpanan Data Center bisa juga ditempatkan di bawah lantai. Kode warna dan pelabelan yang teliti digunakan dalam mengidentifikasi berbagai jalur kabel. Lantai yang ditinggikan pada akses layanan penyimpanan Data Center umumnya memiliki panel atau ubin yang dapat dicabut. Hal tersebut berguna untuk mendapatkan akses ke pemasangan kabel dan peralatan lainnya. Unit pendingin dan peralatan listrik kadang-kadang juga ditempatkan di bawah lantai. Sekian saja artikel yang membahas mengenai server dan peralatan pada akses layanan penyimpanan data center ini.

Jika anda sedang mencari data center di  Jakarta anda bisa mencoba layanan dari NEX.

Share:

Blog Archive