3 November 2018

Segarnya Ikan Kuah Asam Tenau

Kota Kupang siang ini bener bener luar biasa super duper HOT... Kebetulan ini pertengahan bulan Oktober yang memang lagi puncak puncaknya musim kemarau. Biasanya sih males keluar makan siang, pesen cateringan aja dan dimakan di dalam kantor yang adem.

Tapi berhubung hari ini ada rekan kerja yang lagi ulang tahun dan kita semua diajak makan makan keluar, aku pun enggak mempedulikan panasnya cuaca siang ini, ayok aja dah kalau ada yang nraktir makan makan, heuheuheu.


Tujuan makan makan kita adalah sebuah rumah makan di dekat pelabuhan Tenau, Kupang. Untuk lokasi tepatnya, bisa dilihat di peta, bagian bawah postingan ini. Nama Warungnya adalah "Kuah Asam Tenau" yang biasa disebut juga "Warung Artis Kuah Asam Tenau", katanya sih dinamai Warung Artis gara gara kalau artis datang ke Kupang, pasti mampir ke warung ini, heuheuheu.

Perjalanan menuju warung ini, kita tempuh menggunakan kendaraan roda 4 dengan jarak sekitar 10km dari pusat Kota Kupang. Jalur yang kita lewati udah bagus, aspal lebar, namun harus hati hati ya, banyak kendaraan besar lewat, karena ini jalur menuju pelabuhan. Oia, jalur ini menyusuri pantai lho, bisa dah sekalian mampir di pantai pantai nya, sebut saja pantai Aloha, Pantai Batu Kelapa, Pantai Namosain, Pantai Osmo, Pantai Kelapa Satu dan ada juga wisata alam Goa Monyet, dimana di situ terdapat banyak banget monyet liar.


Warung ini terlihat kecil dari luar, tapi parkirannya penuh ama mobil, ya maklum warung ini udah moncer alias terkenal, dan lagipula ini pas jam makan siang. Sebagian besar pengunjungnya sih orang kantoran ya, kelihatan dari seragam yang dipakai, baik itu kantor swasta maupun kantor plat merah.

Uniknya warung ini sebagian berdinding warna kuning terbuat dari semacam atap sakura roof gitu (genteng metal), dengan penataan yang pas jadi terlihat seperti terbuat dari kotak kontainer.

Selama enam hari, dari Senin hingga Sabtu, warung yang menyajikan masakan kuah asam, ikan asap, gulai sapi, dan sambal goreng ini tak pernah sepi dari pengunjung. Apalagi saat jam makan siang seperti ini, jika terlambat datang sebentar, bisa-bisa tak kebagian tempat lho, untungnya sih kita udah order lewat telpon dulu.


Karena udah order duluan lewat telpon (kebetulan yang ulang tahun ini udah biasa makan di sini, udah kenal dia ama pemiliknya), sesaat setelah kita duduk, pesanan sudah langsung tersaji semua, ada kepala ikan kuah asam, ikan asap yang udah dihancurin kecil, sambal tomat, nasi putih, dan minuman.

Coba deh lihat seporsi kepala ikan itu, guedeee banget khan??. Itu tuh buat 1 orang lho... Aku sih kaget dipesenin makanan sebanyak itu, heuheuheu, kata temenku sih di sini makanan utamanya ya ikan ini, sedangkan nasi nya cuma jadi lauk, . Jadi biasanya ikan nya habis, tapi nasinya nyisa, karena udah kekenyangan..


Kuah asamnya itu lho, seger banget deh, asem asem anget seger, apalagi ditambah ikan nya yang masih seger juga. Ini yang membedakan warung artis ini dengan warung kuah asam lain, ikan di sini selalu segeeer, juara dah rasanya, sampe meresap ke daging ikan nya. Jujur aku sih gak kuat makan seporsi besar ikan, salah satu alasannya adalah salah teknik makan nya. Menurut info dari temenku sih, yang disuap dulu tuh ikannya, baru sesekali diselingi dengan nasi, heuheuheu. Kalau aku kebalikannya, jadi udah kenyang dulu ama nasi. Padahal uenaaaak bingits lho, tapi apa daya, perut dah gak kuat.

Untuk porsi kecil sebenernya ada juga lho, penyajiannya pake mangkok gitu, pas lah untuk 1 porsi, tapi berhubung ini udah dipesan kan oleh yang punya acara, ya sudah kita tinggal lahap aja.

Nah buat kalian yang lagi jalan jalan ke Kupang, dan pengen wisata kuliner Halal, ini dah salah satu pilihannya. Tempatnya mudah banget kok dijangkau, untuk lebih jelasnya monggo dilihat di peta di bawah ini :



.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive