13 August 2019

Jiwans Garden : Kebun Bunga Matahari di Oesao Kupang


Sehabis kita sarapan di CFD Jalan El Tari Kupang (11/08/2019), sekitar pukul 08.15 WITA kita langsung cuss menuju Kabupaten Kupang, tepatnya di daerah Oesao.

Tujuan kita ke Oesao pagi pagi adalah untuk foto foto di sebuah kebun bunga matahari yang belum lama ini resmi dibuka, yaitu pada tanggal 31 Juli 2019, dimana saat pembukaannya kemarin diresmikan secara langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Kupang (Jerry Manafe) dan dihadiri pula oleh Gubernur NTT, Victor B Laiskodat.


Kebun Bunga Matahari ini oleh pemiliknya diberi nama Jiwans Garden. Akses menuju tempat ini sangatlah mudah, kita tinggal mengarahkan kendaraan ke arah Pasar Oesao, dan di pertigaan Pasar Oesao kita belok ke arah kanan (Selatan), lanjut ikutin aja jalan itu sampai menemukan plang besar Jiwans Garden. Enggak jauh kok dari kota kupang, enggak nyampai sejam perjalanannya, bisa menggunakan motor atau mobil.

Untuk masuk ke area kebun bunga matahari, kita harus membayar tiket masuk sebesar 10ribu rupiah per orang. Nah dari jalan utama, jalan masuk menuju kebun bunga ini masih berupa jalan tanah sepanjang kira kira 200 meter yang cukup untuk 1 mobil dan ada 1 titik yang jalannya menurun agak curam, jadi harus hati hati ya. Saranku sih ke sini pas pagi atau sore hari ya biar gak panas, dan fotonya lebih bagus.


Jam 9 pagi sampai sini ternyata udah terlalu terik ya, sinar mataharinya kuat banget jadi sedikit over pas di foto, masih kurang pagi nih. Kalau misal mau datang sore lebih bagus lagi, setelah jam 4 gitu, tapi ya dijamin bakal rame banget sih.

Sepi..... Itu yang kurasakan saat sampai di kebun bunga matahari ini, hanya ada beberapa motor dan 1 orang tua yang duduk di bangku di bawah pohon di dekat sebuah bangunan yang tertutup terpal warna biru, sepeetinya sih bangunan itu tempat peternakan ayam, dan kulihat di dekat sini ada dua bangunan seperti itu yang sama bantuknya.


Kuparkirkan kendaraan di bawah pohon, untungnya belum banyak kendaraan lain, jadinya aku bisa pilih tempat parkir yang aku suka, yang paling nyaman dan aman.

Kebun bunga seluas setengah hektar ini ternyata pohon bunga mataharinya tinggi tinggi banget, lebih tinggi dari tinggi badanku, heuheuheu, berbeda banget ama kebun bunga matahari yang pernah aku kunjungi sebelumnya di daerah lain. 


Karena saking tingginya itu , di beberapa titik di dalam kebun ini dibuat semacam kayu pijakan/tangga, dimana kalau kita naik kesitu, badan kita akan lebih tinggi daripada pohon bunga matahari.

Kulangkahkan kaki mengelilingi kebun bunga ini, dan kulihat sih bunga bunga disini sudah dalam masa menuju layu, mungkin seminggu lagi bunga bunga ini akan kering deh. Tapi untungnya di sisi lain kebun ini masih ada banyak pohon bunga matahari yang belum berbunga, dan ada pula yang baru aja berbunga, jadi bisa dipastikan nanti enggak bakal kering semua dengan bebarengan masih ada cadangan.


Di bagian tengah kebun bunga ini terdapat satu bangunan dari bambu untuk beristirahat, semacam gazebo/lopo. Namun sayangnya aku enggak melihat warung ya, coba ada warung kopi di deket sini, pasti asyik nih. Aku jadi membayangkan asyiknya ngopi sambil makan mie instan rebus dengan ditemani cantiknya bunga bunga matahari, heuheuheu.

Enggak lama aku disni, karena udah terlalu terik, kasihan anak anak kepanasan. Setelah puas foto foto, kita pun langsung cabut dari kebun bunga matahari ini.


Semoga kebun bunga ini tetep terjaga ya, dan karena siklus mekar bunga matahari ini cukup singkat, semoga tetap ditanam terus ya ama pengelolanya, semoga tetep bersih, semoga tetep ramai, dan semoga nanti ditanam bunga lain selain bunga matahari, biar makin cakep kebun nya.

Nah buat kalian yang pengen kesini juga, gampang banget kok rutenya, untuk acuan silakan lihat peta di bawah ini :



.
Share:

8 comments:

  1. Menariknya lagi kalau di lahan yang luas seperti itu ada warung kopi atau apa gitu ya. Biar nggak cuma dapat penghasilan dari tiket masuk bunga, sekalian bisa dari jualannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, semoga ke depannya bisa bertambah fasilitasnya

      Delete
  2. Sama seperti yg ada di Lombok ya (Narmada Botanic Garden) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bedanya, yg di lombok banyak jenis bunga nya

      Delete
  3. Cakep bunganya.
    Tapi kayaknya terik banget cuacanya, perlu topi lebar kalo ke sini.

    ReplyDelete
  4. wah, ada beginian juga di Kupang.. Ah, rindu sekali sama Kupang..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, katanya sih ini kebun bunga matahari pertama di NTT

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive