8 August 2019

Pantai Alak : Dipenuhi Ilalang dan Batu Karang

Sebenernya enggak ada rencana khusus sih ke pantai ini, cuman waktu itu sehabis dari Pantai Baliana, kita bingung mau kemana, kalau langsung pulang kok nanggung karena hari masih terang dan sebentar lagi senja, mau ke cafe nongkrong tapi kok males, mau ke pantai lagi, tapi belum punya tujuan pasti kemana. 


Akhirnya kita menyusuri aja jalan Helong Raya, Jalan Yos Sudarso lalu ke Jalan M Praja melewati Cafe Tebing, RM Kuah Asam Tenau, dan berhenti sejenak di objek wisata Goa Monyet. Kita tidak turun dari kendaraan, kita cuma melihat tingkah lucu monyet monyet dari dalam mobil. Ada yang berinteraksi dengan kambing, menyusu ke induknya, bermain manin dengan plastik bekas makanan dan ada pula yang cuma duduk santai sambil garuk garuk kepala.


Enggak lama, cuma sekitar 15 menit saja kita disini, saat berhenti inilah aku sambil buka aplikasi google maps, untuk mencari pantai terdekat yang bisa dijangkau menggunakan kendaraan roda 4, ada sih sebenernya pantai di depan goa monyet ini, Namanya Pantai Kelapa Satu, namun harus jalan kaki dari tempat kita berhenti ini, karena lagi bawa bayi, jadi enggak memungkinkan. Aku pun mencoba peruntungan dengan melanjutkan perjalanan ke arah kota, dengan pelan pelan sambil lihat ke kiri, siapa tahu ada jalan masuk ke pantai yang lumayan lebar.


Kendaraa kuhentikan persis di seberang pintu masuk ke Bils Resto, kulihat ada jalan masuk yang lumayan lebar, dan beberapa kali kulihat sepeda motor keluar masuk dari/ke arah pantai. Langsung aku pastikan di aplikasi google maps, dan ternyata benar, dari aplikasi peta itu terlihat ada jalan besar menuju pantai. Nama Pantai nya adalah Pantai Alak (sesuai dengan daerah).  Tanpa ragu, aku pun mengarahkan kendaraan masuk ke jalan itu, mengikuti jalur yang ada, dan sampailah kita ke pantai nya. FYI jalan ini kondisinya berupa tanah berbatu kecil, dengan sedikit menurun, cukup aman kok dilalui mobil, bahkan untuk city car pun aku rasa bisa melalui jalur ini dengan mudah.


Karena sudah memasuki musim kemarau (meski terkadang masih ujan) area di sini dipenuhi dengan ilalang warna coklat, huaaaa cocok nih buat foto foto. 

Pantai di sekitar sini tipenya pantai berkarang, hampir sama lah dengan Baliana, cuman bedanya di Pantai Baliana tadi kita bisa jalan turun ke pantainya dan menyentuh pasir sedangkan di Pantai Alak ini enggak bisa, karena air laut menutupi semua bagian pasir pantai, ombak pun lumayan besar hingga sampai atas kadang kadang. Sehingga kita cuma bisa foto foto di atas batu karang saja.


Berbisara masalah fasilitas, disini tidak ada fasilitas umum satupun, cuma ada area parkir aja yang lumayan luas, itu pun gratis, enggak ada biaya parkir maupun tiket masuk. Jadi kalau mau ke pantai alak ini pastikan bawa makanan/minuman dari rumah atau dari membeli di warung, pastikan juga sudah pipis sebelum nya karena disini enggak ada toilet umum. Satu barang yang wajib dibawa adalah kamera, haha, baik itu kamera yang beneran kamera ataupun cuma dari kamera hape, karena sayang banget kesini enggak foto foto, lha pemandangannya bagus banget cuiii, bisa foto dengan latar batu karang dan laut, bisa pula foto dengan latar ilalang coklat.


Nah buat kalian yang pengen santai di pantai tapi dengan lokasi yang deket dari kota kupang, bisa mampir ke sini, ke pantai alak, untuk lokasi persisnya bisa di lihat di bawah ini :


.
Share:

10 comments:

  1. Wah dari BIL Resto udah ada jalan turun ke bawah yang bisa dilewati mobil ceper (city car).. berarti jalannya udah dibagusin ya, perasaan dulu jalannya masih banyak tonjolan karang motor matic aja kalau gak hati-hati sudah kena bawah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas, lancar.
      jalannya enggak bagus sih, tanah berbatu, tapi masih manusiawi untuk dilewati, heuheuheu

      Delete
  2. Bebatuannya cenderung berwarna hitam ya. Kayake agak tajam-tajam hehehehe.
    Tempat seperti ini kalau di Jawa bisa buat memancing :-)
    Foto ala-ala di Ilalang bagus, mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo iku tajem, aku duduk disitu sambil nahan pantat yang tertancap ujung batu, heuheuheu

      kemarin disini enggak ada yang mancing sih, yang pacaran banyak

      Delete
  3. Thanks for sharing, semoga sukses terus,.

    ReplyDelete
  4. Dari dulu pengen ngunjungi pantai dengan alang-alang gitu, pengen foto ala-ala.

    ReplyDelete
  5. Ah, brings back memories.. ikan kuah asam tenau, goa monyet,, dan pantai di sekitarnya... pantai alak ini aku blm pernah ke sana tapi pantai baliana udah..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive