2 October 2019

Makan Siang di Bale Bebakaran Kutoarjo

Silaturahmi ke rumah Saudara di daerah Bayan, Purworejo adalah rutinitas setahun sekali pas libur lebaran. Nah pas lebaran tahun 2019 kemarin, setelah pulang dari rumah beliau, kita enggak langsung balik rumah, tapi mampir dulu ke Kutoarjo buat nyari makan siang.

Berdasarkan rekomendasi dari adikku, kita meluncur ke Bale Bebakaran yang lokasinya di sebelah barat Alun Alun Kutoarjo, bersebelahan dengan Masjid Agung, katanya sih enak.


Karena memang pas jam makan siang, parkiran warung ini lumayan penuh oleh motor. Di depan warung bagian atas, terdapat foto foto menu yang disajikan warung Bale Bebakaran, dan di bawahnya terdapat info bahwa warung ini bisa menerima pesanan nasi box sampe ribuan lho, selain itu terdapat fasilitas free wifi disni, sedangkan jam buka nya mulai pukul 10 pagi sampe 10 malam.



Masuk ke bagian dalam, ada dua jenis tempat yaitu yang duduk di kursi dan lesehan. Kita pilih yang kursi biasa karena ada salah satu dari personel kita enggak bisa duduk lesehan, heuheuhe.

Menu yang disajikan di Bale Bebakaran ini tentu saja menu nusantara, seperti paket bebakaran dan gegorengan yang bisa dipilih antara ayam, lele, Nila, Bebek atau gurame, kemudian ada pula aneka sup, aneka mangut (lele, nila, gurame) , aneka jamur, seafood, nasi goreng, mie goreng, udang, cumi, bandeng dll.


Satu menu yang membuatku tertarik adalah Mangut Lele, aku tertarik karena di tempat perantauanku enggak ada nih yang jual menu ini, udah puluhan tahun enggak makan Mangut Lele, jadi kangen donk ya. Penyajiannya, Lele ini sudah digoreng dulu bentar, dengan kuah dikit dan beberapa cabe rawit utuh yang belum dipotong potong, kalau mau pedes sih dihancurin dulu ini cabe, dibejek bejek pake sendok dan diaduk ke kuahnya. Hmmm enak enak enak, aroma kencurnya terasa pas, enggak berlebihan. Menu Mangut Lele ini harganya 14 ribu, belum termasuk nasi putih.

Sedangkan yang lain, ada yang pesen Lele Goreng , Tahu Tempe Goreng, Bebek Goreng, Nila Goreng, Jamur Krispi dan Sayur Kangkung. Aku enggak sempet nyobain satu satu sih, jadi enggak tahu rasanya gimana. Tapi kayaknya sih enak, lha habis semua dilahap, heuheuheu.


Overall, Bale Bebakaran ini recommended dah buat makan siang bareng keluarga atau rame rame bareng temen. Lokasinya deket alun alun Kutoarjo, jadi bisa sekalian nongkrong nongkrong di alun alun, juga deket Masjid Agung , jadi gampang kalau mau sholat.


***

Peta Lokasi Bale Bebakaran, Kutoarjo, Purworejo

Share:

2 comments:

  1. Bale Bebakaran ada banyak di Jogja. Dekat kantor pu ada. Kadang kami jalan kaki ke tempat makan tersebut. Murah-murah hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo di jogja banyak kulihat.
      coba ada buka juga di Kupang.. heuheuheu
      murah eee

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Youtube

Blog Archive