12 October 2019

Striploin Steak di Cozy Coffee Corner



Cozy Coffee Corner ini udah pernah aku tulis sebelumnya di blog, tapi dulu itu saat aku nongkrong dan ngopi di kedainya yang lama yang lokasinya di sebelah utara Alun Alun Purworejo, tempatnya kecil dan sempit, menunya juga terbatas

Nah kali ini, pas aku ke Purworejo lagi, aku nyobain buat ngoi dan nongkrong di kedai Cozy Coffee yang lokasinya di depan Stasiun Purworejo Lama. Tempatnya lebih besar, lebih nyaman dan tentunya menu makanan nya lebih banyak, karena menyatu dengan kedai Ikan Bakar Stasioen, jadi kalau lagi nongkrong di Cozy Coffee bisa pesen makanan dari Ikan Bakar Stasioen dan begitu juga sebaliknya, karena memang pemiliknya sama (info dari kang parkir)



Tempat duduk yang disediakan bisa dibilang lumayan banyak, kita bisa pilih sesuai selera, bisa di depan luar, bisa di samping di area Ikan Bakar, bisa juga di dalam, dimana yang di dalam ini dibagi bagi dalam beberapa ruangan, karena memang ini sebenarnya bekas rumah, dan kamar kamar nya dijadikan tempat ngopi untuk pengunjung.



Kita pilih duduk di luar aja, biar dapet angin segar sore, lagian juga udah gak panas, dan kulihat enggak ada asap rokok, karena paling males kalo lagi selow duduk duduk ngopi, terus ada asap rokok dari meja sebelah, heuheuheu. Apalagi asap vape yang wangi wangi itu.

Gak lama kita duduk, satu orang pelayan mendatangi kita dan menyerahkan buku menu. Menu menu yang disajikan di Cozy Coffee Corner ini lumayan lengkap sih, dari makanan ringan seperti kentang atau pancake sampai ke Steak juga ada lho.

Yang bikin aku tergelitik tuh harga steaknya, bisa dibilang lumayan mahal sih, bahkan lebih mahal dari steak steak yang pernah kubeli di warung/cafe di jogja, lombok atau kupang. Heuheuheu. Karena penasaran, aku beli dah itu steak. Nama menunya sih "Striploin Steak" , awalnya kukira ini Sirloin Steak yang salah ketik, karena aku memang belum pernah melihat nama menu striploin steak, haha. Tapi pas googling, eh ternyata memang ada


Berdasarkan info yang aku kutip dari http://steakysteve.com , Striploin adalah daging sapi yang membungkus bagian tenderloin. Jenis ini adalah salah satu daging primadona karena dagingnya yang lembut dan rasa juicy dari lemak yang cukup terasa. Daging jenis striploin lebih lembut daripada sirloin, tetapi lebih keras daripada tenderloin. Meskipun rasanya tidak se-juicy daging steak rib-eye, namun rasa juicy tersebut tersebar sempurna di setiap bagian daging striploin. Spesifikasi daging berbentuk memanjang dari bagian depan hingga sampai di perbatasan pinggul sapi dan membentuk sedikit lempengan daging (strip) sehingga dinamakan striploin.

Cukup lama sih aku nunggu steak ini jadi, mungkin sih karena jarang dipesen, jadi ada beberapa tambahan pelengkap yang enggak ready stock. (pendapatku aja sih)

Daging striploin ini dimasak well done (pas pesen tadi enggak ditanya dulu, tingkat kematangannya), disajikan dalam piring putih dan dilengkapi dengan potongan tomat, kentang, bawang, selada dan saus. Menurutku sih dagingnya empuk ya, tapi kurang juicy karena dimasak well done, dari segi rasa enak, tapi masih kurang worth it lah dengan harga yang mencapai 170rb per porsi.


Untuk menu kopinya, seperti biasa aku order V60, eh tapi aku lupa ya pilih bijih kopinya, haha , lagian gak ditanyain juga sih mau pakai biji kopi dari mana. Ya sudahlah. Dari segi rasa sih, sama sama aja ya ama kedai kopi lain, nothing special.

Nah justru yang paling juara di kedai ini adalah Cheese Steak nya. Gurih banget cui, disajikan pas anget anget gitu, trus dicocol di sambelnya, enak enak enak. Recommended deh. Kalian wajib cobain ini. Harganya cuma 20rb.

***




Share:

4 comments:

  1. tempatnya keren tp sayang belum sempat ke Purworejo hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo ke purworejo, sekarang bandara jogja lebih deket ke purworejo lho, heuheuheu

      Delete
  2. Kesan bekas rumah di sini masih kelihatn dari bentuk kursi dan mejanya. Seperti ruang tamu ahahahahah.
    Enak menyeduh kopi memang tanpa adanya asap

    ReplyDelete
    Replies
    1. serasa lagi ngopi di rumah sendiri, heuheuheu
      *tapi bayar*

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Youtube

Blog Archive