WHAT'S NEW?
Loading...

Sate Ampet Kuliner Khas Lombok

Sate artinya ya sate alias makanan dari daging yang ditusuk tusuk kemudian dibakar.
Ampet artinya Kipas dalam bahasa Sasak.

Jadi Sate Ampet sendiri artinya adalah Sate yang dikipas kipas (arti dari saya sendiri...xixixi). Tapi dimana mana yang namanya sate ya pasti dikipas kipas ya, gak ada yang ditiup tiup.. #abaikan

Entahlah yang jelas saya mendapat istilah sate ampet ya baru kemaren ini, dikasih tahu orang lokal lombok. Dulu sih tahunya cuma Sate Bulayak, Sate Rembiga, Sate Tanjung dan Sate Pusut, by the way semuanya cara bikin nya di kipas kipas :p

Bakar Sate
Nah kata temen saya ini, yang namanya Sate Ampet ya sate yang dijual keliling gitu. Kebetulan sore ini pas banget saya lagi nongkrong di salah satu warung kopi di Jalan Langko, Mataram. Ada inaq inaq (ibu dlm bahasa sasak) yang jalan mendekat memanggul baskom besar dan menjinjing kotak semacam alat pembakar sate kecil. Langsung dah saya panggil inaq itu, pas banget lagi laper. Dan saya pun pesan satu porsi.

Setelah ibu menurunkan barang barang bawaan nya dan menatanya, baru kelihatan dah sate sate nya yang siap dibakar, ada beberapa pilihan daging ayam, daging sapi, daging ikan atau jeroan. Saya pilih campur kecuali jeroan nya plus lontongnya. Inaq itu lalu membakarnya.

Tak butuh waktu lama untuk membakarnya, sate itu pun matang. Kemudian ditata di piring, ditambah potongan lontong dan diguyur kuah berwarna oranye. Beuh bener bener menggiurkan dah.

Seporsi Sate Ampet
Setelah siap dihidangkan, sayapun langsung melahapnya tanpa basa basi. Nyum nyum nyum, tiba tiba piring sudah bersih, potongan sate dan lontong sudah berpindah ke perut. Hmmm nikmat, gurih dan pedas.

Tiba saat nya membayar. Ternyata harganya 10 ribu rupiah per porsi.....



jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
LOMBOK itu INDAH

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar