WHAT'S NEW?
Loading...

Dinding Eksotis di Air Terjun Mangku Kodek


Perjalanan ke Air Terjun Mangku Kodek ini sebenernya sih sudah beberapa bulan lalu, namun belum sempet nulis sampai selesai nih #soksibuk . Lama nge gantung jadi draft.

Air Terjun Mangku Kodek ini berada di Desa Sajang, Sembalun, Lombok Timur. Persisnya terletak di antara Air Terjun Mangkusakti dan Kuda Sembrani, berada segaris, satu aliran (bukan aliran sesat), dan tempat parkir kendaraan nya pun sama. Jadi kalau mau ke Mangku Kodek, ikuti saja jalur menuju Air Terjun Mangkusakti, dimana di gang masuk nya (3 km sebelum tempat parkir) terdapat baliho besar dengan gambar Air Terjun Mangkusakti.

***

Sebagai bekal makan di jalan dan di lokasi, kita mampir dulu di "gorengan rarang" yang lokasinya ada di jalur utama Mataram - Pelabuhan Kayangan, tepatnya di daerah Rarang, Terara, Lombok Timur, enggak jauh dari warung nasi rarang yang sudah lebih dulu terkenal. By the way, meskipun ini warung sederhana, tapi sudah lumayan tersohor lho, setiap mampir ke gorengan ini, pasti ada aja yang beli selain kita, kebanyakan dari luar kota (kelihatan dari plat nomor nya).

Seperti biasa, kita beli 20 ribu, isinya pisang goreng dan tahu isi yang masih panas dan fresh, karena langsung baru turun dari penggorengan, heuheuheu

warung sederhana, rasa luar biasa
***

Air Terjun Mangku Kodek yang dulunya kurang gaul alias kurang dikenal, kini keberadaannya menjadi semakin tersohor gegara masuk dalam liputan My Trip My Adventure akhir 2015 kemarin (udah lumayan lama sih).  Buat yang penasaran, monggo disearch aja di youtube, ada tuh yang merekam acara itu trus aplod di channel yutub nya.

Buat kalian yang suka tantangan, kayaknya kurang cocok deh dengan air terjun ini. Kenapa? Karena jalur trekking dari parkiran menuju air terjun ini sangat sangatlah biasa, haha, gak nyeni babar blas.... Cuma tinggal jalan kaki beberapa ratus meter aja.

Tapi ada satu yang perlu diingat, lokasi air terjun ini agak tersembunyi ya, karena berada di antara dinding bebatuan seksi yang pastinya bikin para pengunjung jadi pengen fotoan bareng.

Nah untuk menuju kesana, kita harus siap basah basahan.. Karena kita harus sedikit berjalan kaki menyusuri sungai dengan arah berlawanan arus. Bila kita bawa barang barang yang ditakutkan akan basah, mendingan ditinggal aja di pinggir sungai sebelum berjalan susur sungai. Tapi ya hati hati jangan sampai hilang, heuheuheu.. ALhamdulilah sih kemaren kita aman. 

Nah Kalau mau yang lebih aman sih mendingan bawa semacam drybag gitu buat nyimpen alat alat elektronik semacam kamera atau hape. Banyak tuh dijual di olshop olshop atau di situs belanja online yang makin kesini makin menjamur..

Sebelum mencapai Air Terjun Mangku Kodek, kita akan melalui spot yang cantik, yaitu berupa sungai kecil dengan air berwarna putih kehijauan (belerang), dan diapit dinding batu yang lekukan lekukannya eksotis, seksi dan kekar... Instagramable banget...




Kodek itu dalam bahasa sasak artinya kecil, sesuai dengan ukuran air terjunnya, coba lihat deh, kecil banget, tingginya paling cuma dua meter. Tapi air terjun kecil ini terlihat cantik dan eksotis gegara dinding batu yang ada di kanan kirinya....

Gimana? Wokeee khan air terjun nya.... Di sepanjang aliran sungai ini memang terdapat banyak air terjun, sebut saja Mangku Sakti, Kuda Sembrani, Mayung Puteq (sudah punah), Madu, Umar Maya, dan mungkin masih banyak lagi yang belum dikenal masyarakat umum... Semoga segera muncul lagi air terjun yang baru yaaa...

***

Pintu Masuk Menuju Air Terjun Mangku Sakti dan Mangku Kodek, Sembalun
via Google Street View


.

*sedih.... pas lagi nulis postingan ini, aku membaca postingan dari temen di facebook yang isinya mengabarkan bahwa beberapa hari yang lalu (24 April 2016), Air terjun mangku kodek menelan korban jiwa, dia adalah seorang wisatawan dari Jakarta.

Innalilahi wainnailaihi rojiun. Semoga amal ibadahnya diterima, dan dimaafkan kesalahannya. Buat temen temen yang mau mandi di air terjun ini, hati hati ya, meskipun kecil, tapi dalem lho yang di bagian bawah terjunan air.

Sekali lagi, hati hati

10 comments: Leave Your Comments

  1. Tebingnya keren, kalo disusuri pakai pelampung bisa ngak ya ini tempat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak bisa mas, ad yg dangkal ad yg dalem... Pasti sering nyangkut batu , pelampungnya

      Delete
  2. Tempat ini yg lagi ngehitssss banget di IG

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh...
      Tahu juga ente om... Heuheuheu

      Delete
  3. wah masih gagal ke sini mas banjir wkwkwkw.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohohoho...
      next coba lagi mas

      Delete
  4. Wow... dead spot banget klo tiba-tiba banjir badang, tebingnya nggak bisa dipanjat :D

    ReplyDelete
  5. WAh agak horror juga ya om kalau ada banjir gitu :-O
    tapi aslinya tempatnya top banget..
    moga aja bisa lekas kesampaian kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. indah banget gaes...
      Aamin, semoga segera bisa ke Lombok

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar