WHAT'S NEW?
Loading...

Ke Air Terjun Mangku Sakti Dapat Bonus Kuda Sembrani

Setelah sekian lama aku gak pernah blusukan lagi, akhirnya di weekend ini aku bisa blusukan membelah hutan lagi bareng temen kuliah ku dulu, ya sebut saja "Cacok" . Tujuan kita adalah Air Terjun Mangkusakti yang ada di Sajang, Sembalun, Lombok Timur. 

Pintu Gerbang

Pintu gerbang menuju Air Terjun ini ada di Jalur Sembalun - Bayan, jadi kalau dari arah Sembalun, gerbangnya ada di kiri Jalan, gampang banget kok ditemuin, karena ada gambar besar berupa Air Terjun Mangkusakti di pintu gerbangnya.

Setelah masuk pintu gerbang, akan ada petugas penjaga dari pemuda setempat yang menyebut dirinya PAPAR, singkatan dari Pemuda Adat Peduli Alam Rinjani. Nah setiap pengunjung diminta donasinya sebesar 5000 rupiah, untuk perbaikan jalan menuju air terjun.


Dari Pintu Gerbang menuju parkiran Air Terjun jaraknya sekitar 3 Km, dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua, kalau  roda 4 sih bisa juga tapi kayaknya gak bakalan bisa sampai parkiran, karena melihat jalurnya masih seperti ini (untuk saat ini, mungkin nanti kalau sudah perbaikan jalan, jadi bisa)

Karena ini musim kemarau, jalannya berdebu cui, kecuali di beberapa titik yang sudah diperkeras menggunakan adonan Pasir + Semen (hasil dari donasi pengunjung tadi). Di sepanjang jalur ini banyak persimpangan, tapi gak udah khawatir, masyarakat setempat sudah memberi papan petunjuk arah, seperti di bawah ini :


Coba lihat deh papan petunjuk di atas, ada yang unik ya. Ke arah kiri adalh Pos 2 Pendakian Rinjani, berarti kalau lewat sini bisa donk ke Pos 2 naek motor, heuheuheu, bisa ngirit tenaga tuh buat nanjak ke Rinjani.

Jalan tanah berdebu sepanjang 3 km ini berujung pada sebuat tempat parkir yang lumayan agak luas, sepeda motor cuma bisa sampai disini saja, yang kemudian dilanjut dengan jalan kaki selama sekitar 10 menit saja, yuph ternyata cuma sebentar banget ya jalan kakinya, gak kayak ke Air Terjun Sekeper di Lombok Utara, bisa sampai 3 jam jalan kaki.

Beberapa meter dari lokasi air terjun, ternyata ada papan petunjuk arah lagi nih :


Weleh, tak diduga, di sini ada dua air terjun toh, ke kiri itu Air Terjun Mangku Sakti, kalau ke Kanan itu Air Terjun Kuda Sembrani dan Mangku Kodek. Huhuhuhu, lumayan sekali dayung, tiga air terjun terjamah.

***

AIR TERJUN MANGKUSAKTI
Tak jauh dari papan petunjuk tadi, sudah terlihat anggunnya Air Terjun Mangkusakti, sumpah deh cantik banget ini air terjun, kalau kata mblusuk.com tuh "fotogenik" ,  heuheuheu.

Gak terlalu tinggi sih, tapi debitnya lumayan besar, padahal ini lagi kemarau. Dan dari kejauhan air yang mengalir di sungai bawahnya tuh berwarna hijau dengan sedikit kekuningan di pinggirannya. Hal ini disebabkan karena air nya mengandung belerang. Coba deh sentuh air nya terus di-bau-in , akan berbau mirip petasan (kalau yang sering main petasan pasti tahu).

 



Karena air nya yang mengandung belerang ini, kita jadi males mandi mandi di sini, heuheuheu padahal udah siap baju ganti loh. 

Ya sudah, setelah puas foto foto, kita lanjut menuju ke air terjun Kuda Sembrani yang ada di bagian bawah aliran sungai ini.

Tapi di antara kedua air terjun tadi, ternyata ada satu lagi air terjun kecil, yang lokasinya agak tersembunyi, di antara bebatuan. Namanya Air Terjun Mangku Kodek, Untuk menuju kesana kita harus basah basahan menyusuri aliran air, gak jauh sih, palingan cuma 100 meter.

Buat yang penasaran seperti apa serunya main main di Air Terjun Mangku Kodek, monggo meluncur ke POSTINGAN INI
AIR TERJUN KUDA SEMBRANI
Kita pun Lanjut jalan lagi ke arah bawah, gak jauh kok, gak sampai 500 meter kita akan sampai di spot yang gak jauh beda konsidisinya dengan air terjun sebelumnya. Ini foto foto nya :



Weleh ternyata kita ada di bagian atasnya Air Terjun Kuda Sembrani, nah untuk sampai di bagian bawahnya kita harus muter masuk hutan lagi, tapi gak jauh kok, dan gampang, karena udah terbentuk jalurnya, gegara sering dilewati orang. Tapi kalao gak mau muter, bisa sih lompat langsung dari atas sini, hahahaha, tapi jangan deh, nanti bisa bisa dijemput ambulance.

Ternyata air terjun nya kecil cui, tapi lumayan oke juga buat difoto :)



***

Gimana? Oke khan? Sekali masuk, bisa dapet dua air terjun. Oia btw Air Terjun Mangkusakti ini juga pernah masuk ke acara My Trip My Adventure loh, buat yang hobinya nonton acara itu pasti tahu banget. Kalau aku sih jarang nonton ya, karena kalau pas libur gitu ya waktunya Adventure beneran, bukan cuma duduk manis di depan layar tipi, heuheuheu.

Tapi aku ucapkan terima kasih buat MTMA yang udah mau blusukan ngeliput air terjun ini, sehingga semakin dikenal masyarakat luas, dan semoga jalur menuju air terjun ini semakin baik :)

***

Video Trip ke Air Terjun Mangku Sakti, Lombok Timur 



***

di sebelah utara desa Sajang, yaitu desa Bilok Petung, Sembalun, saat ini (Sept 2015) ada air terjun baru, yang baru aja dilanching oleh warga setempat. Namanya Air Terjun Madu dan Umar Maya. Bentuknya mirip mirip Air Terjun Kuda Sembrani. 

Next time kita bakal explore dua air terjun itu....

13 comments: Leave Your Comments

  1. Akhirnya bukan ngafe-ngafe, hahaha, :D
    Ajib juga air terjunnya Bro. tetep deras di musim kemarau. Eh, Lombok juga dah jarang banget ujan kan? Di Jogja sini air terjun kering semuaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo, dari Rinjani, air mengalir terus...

      Haha, bukan air terjun lagi donk namanya

      Delete
  2. Wah. itu keliatan seger banget kalo buat berenang :D hehe :3 jadi pengen,.. masukin list buat traveling ah~

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih seger kalau enggak ada belerang nya

      Delete
    2. boleh minta kontak ga bro? mau tanya cara ke air terjun madu hehe thanks

      Delete
  3. Sekali perjalanan dapat beberapa air terjun sekaligus, asik bangeet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh...

      lha sampeyan gak jadi ke lombok

      Delete
  4. cakep banget yaaaa ... mau dong kesana

    ReplyDelete
  5. waaaa kecee abis mas mantap air terjunnya euyy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kece yee, kaya guee... heuheuheu

      Delete
  6. wkwkwk ternyata yang punya blog ini selaya bang cumiy haha pizz... bsimillahs emoga bisa ketemu di air terjun ams bismillah....

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar