13 March 2017

Lombok Elephant Park : Kebun Binatang Mini di Lombok Utara

Akhirnya ya di Lombok ada tempat wisata keluarga berupa Kebun Binatang, namanya Lombok Elephant Park yang baru opening 1 Maret 2017 kemarin.

Lombok Elephant Park (LEP) ini berlokasi di Desa Sigar Penjalin, Tanjung, Lombok Utara. Gampang kok dijangkau dari pusat Kota Mataram, rutenya tuh Mataram - Pemenang (bisa lewat pusuk atau senggigi) - Sigar Penjalin - LEP. Kalau sudah sampai di daerah pemenang, kita akan melihat banyak petunjuk arah menuju LEP di setiap persimpangan, jadi enggak usah khawatir kesasar.


Untuk saat ini kondisi jalan menuju LEP sudah full aspal, saat memasuki daerah sigar penjalin kita akan melewati kebun kebun milik warga setempat, namun jalan nya enggak terlalu lebar, jadi menurutku sih belum bisa dilewati bus bus besar, karena pasti enggak cukup misal ada mobil lain dari awah yang berlawanan.

Lokasi parkir ada di depan pintu masuk LEP, lumayan luas untuk menampung kendaraan para pengunjung, di bagian bawah (sekitar 100 meter sebelum lokasi) juga ada tempat parkir yang dikelola warga sekitar, saran ku saat sebelum sampai lokasi terus ada yang manggil manggil suruh parkir, jangan mau deh ya, mending parkir di parkiran resmi, di depan LEP persis. Karena kalau parkir di bawah, lumayan juga jalan kaki nya menjanjak. Kecuali di parkiran atas sudah penuh yaaa


Untuk tiket masuk, di Bulan Maret 2017 ini masih promo setengah harga. Tiket Dewasa 50 ribu/orang dan anak anak di atas dua tahun 30 ribu/anak. Berlaku untuk weekday maupun weekend. Tapi nanti setelah promonya habis, harga nya jadi 2 kali lipat nya. (harga sewaktu waktu dapat berubah, cek bagian bawah postingan untuk harga terbaru)

Oia ada beberapa spot foto bagus sebelum kita memasuki pintu gerbang LEP, jadi jangan lupa ya buat bernarsis narsis ria



Spot pertama yang kita jumpai adalah toko souvenir yang menjual pernak pernik khas LEP, aku sih sempet lihat lihat sebentar, namun belum tertarik untuk membeli karena barang nya belum lengkap.

Lanjut yang berikutnya adalah spot burung kakaktua yang jinak banget dan bisa kita ajak foto bareng, gratisss. Ada satu yang warna hitam bernama Bagong


Spot berikutnya adalah Gajah, nah ini nih tokoh utama di LEP. Saat ini ada 4 gajah berukuran besar yang langsung didatangkan dari Way Kambas, Lampung. Mereka diberi nama Melati, Rainbow, Bayu dan satu lagi siapa ya, aku lupa, heuheuheu.

Gajah gajah ini enggak cuma bisa dilihat lho, tapi pengunjung bisa naik dan berkeliling LEP selama 25 menit (aslinya sih enggak sampai 25 menit yaaa) dengan membayar tiket 100 ribu/orang, ini masih promo ya, harga aslinya 200rb/orang. Jalur yang dilalui oleh gajah ini berbeda dengan jalur pengunjung.



LEP yang menurut infonya milik orang Bali ini luasnya sekitar 3 hektar, memang enggak terlalu luas bila dibandingkan dengan Bali Zoo yang luasnya mencapai 12 hektar. Sehingga binatang yang ada di area LEP pun enggak banyak. 

Selain Gajah dan burung kakaktua, di LEP ini terdapat Burung Hantu, Burung Rangkong, Burung Nuri, Beruang Madu, Buaya, Sepasang Kuda Nil, Kambing, Orang Utan, Siamang, Bekantan dan Merak. Oia kabarnya sih sebentar lagi akan kedatangan warga baru lho, yaitu Komodo dan Singa.... Kita tunggu saja yaaa. Semoga pengurusan ijin nya cepet beres


LEP ini buka sekitar jam 9 pagi sampai jam 6 sore. Misalkan kalian datang siang hari, enggak perlu khawatir gosong kepanasan, karena di dalam banyak pepohonan jadi sejuk, dan juga ada beberapa bangunan semacam berugak untuk beristirahat setelah lelah jalan berkeliling. Untuk yang bawa stroller bayi atau kursi roda tenang aja, LEP menyediakan jalur khusus kok, jadi enggak repot saat melewati jalur yang menanjak atau menurun,


Pengunjung diperbolehkan membawa makanan dari rumah, tapi inget ya tetep jaga kebersihan, buang sampah di tempat sampah. Tapi misal lupa bawa makanan, tenang saja, di area ini terdapat restoran, lokasinya deket dengan tempat kita naik gajah.

Di area LEP ini juga terdapat team fotografer berseragam orange, yang siap sedia fotoin kita dengan hewan hewan, saat fotonya sih gratis, tapi kalau kita pengen cetak foto itu, kita harus bayar, lokasi bayar dan pengambilan cetakan fotonya di restoran tadi. Satu cetakan foto dengan bingkai bertuliskan Lombok Elephant Park dipatok harga 130 ribu. Sayang nya di sini saat ini belum terdapat mesin EDC maupun mesin ATM, jadi buat paa pengunjung harus siap siap uang cash yaaa. Tapi kemungkinan sih kedepannya bakal ada kedua mesin tersebut. Tunggu aja update dari kita

Karena area nya yang enggak terlalu luas, waktu untuk muterin area ini enggak lama, lebih lama perjalanan dari Mataram ke LEP ini, heuheuheu.... Tapi menurutku LEP ini wokeee punya sih, bisa jadi alternatif wisata keluarga buat yang udah bosen ama Pantai dan Air Terjun, apalagi Mall :)



***

Update infografis per April 2017



Share:

11 comments:

  1. Terakhir ke kebun binatang bulan Januari 2017 hahahahhah. Bareng orang kantor :-D
    Seru juga kalau sama kelaurga mas. Bia ambil momong si kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejak punya baby, jadi sering ke kebun binatang, heuheueu

      Delete
  2. Akhirny Lombok da kebun binatang yg kece jg.. Kereen.. Rekomended bwt next trip ney.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya akhirnya...
      Alhamdulilah ya...
      Mumpung masih promo nih, buruan....

      Delete
  3. wah. makin lengkap saja destinasi wisata di Lombok. Kebun binatang mini tapi lengkap juga koleksi binantangnya. ada gajah segala. Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi alternatif liburan bareng keluarga, heuheuheu
      bosen ama pantai

      Delete
  4. tinggal dijaga saja, karena kapan hari kesana masih ada saja yg buang sampah sembarangan(walau sekedar tisu atau bungkus permen) dan juga masih ada saja yg melanggar larangan yg sudah jelas2 dibuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu permasalahan klasik, dimana mana sama

      Delete
  5. salut buat pengelola LEP,,, salah satu destinasi liburan bersama keluarga.

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive