21 December 2017

Pengalaman Berkenalan dan Menggunakan Lensa Yongnuo 50mm f/1.8

google.com
Lensa Yongnuo yang kupake ini sebenernya bukan barang baru, udah muncul di pasaran lebih dari setahun. Nah kali ini aku bukan mau mereview secara mendetail mengenai lensa ini, cuman share pengalaman penggunaan lensa kamera ini selama sekitar sebulan.

Kamera yang kupake adalah Samsung NX3000, sebuah kamera mirrorles yang bisa dibilang jadul, ketinggalan jaman dan tidak diproduksi lagi, bahkan lensa lensa yang original nya pun sudah susah dicari, kalau pas nemu pasti harga nya lumayan mahal, apalagi untuk lensa yang bukaan nya besar (nilai f nya kecil). Sebagai contohnya di bukalapak, aku nemu lensa Samsung seri NX 45 mm f1.8 ada yang jual harganya 3 jutaan lebih, itu pun bekas (November 2017).

Sudah bertahun tahun aku pake kamera samsung ini, karena masih awet dan berjalan normal, aku enggan untuk upgrade ke kamera lain yang lebih modern, yaa menurutku sih cukup mumpuni lah sebagai teman jalan jalan, bukan untuk kebutuhan profesional.

Hingga akhirnya sekitar 2 bulan lalu, tiba tiba muncul keinginan untuk mengeksplore lebih kamera ini, yaitu dengan mengganti lensa kit bawaan dengan profil 16-50 f/3.5-5.6

Lensa pengganti yang aku buru adalah lensa yang bukaan nya besar, tapi ya itu seperti yang kubilang di atas, susah dicari dan harganya mahal. Sebuah pencerahan muncul saat aku ngubek ngubek trit kaskus yang khusus membahas kamera ini. Disitu ada yang nulis mengenai adapter kamera samsung ke lensa Canon.

Yuhuuu, perburuan lensa Canon pun dimulai. 

Nemu sih, lensa canon bukaan besar, dengan harga yang lebih terjangkau dari lensa ori nya samsung. Udah mau kubeli nih lensa ini, di salah satu marketplace online, udah masuk keranjang belanja, tinggal checkout aja.

Nah pas iseng iseng scrol scrol halaman lensa tadi, eh muncul rekomendasi lensa Yongnuo yang khusus dipake untuk kamera Canon, dengan profil 50mm f/1.8 , heuheuheu pas banget nih. Yaudah, gak pikir panjang lagi, langsung dah beli lensa Yongnuo itu, dengan harga sekitar 700ribu , jauh di bawah harga lensa ori samsung dengan bukaan sama.

***

Memang perlu penyesuaian beberapa waktu menggunakan lensa yongnuo ini, karena udah fix 50mm dari sono nya, jadi enggak bisa di zoom in maupun zoom out, kita yang harus aktif maju mundur, apalagi adapter lensa nya cuma plastik, enggak ada koneksi kelistrikan, so cuma bisa manual fokus, fitur autofokus nya gak berfungsi. Hal ini berefek pada mode kamera yang digunakan, yaitu kamera harus dalam kondisi mode M atau manual, sedangkan untuk mode yang lain enggak bisa berfungsi (lensa tak terbaca kamera). Oia satu lagi, karena lensa nya 50mm, hasil tampilan di layar seperti menggunakan lensa fix bawaan dengan kondisi zoom maksimal, heuheuheu

Saat digunakan untuk foto objek yang diam sih lumayan gampang lah, meski kadang fokus nya enggak akurat, sekarang tangan sudah bisa beradaptasi dengan fokus manual, maklum lah ya kebiasaan autofokus... Nah tantangan bertambah saat digunakan untuk foto objek bergerak, susah susah gampang. Apalagi untuk pengambilan video anak gueee yang lagi enggak bisa dieeem.

Langsung aja nih, aku kasih lihat foto hasil perkawinan silang antara Kamera Samsung NX3000 dengan Lensa Yongnuo 50mm f/1.8 plus adapter :










Foto foto di atas ini belum melalui proses editing yaaa. Diambil di berbagai kondisi cahaya, ada yang pagi, siang, sore dan malam hari, baik itu indoor maupun outdoor

Yuph, kira kira begitulah pengalamanku menggunakan lensa Yongnuo selama sebulan ke belakang ini. Buat yang pengen info lebih mendetail mengenai lensa ini, monggo di cari di google, udah banyak yang me-review. Nah buat yang mau ngasih saran atau kritik, silakan tulis di kolom komentar yaa...



Tempat Beli Lensa : Plazakamera (dot) Com
Tempat Beli Adapter : Bukalapak
Silakan di search sendiri yaaaa




Share:

10 comments:

  1. Yang jelas lensa fix seperti ini enaknya buat motret model atau makanan mas. Jauh lebih bagus hasilnya

    ReplyDelete
  2. Aku kemarin sempet pengen lensa beginian. Eh Ir kamu lagi nyari lensanya samsung NX3000 nggak? Kemarin kamera suamiku mati total gabisa dibenerin karena pas di bawa ke service resmi katanya itu barang BM padahal dulu belinya di to**cam**** :p Japri kalau nyari yang panjang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi ngulik yang ini dulu, entar kalo udah bosen baru ganti lensa lagi
      heuheuheu

      Delete
  3. Bokeh ya mas kamera nya... mantap!

    ReplyDelete
  4. Wuaahhh cakep bener hasilnya. Oohh emang yaa kalau lensa fix itu kekurangannya fokus gak akurat? saya pikir kamera saya yang trouble. wkwkwkwk.

    BTW, si Yongnuo ini bisa dijodohin sama Sony A5000 gak ya? *trus disuruh googling sendiri sama Irwan -_-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. maklum lensa murah, jadi ada minus nya, heuheuheu. Ada harga ada rupa lah...

      bisa aja, tinggal beli adapter kamera sony ke lensa canon

      Delete
  5. Pernah coba lensa fix punya temen meskipun bukan merk diatas, cuma enggak sreg aja.. wkwkwk.. lebih suka lensa standar bawaan atau wide angle,

    ReplyDelete
  6. hasilnya bagus2..warna jga alami....mkash infonya...

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive