1 September 2018

Jeeva Jogja : Specialty Coffee and Indonesian Cuisine

Jeeva, pertama kali aku mendengar mengenai tempat makan ini, aku pikir masih satu group ama Jeeva Resort di Lombok. FYI di Lombok ada 3 penginapan bernama Jeeva, yaitu Jeeva Klui, Jeeva Beloam dan Jeeva Santai, yang kesemuanya mewah dan mahal tentunya. Eh tapi menurut informasi yang kudapat dari admin IG nya (@jeeva.yogyakarta) , tempat makan ini enggak ada hubungannya dengan Jeeva Resort di Lombok.


LOKASI
Jeeva Jogja berlokasi di Jalan Suhartono No.2 Kotabaru, tidak jauh dari Galeria Mall Jogja, untuk lebih tepatnya silakan lihat di peta di bawah postingan ini. Untuk mencapai lokasi ini gampang banget kok, berada di tengah kota dan dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun empat. Kalau aku sih kemarin pakai taksi online, jadi tinggal masukin aja lokasi di tujuan, dan sampai deh.

Menurutku sih, tempat makan ini berkonsep Resto Cafe gitu ya dan sesuai dengan tagline nya, sajian utama yang disediakan adalah kopi spesial dan kuliner Indonesia, mulai dari menu yang ringan sampai yang berat


Grilled Salmon Steak with Miso Sauce
Dilihat dari namanya, sebenernya menu makanan ini melenceng dari tagline nya ya, heuheuheu. Lihat aja bahan utamanya ikan salmon yang enggak ada di Indonesia, dan tambahan saus miso yang merupakan resep saus dari Jepang. Tapi terlepas dari itu semua, makanan ini recommended deh. Daging salmon nya empuk matang sempurna, dengan kulit garing renyah di bagian paling atas. Di bagian bawahnya ada mashed potato yang lembut dan gurih. Untuk sausnya, jujur aja aku baru pertama kali ini nyobain saus miso, rasanya tuh asin asin gurih gitu, enak deh, cocok banget jadi pendamping ikan salmon. Sedangkan untuk sayurnya ada potongan wortel, buncis dan brokoli, empuk, udah matang tapi masih terasa fresh, enggak lembek. Top dah...


Caesar Salad with Crispy Chicken
Lagi lagi, ini menu gak sesuai tagline ya, heuheuheu. Tapi tenang, ini juga enak kok, pilihan pilihan menu kita selalu pas deh :) Nah namanya kok Caesar ya? kaya jenis operasi untuk membantu kelahiran bayi aja ya.... Awalnya sih aku juga bingung, tapi disaat itu juga, di resto ini aku langsung googling dah mengenai nama makanan ini, dan ternyata kata "Caesar" ini enggak ada hubungannya ama proses operasi, melainkan karena resep Salad ini diciptakan oleh Caesar Cardini, seorang pemilik restoran imigran Italia yang membuka restoran di Meksiko dan Amerika Serikat beberapa puluh tahun yang lalu. 

Isian salad ini adalah Selada, Daging Ayam, Smoked Beef, dan Crouton yang merupakan potongan roti tawar yang dipanggang hingga garing dan renyah. Menurutku sih menu ini juga recommended, enak dan mengenyangkan


Manual Brewing Coffee : Kalita Wave
Nah untuk kali ini menunya sesuai tagline nih, yaitu kopi kopian. Ada beberapa teknik yang disediakan untuk manual brewing, dan aku pun mencoba Kalita Wave, karena aku memang belum pernah merasakan sensasinya, seringnya sih V60. Untuk biji kopinya kita bisa memilih sendiri, sesuai dengan stock yang ada, kalau kemarin aku sih pilih biji kopi aceh gayo, karena aku suka karakter asam nya. 

Pada dasarnya metode kalita wave ini mirip dengan V60, namun bedanya adalah kertas filterya yang bergelombang, dan bagian bawah/dasar yang datar, berbeda dengan V60 yang mengerucut.


Dilihat sekilas, bangunan ini mirip bangunan Belanda jadul deh, yang dipoles, dipugar dan dipercantik dengan gaya gaya modern dan artistik. Ada beberapa ruangan yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati makanan, namun karena kita datangnya di jam makan malam, bagian dalam resto yang unyu unyu udah penuh, cuma tersisa di bagian pojokan samping kasir, heuheuheu. Yasudah kita duduk aja di situ. Saranku sih kalau mau makan sambil foto foto cantik, datangnya siang aja dan usahakan jangan pas jam jam orang makan. Kesalahanku, udah datangnya malam pas jam makan malam pula, jadinya penuh dan pencahayaan kurang oke buat fotoan.

Tapi untuk kenyamanan, tempat makan ini juara dah, nyaman banget. Jadi buat kalian yang lagi liburan ke Jogja, dan bingung mau makan dimana, tempat makan ini bisa jadi salah satu pilihan kalian. Oia, untuk jam buka nya, mulai pukul 10 pagi sampai 11 malam

***
Peta Lokasi Jeeva Jogja

.
Share:

6 comments:

  1. Kalita Wave, boleh dicoba tuh lain kali kalau ke Jogja hehe

    ReplyDelete
  2. Pas di sini aku mencoba minum Vietnamdrip, pas kok rasanya. Suasananya juga asyik, bikin pengen ke sini lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, suasananya asyik... tenang, nyaman dah

      Delete
  3. Sudah lama tidak minum kopi gayo...

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive