1 February 2019

Berikut Ciri-ciri Hamil Muda Yang Harus Kita Kenali


Ketika mengetahui istrinya sedang hamil, tentu saja hal itu merupakan kabar yang menggembirakan bagi suaminya. Tak hanya suaminya saja, anggota keluarga dan kerabatnya pun akan ikut bahagia dengan kabar kehamilan tersebut. Menurut para dokter kandungan, ibu hamil diharuskan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung folat. Pasalnya, folat tersebut memiliki peranan penting dalam mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin selama kehamilan. Adapun mengenai beberapa jenis makanan yang mengandung folat seperti ubi jalar, kentang, telur, kacang polong, kacang merah, ikan salmon, dan lain sebagainya. Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai ciri ciri hamil muda yang harus dikenali. Maka dari itu, simaklah ulasan dibawah ini dengan baik-baik :

1. Muncul Bercak atau Flek Darah
Ciri-ciri pertama dari hamil muda yang harus kita kenali, yaitu adanya bercak atau flek darah. Meskipun anda sedang tidak menstruasi, namun bercak atau flek darah ini kerap muncul. Namun yang jadi pertanyaannya, apakah kemunculan bercak darah ini dapat memberikan dampak buruk? Menurut para dokter kandungan, kemunculan flek darah di trimester kehamilan pertama itu adalah hal yang wajar. Pasalnya, pada masa ini kondisi embiro sedang menempel ke bagian dinding rahim. Biasanya, kemunculan flek darah ini akan terjadi 8 – 10 hari sebelum menstruasi dan sesudah ovulasi. Bahkan, kondisi ini akan diikuti dengan rasa kram pada bagian perut. Tapi anda tidak perlu panik, sebab kondisi ini akan hilang dengan sendirinya pada trimester kehamilan kedua. 

2. Perubahan di Payudara
Selain muncul bercak darah, perubahan di bagian payudara juga adalah salah satu tanda-tanda dari kehamilan muda. Pada trimester kehamilan pertama, akan terdapat perubahan yang sangat terlihat pada ukuran payudara. Ya, ukuran payudara anda tampak lebih besar dari ukuran sebelumnya. Tak hanya dari segi ukuran, tekstur payudara anda juga menjadi lebih lembut serta akan diikuti oleh rasa gatal-gatal. Perubahan pada bagian payudara ini dikarenakan adanya perubahan hormone progesterone dan hormone esterogen dalam tubuh.

3. Indera Penciuman Menjadi Sensitif
Mungkin kalian sering melihat wanita hamil yang kerap mual-mual saat mencium aroma yang menyengat seperti parfum, aroma masakan, bau amis, dan lain sebagainya. Ya, hal itu dikarenakan adanya perbuahan pada hormone esterogen, sehingga indera pencimannya menjadi lebih sensitive pada aroma-aroma yang tajam.

4. Sering Buang Air Kecil
Di trimester kehamilan pertama, kondisi janin sedang berkembang sehingga akan menekan kantung kemih. Dan hal itulah yang dapat meningkatkan frekuensi air seni pada kantung kemih, sehingga keinginan untuk buang air kecil akan sering terjadi.

5. Mudah Lelah dan Sering Mengantuk
Ciri-ciri hamil muda berikutnya yang harus kita kenali, yakni tubuh yang mudah lelah dan sering mengantuk. Ya, hal ini diakibatkan karena adanya perubahan hormone esterogen dan progesterone, sehingga tubuh anda menjadi mudah lelah dan sering mengantuk. 

6. Sakit Pada Bagian Punggung

Seiring dengan bertambahnya berat badan, hal itu pula yang membuat otot ligamen menjadi lemah. Alhasil, anda pun kerap merasakan sakit pada area punggung.

7. Perubahan Mood

Perubahan mood ini kerap terjadi di pagi hari, dimana anda mudah marah, mudah sedih, dan juga mudah ceria. Dalam hal ini, disarankan bagi anda untuk mulai melatih emosi.

Itulah beberapa ciri-ciri hamil muda yang harus kita kenali, yang mungkin saja bisa menjadi pengetahuan dan dapat membantu selama kehamilan.

Share:

Youtube

Blog Archive