13 February 2019

Rangkaian Acara Festival Bau Nyale 2019



Bau Nyale sih bisa dibilang Festival terbesar di Pulau Lombok yang udah melegenda dan digelar tiap tahun. Aku sih saat tinggal di Lombok udah pernah ngikutin event ini 3 kali, ceritanya bisa kok kalian baca di blog ini, cari aja di kolom search.
 
Nah di tahun 2019 ini Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat sudah menyiapkan banyak rangkaian kegiatan untuk meramaikan Festival Pesona Bau Nyale di tanggal 17-25 Pebruari 2019, selain acara utama yaitu berburu cacing. Apa aja sih rincian acaranya itu? Silakan simak di bawah ini :

  1. Kontes surfing pada tanggal 17 Februari yang akan dipusatkan di Pantai Gerupuk, Lombok Tengah.
  2. Tanggal 17-23 Pebruari ada Lomba Foto
  3. Pada tanggal 18 Pebruari dilaksanakan kegiatan pengelolaan desa wisata Mandalika yang dipusatkan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. 
  4. Pada tanggal 19-23 Pebruari dilaksanakan kegiatan pertunjukan tradisional peresean di Pantai Senek, Kuta. 
  5. tanggal 21 Pebruari dilaksanakan dialog di Selasar Bazar Mandalika yang akan diisi sejumlah kegiatan mulai pameran ekonomi kreatif, pameran desa wisata, pergelaran busana hasil karya desainer ternama Samuel Watimena. Serta seminar yang menghadirkan Menteri Pariwisata Arief Yahya sebagai nara sumber, termasuk dari Kementerian PDT dan Badan Ekonomi Kreatif. 
  6. Mandalika Berzikir bertempat di Masjid Nurul Bilad dengan menghadirkan Ustad Yusuf Mansyur sebagai penceramah. Kegiatan ini digelar pada 22 Pebruari 
  7. pada 23 Pebruari dilaksanakan parade budaya dari 10 kabupaten/kota di NTB yang dipusatkan di Kota Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Kegiatan parade budaya ini menggandeng Jember Fashion Carnaval (JFC). 
  8. Saat menuju malam puncak pada 24-25 Pebruari dilaksanakan grand final pemilihan Putri Mandalika, kampung kuliner dan malam puncak Bau Nyale dengan menangkap cacing laut oleh warga dan wisatawan di Pantai Seger. Di panggung utama, rencananya akan dimeriahkan oleh Armada Band dan Iwan Fals
  9. Pada tanggal 25 Februari, akan dilaksanakan kegiatan Lomba Masak Ikan dan Bersih Pantai di Pantai Seger.
Baca Juga :

Pemprov NTB sih berharap kegiatan Bau Nyale tahun ini dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Lombok dan Sumbawa. Terlebih setelah Lombok Sumbawa dilanda bencana gempa bumi pada akhir Juli dan Agustus 2018. Kegiatan Bau Nyale merupakan ritual adat masyarakat Sasak untuk menangkap cacing laut yang diyakini sebagai jelmaan Puteri Mandalika. Puteri yang sangat cantik jelita ini menceburkan diri ke laut Seger Lombok Tengah karena bingung memilih sejumlah pangeran yang ingin mempersuntingnya. 

Hal itu dilakukan agar keberadaannya yang muncul dalam wujud cacing laut dapat dinikmati oleh masyarakat banyak. Kemunculannya pun setiap tahun dilaksanakan yakni pada tanggal 20 bulan 10 berdasarkan kalender Sasak, suku terbesar di Pulau Lombok. 

Tapi sayang sekali, tahun ini aku enggak bisa bergabung lagi di event ini, haha , karena udah enggak di Lombok lagi. Ya, buat kalian yang akhir Februari ini berencana ke Lombok, bisa tuh sekalian mampir ke Event Bau Nyale ini
Share:

My Youtube Channel

Blog Archive