WHAT'S NEW?
Loading...

Mengejar Sunrise nya Gunung Bromo

Liburan kali ini saya bareng 4 temen kantor, rencananya mau nikmatin sunrise di salah satu spot sunrise terbaik di Jawa yaitu Bromo, Ini adalah kali kedua saya ke Bromo, tapi dulu yang pertama siang hari, gak dapet sunrise Cuma dapet badai debu -___-

Kali ini, Jalur yang kita pilih yaitu melalui Pasuruan, Alasannya? Silakan tanya ke sopirnya, saya Cuma ngikut aja, lewat jalur mana aja ya ayok dah. Dini hari ini saya dapet jatah duduk di depan, samping supir, jadinya saya gak boleh tidur, alias wajib melek, meskipun harus nahan beban kelopak mata yang rasanya punya berat 10 Kilogram. Semangaaat...!!! Yang laen sih enak pada tidor di belakang.

Berhubung saya melek, jadinya saya bisa lihat kondisi sepanjang perjalanan pintu masuk pasurun sampai loket tiket masuk Bromo, jalannya sempit, gelap, menanjak, berkelak kelok, kanan kiri pohon dan kadang jurang.... Horrror beroo!! Tapi teteup aja kerasa ngantuuknya.

Tiket Masuk
Sampai di pertigaan lokasi loket tiket masuk, kita berhenti, saya ditemani Majid turun buat beli tiket. Ada beberapa harga paket, tergantung mau ngunjungi berapa spot, kita Cuma pilih dua lokasi, yaitu penanjakan dan turun ke padang pasir bromo, sayangnya saya lupa berapa harga tiket itu, hohoho. *maafken* . Nah Pas balik ke mobil lagi, weh temen temen lagi asik fotoan, aaaaaa saya gak diajakin.

Ngikutin pesannya penjaga loket tadi, kita harus menuju ke atas, ke terminal, buat parkir mobil disana dan ganti naik mobil hartop yang udah standby disana, kita tinggal nunjukin tiket yang dikasih ini aja ke petugas disana.

Sampai di Terminal, mobil dan sopirnya sih dah siap, tapi malah kita yang belum siap, hihihi perutnya belum siap alias masih kosong, kelaperan, dan akhirnya kita makan dan minum dulu bentar di warung, dan untungnya pak sopir setia nungguin kita :)


By the way, saking dinginnya di lokasi ini, kopi yang awalnya panas mengepul saat baru dianterin, eh baru beberapa menit langsung dingin, yahh udah hilang dah kenikmatan kopi panasnya.

Menuju Penanjakan 2
Dengan menaiki hartop kami berlima melewati jalur yang selalu naik, kadang biasa dan kadang curam. Dengan kondisi jalan yang seperti ini mobil pribadi milik pengunjung memang tidak diperkenankan naek, harus nyewa mobil hartop, tapi kalau bawa motor pribadi, masih diperbolehkan mengendarainya sendiri naek.

Ternyata pagi ini di penanjakan 2 super duper ramai, sudah banyak mobil hartop yang parkir di pinggiran jalan, sehingga mobil kita pun harus parkir jauh dari lokasi sunrise spot nya. Dan perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki.

Jalur yang kita lewati ini sudah penuh sesak, kanan kiri jalan berjajar mobil hartop parkir, sedangkan di jalanan ini ada ratusan motor yang berjalan lambat menuju ke atas, ada sih beberapa tukang ojek yang menawarkan jasa ojek sampai atas, tapi kita tolak karena ingin menikmati perjalanannya.

Sumpah berat banget rasanya untuk jalan kaki naik ke spot paling atas, udah jalan sempit, penuh sesak motor, oksigen menipis yg bikin susah napas, eh ketambahan asap knalpot dari ratusan motor yang berjalan pelan mencoba mencapai titik teratas. Tapi alhamdulilah, akhirnya sampai juga di titik teratas penanjakan 2

Menikmati Sunrise
Spot yang pas akhirnya kita dapet juga buat nikmatin sunrise, nah awalnya sih saya ngira mataharinya bakal muncul dari arah belakang gunung bromonya, eh ternyata enggak bro, si mentari munculnya dari arah kiri, di belakang pepohonan dan tower tower.


Kabut mulai turun

Langit berubah menjadi jingga

Langit Jingganya lenyap, gunung bromo semakin jelas penampakannya


di sisi lain penanjakan 2, terlihat kabut tebal. Dengan posisi ini berarti saya berdiri di negeri atas awan, hohohoho

Narsis dulu sebelum turun lagi

Alhamdulilah ya, kunjungan kedua ke Bromo ini kita berhasil menikmatin sunrisenya, setelah dulu yang pertama kita gagal total.. hohoho

Turun ke Padang Pasir Bromo
Sesuai paket yang kita beli tadi, setelah dari penanjakan kita diantar menuju padang pasirnya gunung bromo yang ada di kaki gunung tersebut. Nah gegara ngantuk, sepanjang perjalanan turun dari penanjakan ke kaki bromo saya tidur di mobil, haha jadinya tiba tiba aja udah sampai di padang pasir nya pas bangun.


Apa yang kita lakukan pertama saat turun dari mobil? Yuph tentu saja foto bareng.. Yeah tapi kita cuma kelihatan 4 personel aja nih, yang satunya ternyata gak mau turun, milih tidur aja di mobil, ya sudahlah ya.

Di sekitar sini banyak banget para penunggang kuda, rasanya seperti lagi ada di lokasi syuting Film Kolosal semacam Brama Kumbara. Tapi mereka bukan artis lho, mereka ini lagi bekerja menawarkan jasa antar naek kuda menuju titik terdekat dengan bromo. nah Bagi yang males capek jalan kaki, cocok banget ini penawaran jasa nya.


Karena saya udah pernah naek ke puncak bromo nya, jadi kali ini saya gak tertarik buat naik ke puncaknya lagi, saya lebih milih mendekat ke tukang bakso yang ada di deket sini, laper beroo. Dan ternyata yang lapar bukan cuma saya aja, yang laen juga ikut makan, hohoho.

Sumpah ya ini Bakso bener bener enak, super maknyus, entah karena lagi laper atao karena dingin atao karena memang dari sononya yang enak, saya sampai nambah satu porsi lagi lho :p

Tukang Bakso : si Pemadam Kelaparan

Serunya makan bakso di kaki Bromo :)
Pulang
Sekitar jam 8 pagi, kita memutuskan menyudahi wisata pasir ini, saya sebut pasir karena semakin siang semakin berangin dan angin itu membawa butir butir pasir, ya sudah lebih baik kita naik lagi ke terminal, ambil mobil kita dan lanjut ke destinasi berikutnya.

Sampai di atas, kita istirahat sejenak sambil bersih bersih. Awalnya sih rencana mau mandi, tapi ternyata aer di kamar mandinya dingin bangeeet, rasanya kaya aer es, dan akhirnya saya pilih cuci muka aja, hihihi jorok ya... biarin dah daripada bersih tapi kaku kedinginan.

Setelah semua bersih, kita lanjut lagi perjalanan menuju barat, check point berikutnya adalah Jogjakarta, yey.... Sampai jumpa di destinasi berikutnya.... :)

4 comments: Leave Your Comments

  1. permisi....
    wisata ke belitung yoook... laskar pelangi of island.
    (jointrip). untuk menekan cost para
    traveller.Target kami cukup 6seat untuk 1grup keberangkatan.
    Kalaupun anda mempunyai team sendiri, berjumlah 6orang, anda bisa
    menentukan sendiri tanggal keberangkatan.
    Paket ini sengaja di design se hemat mungkin. Sayang jika dilewatkan. Murah
    meriah tapi tidak terlantar... (he hee heee)
    * Durasi kunjungan 3hari 2malam.
    * Season ini dibuka untuk tanggal 14-15-16 februari 2014
    Dengan perincian biaya,
    * Tiket pesawat PP ± 1jt.
    (Jakarta~tanjungpandan~jakarta) untuk maskapai yg dipilih, silahkan
    konfirmasi dulu..
    kami hanya menetapkan maskapai apa???
    * 800.000/orang
    ( sudah termasuk ; mobil,hotel melati,boat ke pulau, alat snorkl kacamata &
    pelampung, karcis masuk, makan 4x )
    ###
    Jadwal kunjungan ;
    ***
    Hari pertama (belitung timur area) dengan penerbangan pagi, tamu dijemput
    dibandara. & langsung menuju belitung timur.
    - laskarpelangi of school
    - museum Andrea Hirata
    - pantai lalang
    - makan siang
    - pantai burung mandi
    - vihara dewi kwan im
    Lalu pulang ke tanjungpandan,
    - nongkrong dl dipantai tanjungpendam, sambil menantikan sunset.
    - pulang ke penginapan
    - makan malam
    ***
    Hari kedua :
    - breakfast
    - bukit berahu
    - tanjungkelayang, akses boat menuju pulau2... (makan siank dibungkus)
    - pulau lengkuas
    - pulau pasir
    - pulau batu berlayar
    - pulau kepayang
    - pantai tanjung tinggi (pantai laskarpelangi) sampai sunset.
    - balik penginapan
    - makan malam
    ***
    Hari ke3
    - breakfast
    - danau kaolin
    - rumah adat
    - transfer bandara tuk kepulangan

    Contact Person : +6281331939505 / 219ac6dc

    ReplyDelete
  2. waoo, bikin ngiler...salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Lap dulu ilernya mas... Salam kenal :)

      Delete
  3. rekeasi yang menantang
    wisata bromo the adventure tour
    makasih infonya

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar