WHAT'S NEW?
Loading...

Snorkling di Pantai Pandanan, Lombok Utara

Minggu 30 Desember 2013, adalah hari libur terakhir setelah saya cuti seminggu lebih.. Gak akan saya sia siakan cuma buat tiduran aja di kamar, hohoho. Dan kebetulan sekali sehari sebelumnya ada temen dari Lombok Backpaker yang ngajakin buat snorklingan di Pantai Pandanan, yuhuuu tanpa cas cis cus, tanpa babibu, langsung saya iyakan ajakan dia.

Saya berangkat sendiri lebih awal dari mereka,  karena saya memang ingin melaju santai sambil nikmatin pemandangan indah Pantai di sisi kanan Jalan mulai dari Senggigi sampai Pandanan. Kamera Gopro adalah teman setia bagi biker seperti saya ini, tinggal taruh kamera di atas helm, sembari naek motor saya bisa foto sana sini dengan pencet remote tanpa harus berhenti naek motor, apalagi harus buka tas buat ngeluarin kamera yang segede gaban.. Hohoho

Seperti biasa spot yang ramai yaitu bukit Malimbu dan Nipah :

Bukit Malimbu
Bukit Nipah

Pantai Pandanan ini letaknya ada di sebelah utaranya Bukit Nipah. Saat saya dateng pagi, kondisi pantainya masih cenderung sepi, cuma ada sepasang bule yang lagi mandi mandi asoy sambil bikinian, hihihi... Berhubung saya dateng kepagian, saya duduk dulu di tepian pantai, di bawah pohon, sambil foto foto candid sana sini. Belum lama saya duduk di sini, ehh udah semakin ramai aja, kebanyakan sih pada wisata keluarga dengan bawa anak anak nya.


Pake Ginian di Laut???

Nah secara gak sengaja kamera saya menangkap satu tingkah aneh dari pengunjung, coba deh liat foto di atas, fokus pada si ceweknya. Apa coba yang dia pake?? Kenapa dia pake masker dengan posisi yang seperti itu, yang nutupin mulut, hidung ama mata?? Apa coba maksudnya?? Hahaha.. Antimainstream ya...

Setengah jam setelah saya duduk duduk di sini, datenglah si Indra dan temennya empat orang, wuih rame nih snorklingan siang ini... Awalnya sih saya mikir gitu, tapi eeeh ternyata yang suka snorkling cuma si Indra, yang lainnya cuma mau maen aer di pinggiran aja, yaelaaah kaya anak balita aja maen di pinggiran, hihihi.

Narsis dulu sebelum nyeburrr

Kondisi perairan siang ini agak bergelombang, tapi untungya tidak berarus, jadi gak capek buat berenang, apalagi spot terumbu karang di Pantai Pandanan ini ada sekitar 100an meter dari garis pantai, jadi harus ngeluarin ekstra tenaga buat berenang terlebih dahulu, si Indra sih enak, dia pake fin alias kaki katak, sekali ayun kaki aja langsung meluncur ke depan.

Oia tadi saya bilang, bergelombang tapi tak berarus, mungkin ada yang bingung ya?? Maksudnya adalah air nya bergelombang naek turun tapi badan kita itu gak kebawa ama gelombang itu, cuma naek turun aja, kalao ada arus nya, badan kita bisa kebawa arus, jadi capek berenang nya.

Ini adalah kali pertama saya snorkling di Pantai Pandanan, kondisi dasar perairan nya dimulai dengan pasir putih, kemudian berubah menjadi pasir berumput hijau, kemudian baru wilayah berbatu karang. Dalam perjalanan berenang menuju batu karang itu, sangat sedikit saya bertemu dengan ikan, kalo ada ya cuma ikan ikan kecil mungil, Ada saya lihat dua bulu babi, kemudian satu kerang putih yang masih hidup, dan ada seekor lobster besar di balik batu, cuma kelihatan tanduk putih panjang nya.

Wilayah berterumbu karang di sini sangat sangat luas, namun sayang banyak yang sudah mati, yang bersisa tinggal karang karang besar yang bertekstur keras, mungkin gegara gelombang ya, jadi yang bisa bertahan ya cuma karang karang keras aja. Padahal kalao ada yang lunak semacam anemon kan bisa dipastikan ada ikan badut alias clown fish alias Nemo... 

Ini nih foto foto underwater Pantai Pandanan nya :









Sekitar sejam bergumul di dalam air, kita pun merapat ke daratan, selaen udah capek, ombak/gelombang semakin besar aja.. Jadi kita memutuskan menyudahi pertemuan dengan trumbu di siang hari ini.

Snorkling itu sumpah ya, bikin laper berooo, untung aja si indra bawa 6 bungkus Nasi Kuning Kampung Melayu Ampenan, plus ditambah telur goreng dan kerupuk, wiii ajib dah, udah dimakan pas laper, rame rame pula, kenikmatan makanan itu meningkat 200 persen..

Dari hasil obrolan pas makan ini, tercetus ide untuk bikin acara snorklingan lagi minggu depan, tapi di laen tempat yaitu di Pantai Mentigi, Lombok Utara, katanya sih ada terumbu karang nya juga, semoga lebih baik dari Pantai Pandanan ya... Aamiin Tunggu ya cerita snorklingan berikutnya :)


jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
LOMBOK itu INDAH

10 comments: Leave Your Comments

  1. Asik banget tuh... tapi sayang ya karangnya.... Saya nunggu mas postingan minggu depannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata jadwal minggu depannya belum terealisasi.. hohoho

      Delete
  2. Wah keren banget ini tempat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. modelnya juga keren ;p

      Delete
    2. Gak habis pikir tapi tuh orang ngapain pakai masker ya? wkwkw

      Delete
  3. Kalo lewat bukit malimbu itu selalu aja pingin berhenti dan menikmati segelas kopi+semangkuk indomie ... Itu hukum nya wajib :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya hukumnya Sunah om :)

      Delete
  4. wahhhh saya baru pantai Pandanan ini kemarin..tepatnya sabtu kemarin hehe

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar