WHAT'S NEW?
Loading...

Ada Air Terjun Segenter di Taman Hutan Raya Nuraksa Lombok

"Tiada Libur tanpa Jalan Jalan" ini kalimat penyemangat buat saya sendiri biar saat hari libur itu gak cuma hibernasi di kamar seharian.

dan untuk liburan kali ini, saya menemukan keseruan baru, keseruan travelmate dan keseruan saat menuju lokasi jalan jalan.

Seperti biasa, untuk menemukan keseruan yang tak terduga itu gak perlu perencanaan jalan jalan yang terlalu matang, cukup ada niat aja deh. Bahkan jelajah lombok kali ini yang awalnya ada 4 orang yang join, eh ternyata ujung ujung nya cuma dua orang, saya dan rekan baru si Derajad, semangat jalan jalan jadi lumayan ngedrop, tapi ya sudahlah kita lanjutkan aja berdua ke tempat yang belum kita tahu lokasi tepat nya, yaitu Air Terjun Segenter. 

Gak usah bingung kalau lagi di lombok, misal gak tau tempat, tinggal tanya penduduk lokal aja, dijamin dijawab dengan memuaskan. Beberapa kali nanya ke warga mengenai lokasi Air Terjun ini, mereka komentar nya sama, bahwa ada yang tenggelam di air terjun beberapa waktu yang lalu, katanya sih udah ada dua orang korban. Serem juga sih, tapi itu justru bikin saya jadi semakin semangat lagi untuk menuju kesana, penasaran gan.


LOKASI
Air Terjun Segenter ini lokasinya ada di timur Sesaot, tepatnya di Dusun Kumbi, Desa Lembah Sempaga, Narmada, Lombok Barat, dan berada di kawasan Taman Hutan Raya Nuraksa, sekitar 30 km dr Kota Mataram. Awalnya sih jalan bagus, namun setelah memasuki pintu gerbang Nuraksa, jalan full tanah berbatu dengan lebar pas untuk satu mobil, tapi jangan harap ya masuk pake mobil, kecuali pakai mobil khusus offroad, kayaknya sih masih bisa. Cara yang pas ya naik motor seperti kita, karena lumayan jauh bro, sekitar 4 km dari pintu gerbang ini dengan jalur ekstrim membelah hutan.


KONDISI AIR TERJUN
1. Bagian Bawah
Dari tempat parkir, (tapi sebenernya bukan tempat parkir sih, kendaraan kita taruh di bawah pohon aja, plus ditutup daun daun, haha.. ini adalah saran dari warga lokal yang kebetulan juga dengan mengantar tamu ke air terjun ini menggunakan beberapa motor) kita jalan kaki menuruni anak tangga yang udah dibuat dengan bagus oleh warga menggunakan semen, jadi dijamin gak licin. Gak sampai lima menit berjalan, kita sampai juga di lokasi Air Terjun Segenter ini. 

Sebenernya air terjun ini gak tinggi, kira kira gak sampai 20 meter tingginya, dengan debit air yang lumayan deras. Yang saya suka yaitu kolamnya, lumayan luas dan bersih jadi asyik buat mandi, tapi berhubung kemaren ada tragedi tenggelamnya pengunjung, kolam ini dikasih tali rafia merah yang membentang dari ujung ke ujung, dengan maksud agar pengunjung gak mandi ke pusat jatuhnya air.


Tapi untungnya ya kita kesini pas bareng orang lokal, jadinya dia memandu kita untuk bisa mendekat ke air terjun dengan aman. Hohoho. Dingin banget gan airnya, tapi gak sedingin di Air Terjun Tiu Kelep.



2. Bagian atas
Bedanya dengan air terjun yang lain di Lombok, di air terjun ini kita bisa menuju bagian atas air terjun dengan sangat mudah. Pas di parkiran jangan ambil jalan turun, tapi ambil jalan terusan yang arahnya berlawanan dengan arah arus sungai. Kira kira 200 meter berjalan, kita bisa sampai di bagian atas air terjun ini.







jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
LOMBOK itu INDAH

11 comments: Leave Your Comments

  1. WWooooww, saya jadi punya alasan buat maen ke Lombok lagi, hahaha. Di sana juga ada semacam warga lokal yg ngawasin gitu ga klo ada pengunjung yang "nakal" melewati rafia merah? Klo kemari naik cidomo eh angkutan umum ga ada ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada sih yang ngawasin terus, kebetulan aja kemaren pas bareng mereka. hohoho gak ada angkutan umum gan

      Delete
  2. waww mantaap min... kapan-kapan saya kesana ajakin temen-temen biar rame,, Makasi ya infonya... Salam kenal
    ini alamat blog saya, klo ada waktu silahkan dikunjungi maklum blog baru ( baru 3 tahun )
    diditpharm.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama... iya rame lebih seru mas dab... :) *meluncur ke blog nya...

      Delete
  3. Kelihatan dangkal bagaimana ada yg bisa tenggelam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bawah terjunan air itu dalem bro :)

      Delete
  4. mantap ..
    minggu besok saya pergi ke air terjun ini..lumayan gak terlalu jauh dari rumah saya :-D
    moga bisa happy besok

    ReplyDelete
  5. aman bro disana kalo jalan berdua atau bertiga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman, kita juga cuma berdua pas kesana.
      jalur menuju air terjun juga merupakan jalur nya warga sekitar untuk ke kebun nya, jadi pas di jalan sering ketemu warga yang dari/ke kebun

      Delete
  6. aman bro disana kalo jalan berdua atau bertiga??

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar