WHAT'S NEW?
Loading...

Manisnya Pisang Epe VS Gurihnya Mie Titi

Suatu kesalahan adalah jalan jalan jauh ke Makassar pas musim hujan, hadeh... gak bisa bebas kemana mana nih, bisanya cuman jalan jalan ke Mall naek taksi, tapi ya sayangnya saya bukan anak mall, saya anak pantai haha.

Seperti hari ini nih, setelah cek in di Fave Hotel Daeng Tompo, siang ini kita cuma bersemedi dalam kamar, mati gaya, utak atik channel tipi juga gak ada yang bagus, mau tidur kok bosen, tiap hari tidur mulu. Haha. Dan akhirnya saya malah nongkrong di jendela sambil ngelihat pemandangan di luar. Ya namanya juga di Kota Besar, keluar jendela pemandangannya ya cuma tembok dan tembok, untung bukan "tembok derita" ya. 

Hujan mulai reda saat sore menjelang, ahaaa waktunya jalan jalan sambil berburu sunset nih. Kebetulan ini hotel letaknya deket banget ama Pantai Losari, sebuah pantai yang sangat identik dengan Kota Makassar, jadi tinggal jalan kaki aja. Di sepanjang perjalanan menuju pantai yaitu jalan Datu Museng banyak banget tukang jualan makanan yang khas sini, seperti Mie Titi, Pallu Basa, Coto Makassar, Es Pisang Ijo, Pallu Butung dan Pisang Epe.

Selamat Datang di Kawasan Kuliner Makassar
Kalau Pisang Epe nya ini paling banyak ada di sepanjang jalan sekitar Pantai Losari. Nah setelah sampai pantai losari nya, saya baru ngeh kalau jalan yang tadi saya lewati itu ternyata adalah Kawasan Kuliner Makassar setelah ngelihat semacam gapura selamat datang. Hohoho pantesan ya....

Pisang Kepok yang Belum Mateng
Karena gak tahu pisang epe mana yang enak, saya pun langsung ngacir ke salah satu penjual terdekat, dan langsung duduk rapi menunggu pesanan datang. Ada beberapa rasa yang bisa dipesan, seperti Coklat, Keju, Durian dan Original. Karena lagi pengen duren nihh, saya pun pesen yang rasa duren. Harganya 10 ribu per porsi.

Sambil menunggu pesanan jadi, saya iseng iseng lihat cara bikinnya, jadi pisang epe ini menggunakan Pisang Kepok yang belum terlalu mateng, terlihat dari kulit pisangnya yang masih hijau (agak kuning dikit). Setelah dikupas, pisangnya di pipihin (bukan dipipisin), diolesin margarin, trus dibakar, ya kaya lagi bakar sate gitu dah, sambil dikipas kipas. Kalau udah kecoklatan baru dihidangkan dengan diguyur saus gula merah (kinca), karena saya pesen rasa duren, saus gula merah nya ada rasa duren nya. Hihihi.

Seporsi Pisang Epe, Manisnya gak nahan....
Wuih pisang epe nya manis banget bro, jauh lebih manis dari saya sendiri, huahaaha. Menurut saya sih malah terlalu manis, jadi belum abis udah "eneg" aja rasanya. Jadi kesimpulannya lidah saya gak cocok dengan kuliner satu ini.

Sore Kelabu di Losari
Langit sore ini meski gak ujan tetep aja mendung kelabu, gagal deh sunsetan di Losari. Hasrat untuk nongkrong di pantai ini pun akhirnya musnah tak berbekas, setelah fotoan dikit dikit, akhirnya kita balik arah menuju hotel lagi, takut keujanan.

Tapi yang namanya perut lapar (pisang epe belum mampu mengganjal lapar), bisa aja mengubah pikiran manusia secara tiba tiba, padahal dikit lagi lho sampai dihotel, eh saya lihat ada warung Mie Titi Datumuseng, hohoho demi memadamkan rasa lapar dan rasa penasaran akan rasa dari mie titi, kita pun mampir ke warung ini.

Widih, warungnya rame banget bro, penuh tumplek blek, untungnya punya karyawan yang banyak, jadinya pelayanannya tetep cepet.

Seporsi Mie Titi (15 ribuan)
Penampakan Mie Titi ini berupa Mie yang digoreng kering lali diguyur kuah kental yang berisi ayam, ati, telur dan sawi hijau. Renyah mie kering terasa saat menyuapkan ke dalam mulut. Sementara kuah kaldu yang berisi ayam memberi rasa gurih. Biar makin joss rasanya, saya tambahkan beberapa sendok sambal serta perasan jeruk limau. Wiii makin Segar, gurih, pedas dan renyah. Juaraa...!!!

Recommended :) , pokoknya kalau kalian ke Makassar wajib cobain mie titi ini.

18 comments: Leave Your Comments

  1. Wah kalau dilumuri gula merah emang manis banget ya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes manis banget, itulah kenapa pisang yang dipake masih ijo ijo

      Delete
  2. MIe Titi emang terkenal banget, kalo masih di makasar jangan lupa jajan bakso Ati Raja...itu juga enak.
    eh kenapa ngga ke tanjung bira kalo suka pantai? agak jauh sih emang tapi worthed.

    ReplyDelete
    Replies
    1. - udah gak di makassar nih, next time dah kalo kesana lagi

      - kita juga ke tanjung bira kok, tepatnya ke Amatoa :)

      Delete
    2. Oh nice...gw mlh blom pernah ke amatoa..wkt dulu ke bira blom ada tu resort :(

      Delete
    3. weh berarti udah lama banget donk ke Bira nya?

      Delete
  3. Saya kira mie nya di campur kuah seperti biasa ternyata di campur dengan kuah kental seperti itu xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes kuah super kental :) , cobain deh, enak

      Delete
  4. Ke Makassar pas musim hujan ya ke AIR TERJUN dong! Mumpung ada airnya! :D #provokasi

    Di Pantai Losari sih klo saya enaknya nongkrong makan nasi kuning sambil ngeliatin orang-orang pacaran (pengalaman tahun 2012)...

    Mie Titi agak susah ngunyahnya karena nggak lembek, tapi ya emang enak sih :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. - haha, kemarin kita cuma wisata kota dan wisata kuliner aja. Nyari yang gak ada di Lombok...

      - aduh duh miris sekali ya, cuma ngelihatin orang pacaran....

      Delete
  5. Aku berulang kali ke mie titi tapi kok yaa jorok nya ngak berubah. Resto nya banyak tisu, becek dan kotor bikin eneg kalo mau makan :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw udah tahu jorok kok berulang kali tetep kesana? hihihihi

      kalo aku kemarin sih gak terlalu memperhatikan keadaan sekitar, langsung hap aja, maklum lagi laperr

      Delete
  6. mie titi nya enak sekali kayaknya, hampir mirip dengan mie kopyor (lupa namanya) yang dari wonosobo dengan kuah yang agak kental. saya mau juga dong mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak banget mas, silakan ke Makassar mas, hihihihi

      Delete
  7. wah lagi" ngilerrr euuyy...

    ReplyDelete
  8. wew... kelihatan kulinernya enak banget semua.. pertama makan mie titi dulu baru makan pisang epe... jdi pngn nyobain nih.. #ngiler.. :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. uenak banget gan.. dijamin :)

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar