WHAT'S NEW?
Loading...

Warung Makan Makmur : Sate Winong Mutualisme


Bingung ya membaca judulnya? 

Haha, jadi gini, ceritanya di Purworejo, Jawa Tengah tepatnya di Winong, ada warung makan yang penjualannya cukup unik, namanya Warung Makmur, warung ini menjual Sate dan Gulai Kambing. Lah dimana uniknya??

Di warung ini ada dua pihak yang saling bekerja sama, pihak pertama adalah si pemilik warung, beliau menyediakan menu Nasi, Sayur, Minuman, Krupuk dan jajanan kecil lain, sedangkan pihak kedua menyediakan Menu Sate dan Gulai Kambing. Kedua pihak ini menjalin Simbiosis Mutualisme, yang bekerjasama saling menguntungkan.

Untuk pihak keduanya ini terdiri dari sekitar 5 orang penjual sate, yang berjajar di depan warung dengan pikulan masing masing. (lihat gambar di bawah). Jadi kalau kita udah selesai makan, kita bayarnya pun terpisah, nasi dan minuman bayar ke yang punya warung, sedangkan sate/gulai kambing nya bayar di tukang Sate nya dimana tadi kita pesen.


Saya sih udah beberapa kali kesini, karena meskipun di sepanjang jalan ini banyak yang jual Sate Winong, saya mendapat rekomendasi Warung Makmur ini, ya jadinya kesini terus setiap kali lewat jalan ini. Lokasi warung ini lumayan jauh dari pusat kota sekitar 15 KM, tapi ya karena udah terkenal, tetep aja rame. Apalagi kalau pas libur lebaran tuh, wiiii penuh terus, asepnya ngepul teruss.

Ciri khas dari Sate Winong ini adalah terbuat dari daging kambing muda dengan saus berupa kecap manis campur gula merah plus irisan bawang merah mentah plus cabai (kalau yang pesen pedes), trus saat dihidangkan tuh satenya udah dilepas lepas dari tusukannya, jadi tinggal disendok aja.


Nah jika kalian kebetulan lewat atau berkunjung ke Purworejo, saya sarankan untuk mampir ke Warung Makmur ini, dijamin ketagihan :)



8 comments: Leave Your Comments

  1. Keren, jadi kita bisa milih mana yang kita inginkan :-)

    ReplyDelete
  2. Oh begitu toch ... tapi aku masih blm bis amelupakan sate rembige dalam otak gw #titik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sate Rembiga memang sesuatuk yaaa....

      Delete
  3. Belum pernah ke Purworejo -__- Liat peta dulu, jauh dari Solo ga ya :D Itu 5 penjual satenya ga ada yg saling rebutan pembeli? Ato saking ramenya udh pasti semuanya laku?

    Aku tuh suka lupa kalo mesen sate kambing pasti aja sebel krn dikasih bawang merah ;p Lupa mulu ingetin penjualnya kalo jgn taburin bawang...cabe oke, bawang a big no banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. blm pernah ngitung sih kalo sampai solo. tahu nya kalau dr pusat kota purworejo ke Bandara adi sucipto jogja naik mobil tuh dua jam.

      hoho mereka gak saling rebut kok, udah puluhan tahun, saling pengertian.

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar