WHAT'S NEW?
Loading...

Menengok White House nya Lombok Barat


Sudah pada tahu khan apa itu White House alias Gedung Putih?? Itu loh bangunan putih di Amerika sono yang udah sangat tersohor, yang sering dijadikan latar / tempat syuting film film Hollywood (kalau masih belum tahu, monggo di search di gugel deh ya).

Nah ngomong ngomong Gedung Putih, di Lombok juga ada loh gedung putih yang gak kalah megah dari Gedung Putih nya Amerika, dia adalah Gedung Pusat Pemerintahan Kabupaten Lombok Barat (Giri Menang) yang lokasinya ada di Gerung, Lobar, diresmikan oleh Bupati Lobar DR. H. Zaini Arony pada tanggal 12 Desember 2012 (12122012).

Awalnya ya kukira gedung megah itu tertutup untuk umum, ya sewajarnya gedung gedung pemerintahan lah ya, pintu masuknya dijaga satpam, eh tapi yang ini ternyata enggak cui, enggak tahu ya kenapa, memang begitu atau memang belum dimanfaatkan secara maksimal. Beneran deh kaget pas kita coba masuk lewat pintu barat, Pintu Gerbang terbuka lebar tanpa dijaga. Dan ternyata di dalam ramai banget cui, ini mah lebih mirip semacam taman taman kota gitu. di Lapangan utama pada tanding main bola, di taman deket pendopo ada kelompok pemuda lagi latihan Judo, di beberapa titik ada ibu ibu ngumpul lagi ngemong anaknya, di pendopo ada sekelompok pemuda lagi latihan drama, sedangkan di sepanjang jalur aspal di dalam arena white house ini ada yang jogging, sepedaan, bahkan motoran muter muter, yang gak kulihat disini cuma orang yang lagi mojok pacaran berdua.


Bangunan Pendopo disini menurut ku agak unik nih, pendopo yang notabene khas bangunan Jawa ternyata diaplikasikan di sini. Pas ada di dalam nya, rasanya tuh lagi jalan jalan di area keraton Jogja deh, hohoho. Tapi sayangnya, pendopo ini udah rusak di beberapa titik, terutama di kayu kayu bagian atas, terlihat sudah rapuh dan sepertinya sedang di pugar/renovasi, terlihat dari adanya  beberapa besi besi penyangga konstruksi yang merangkap jadi tangga.


Aku sempet berkeliling mengitari bagian depan bangunan utama, terlihat jelas pilar pilar besar berwarna putih menjadi pusat perhatian/pandangan alias mencolok disini, baik itu di bagian depan pintu utama maupun di sepanjang dinding bagian depan lantai dua. Sedangkan kaca jendela bagian depan arsitekturnya mengingatkan ku akan bangunan di eropa eropa sono.

Terus lanjut ke Pintu Utamanya, sekilas mirip bangunan di klenteng bila dilihat dari warnanya, merah campur keemasan. Tapi bila diperhatikan lebih seksama, ternyata tema nya hampir sepadan dengan tema di Pendopo tadi.




Kombinasi dan perpaduan gaya arsitektur dari berbagai daerah ini membuat ku jadi penasaran, coba coba nyari semacam pegawai atau penjaga gedung ini kok gak nemu ya, bahkan nyari di gugel pun sampai sekarang aku belum nemu. Adakah dari kalian yang tahu? Kalau tahu, tulis di kolom komentar ya :)

Langkah ku terhenti di sini, pengennya sih masuk, tapi dikunci pintunya, hihihihi. Serem ah, entar dikira mau nge rampok lagi. Ya sudah akhirnya kita balik ke parkiran, terus meluncur pulang :)


Peta / Lokasi / Rute Menuju Gedung Putih Gerung, Lombok Barat




jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
 LOMBOK itu INDAH

4 comments: Leave Your Comments

  1. bagus sekali tempatnya, wow.

    ReplyDelete
  2. Wah menarik jg ya gedung pemerintahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes... sayang tidak dimanfaatkan dengan maksimal...

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar