WHAT'S NEW?
Loading...

Surga Bawah Laut di Gili Gede, Rengit dan Layar

Gili Gede Sekotong lombokBukit bukitan saat ini (April 2015) masih menjadi lokasi yang happening di Lombok, terutama di dunia per-Instagram-an, semua berlomba lomba pada fotoan di puncak bukit ataupun tebing, sebut saja Bukit Pergasingan, Bukit Tunak, Bukit di Tanjung Bloam, Bukit Merese dan juga Bukit Batu Idung.

Nah biar gak mainstream, weekend ini aku bareng temen temen dari #goprolombok merencanakan jalan jalan sekaligus gathering ke 5 sekaligus silaturahmi sekaligus snorkling bareng ke area tiga gili di sekotong yaitu Gili Gede, Layar dan Rengit. Lokasi itu kita pilih karena memang kehidupan bawah laut disana masih sangat terjaga, belum tersentuh mass tourism. Coba aja lihat paket paket tour wisata di travel agent, mana ada paket yang tujuannya tiga gili ini, kecuali memang si wisatawannya pengen dianter kesana.

Nah dari koar koar di berbagai akun media sosial, akhirnya terkumpul manusia sejumlah 26 biji, yang terbagi jadi dua rombongan. Rombongan pertama berjumlah 20 orang nyebrang duluan dengan kapal agak besar, dari hasil tawar menawar kita dapat harga 450 ribu seharian per kapal, isi 20 orang tadi. Sedangkan rombongan kedua yang berangkat belakangan dapat harga 300 ribu, isi 6 orang.

Gili Gede, Pelangan, Sekotong

Akomodasi
Masing masing dari kita udah membeli nasi bungkus di Kota Mataram yang rencananya bakal dimakan buat makan siang di Gili Rengit. Sedangkan perlengkapan snorkling,kita bawa masing masing (yang punya sih), nah beberapa dari kita yang gak punya alatnya, nyewa di tukang perahunya. Harganya?? Kurang tahu ya, karena aku gak nyewa.

Spot 1
Untuk spot pertama ini, kita terjun di perairan sekitar Gili Gede, tepatnya di arah timur nya. Dengan membuang jangkar, kita langsung terjun ke spot dari kapalnya, bukan dari pantainya. Sebenarnya aku kurang suka dengan teknik ini, pertama ada jangkar yang di lempar di sekitar spot snorkling, takutnya kena terumbu karang, yang kedua, kalau selesai snorkling bakal susah naik perahu, karena posisinya kita naik dari air langsung ke kapalnya, bagi manusia dengan perut oval kaya aku ini bakal susah naik, kecuali kapalnya dilengkapi dengan tangga, hohoho.

Di Spot yang pertama ini, sudah lumayan lah ya terumbunya, meskipun kurang beragam jenisnya, dan ikannya juga gak terlalu banyak. Tapi bagusnya di sini banyak banget bintang laut biru lho.




Spot 2
Setelah pada puas semua, akhirnya kita lanjut ke Spot kedua, yaitu di Gili Rengit yang lokasinya ada di sebelah utara Gili Gede. Tujuan pertama kita ke Gili Rengit adalah Makan Siang bareng karena pas sampai Gili Rengit ini jam menunjukkan pukul 12.30, pas banget ama jam makan siang.

Bila dibandingkan dengan kedatanganku ke Gili Rengit sebelum sebelumnya, hari ini bisa dibilang suasana yang paling rame di Gili Rengit, di sini ternyata sudah ada beberapa kelompok wisatawan mancanegara alias bule bule yang lagi asyik makan makan. Kemudian ada juga kelompok pemancing yang lagi beraksi. Padahal dulu pas aku kesini pasti masih sepi, ya cuma rombongan ku aja dah yang jadi penguasa pulau ini.

lokasi gili rengit

rute menuju gili rengit

Dermaga Gili Rengit ini memang sudah tida difungsikan sebagaimana fungsi sebuah dermaga, tapi justru dimanfaatkan oleh para pemancing untuk memuaskan hasrat memancingnya. Selain itu dari dermaga ini pemandangannya juga aduhai lho, terlihat gili rengit dari sudut agak atas dengan airnya yang jernih, sehingga terumbu terumbu karangnya pun kelihatan dari atas.

Titik snorkling di Gili Rengit ini ada di kanan kiri dermaga, silakan jelajahi semua, hingga saat ini (April 2015) kondisi terumbu karang dan ikan ikan disini masih sangat terjaga.

ada nemo Ngintip


up an down, dermaga gili rengit


Spot 3
Spot ketiga atau yang terakhir ini adalah spot yang paling juara, lokasinya ada di sebelah timur Gili Layar.

Sebelum kita nyebur dan menyapa ikan ikan, kita menyapa dulu resort baru yang ada di Gili Layar ini, namanya "Layar Bungalow". Alasan kesini dulu adalah karena aku kemarin dapat cerita dari temen anggota Lombok Backpacker yang katanya mereka pas ke gili layar ini terjadi kesalahpahaman dengan penjaga bungalow, sehingga mereka disuruh menjauh dari area bungalow ini. Nah, dari cerita itu aku jadi pengen membuktikan sendiri cerita mereka nih.

preWeddding
Tapi ternyata gak seperti yang dibayangkan, penjaga bungalow ini fine fine aja kok, kita malah dipersilakan istirahat di salah satu berugak nya, sembari nonton sepasang calon pengantin yang lagi pre wedding di area bungalow ini.

***
Bicara masalah Gili Layar, aku sendiri udah tiga kali snorkling disini, dan sekarang ini adalah yang keempat. Dulu sih, pulau ini tak berpenghuni, cuma ada kuburan di atas bukit dan ada papan tertancap di pantainya bertuliskan "Secret Island", tapi sekarang papan itu sudah gak ada lagi, berganti dengan resort baru bernama "Layar Bungalow".

Terumbu karang di Gili Layar ini masih sangat bagus, karena memang belum teracuni oleh Mass Tourism, semoga dengan kehadiran satu resort disni gak mempengaruhi kehidupan bawah lautnya. Karena spot tecantik buat snorkling disini tepat berada di depan resort ini.



gili paling bagus di lombok

tempat snorkling lombok

rute gili layar

lokasi gili layar lombok

Gimana cui kehidupan bawah lautnya?? Keren khan.... Ini nih satu hal yang ngebuat aku gak bosen bosen ke Gili Layar ini. Cuma sayangnya kok aku gak ketemu nemo ya di Gili Layar ini, padahal tadi di gili rengit ada lho, meskipun malu malu ngumpet di balik anemon.

Oia satu lagi, meskipun terlihat tenang, arus di sini agak kenceng lho. Jadi tips nyaman untuk snorkling yaitu kita turun di arah utara, trus tinggal mengambang mengikuti arus ke arah selatan sambil nikmatin indahnya surga bawah laut nya. Tapi tetep harus waspada ya, jangan sampai kelolosan kebawa arus ke tengah.

***

Sekitar pukul 4 sore, langit tiba tiba gelap, kayaknya sih mau ujan gitu, dan pas lihat lihat status di medsos ternyata Kota Mataram malah udah ujan deres duluan. Yaudah akhirnya kita beberes dan siap siap balik ke pelabuhan pelangan.

siap berlayar kembali ke Pelabuhan Pelangan


***

Lokasi Gili Layar, Rengit dan Gede di Google Maps



****

Video Keseruan Snorkling di Gili Gede, Rengit dan Layar




jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
LOMBOK itu INDAH

13 comments: Leave Your Comments

  1. Ini di lombok barat ya? Enggak ada matinya memang lombok :D harus dijadwalin kesini deh kalau lagi mengunjungi lombok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes, lombok barat. gak terlalu jauh dari Gili Nanggu :)

      Delete
  2. Eidiannn... keren kalo ini :-)

    ReplyDelete
  3. Lumayan cakep bawah lautnya, btw jadi berapa harga sewa alat snorkling ??? kakak mesti tau itu hua hua #dikeplak

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahaha, sumpah om cum, ane gak tahuuuuu

      Delete
  4. uuhh keren kece mas... mantap abisss dah.. aku ngileerr tennan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampeyan hobi banget ngiler mas...

      Delete
  5. Ngiri bgttt tinggal di lombok tiap wiken bisa explor

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... alhamdulilah ya... sesuatuk...

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar