16 May 2018

Menginap di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya

Berapa waktu yang lalu aku berkesempatan mengunjungi Kota Pahlawan, Surabaya. Sebenernya aku udah sering sih ke Surabaya, namun cuma buat transit aja, seperti pas kita mau ke Batu, turun di Juanda, lalu lanjut naik travel ke Batu.

Kunjunganku ke Surabaya ini, Bukan untuk jalan jalan hore sih, tapi karena ada urusan kerjaan, selama kurang lebih 3 malam, dengan menginap di Hotel Mercure Grand Mirama. Nah di postingan kali ini, aku mau sedikit me-review tentang Hotel ini.

SEJARAH SINGKAT
FYI hotel ini dahulunya bernama Grand Mirama, namun sejak tahun 2007 berubah nama menjadi Mercure Grand Mirama dan secara bertahap terjadi penambahan kamar. Hingga saat ini kamar yang tersedia lebih dari 250 dengan berbagai tipe.

LOKASI
Hotel Mercure ini berlokasi di Jalan Raya Darmo No.68 - 78 Surabaya, tidak terlalu jauh dari Taman Bungkul. Untuk menuju hotel ini dari Bandara Djuanda, kita menggunakan jasa travel, seharga 200 ribuan, mobilnya Innova. Sedangkan bila menggunakan Avanza lebih murah, sekitar 100 ribuan. Angka tepatnya kurang tahu, karena urusan pembayaran sudah dihandle pak bendahara, heuheuheu.

Berhubung pas jam pulang kantor, perjalanan dari Bandara ke Hotel lumayan tersendat nih, macet gitu, hal yang jarang aku temui di Lombok, heuheuheu.

LOBBY
Sebelum sampai lobi, di sebelah pintu masuk ada semacam cafe gitu bernama coffee cafe, desain nya unik deh ada semacam kendaraan, mesin pom bensin dan ada ATM nya juga, dibuka untuk umum 24 jam. Wah seru juga nih, misal lagi bosen di hotel tapi males pergi keluar, tinggal nongkrong aja di cafe nya, enggak perlu dandan keren, cukup pake kaos, celana pendek dan sandal hotel, udah cukup. Heuheuheu.



Lobi nya lumayan luas, proses cek in juga cepat, kita hanya diminta KTP nya untuk difoto kopi dan mengisi form cek in berupa no telpon, alamat email dan tanda tangan. Untuk 3 malam tarifnya 1.8 juta , untuk pembayaran nya bisa dengan cash, debit maupun kartu kredit.  Di bagian tengan lobi terdapat meja berisi welcome drink, kita bisa mengambil nya sendiri.

KAMAR
Aku mendapat kamar di Lantai 5, gedung sebelah kiri. Maksudnya sebelah kiri adalah bahwa di hotel ini ada 3 gedung dengan 3 lift masing masing. Yang pertama di sebelah kiri/depan recepcionist, yang kedua dan ketiga ada di arah belakang recepcionist.

Fasilitas kamar yang aku tempati ini standar bintang 4 lah ya, ada 1 ranjang besar, AC, TV, Minibar, Meja Kursi kerja, Meja Kursi santai, wifi, lemari, dan safety box. Sedangkan untuk kamar mandinya ada air panas dingin, ruangan shower tertutup kaca, wastafel, wc duduk, kaca, handuk, hair dryer dan toiletris lengkap. 



Untuk view dari jendela kamar, tidak bisa berharap banyak, karena pas buka korden, view nya adalah bangunan hotel ini juga, yaitu gedung kedua dan ketiga, heuheuheu

SARAPAN
Nah ini nih, hal yang wajib ada/include dengan harga kamar. Karena pagi pagi tuh males nyari sarapan di luar hotel, paling pas ya sarapan di restoran hotel. Resto Trimurti ini melayani sarapan mulai jam 5 pagi, jadi buat yang dapet flight pagi, enggak usah khawatir kelaparan. Bisa sarapan dulu di hotel sebelum cek out.



Desain resto nya cakep banget dengan pencahayaan yang remang. Ueelok lah buat foto foto di sini, tapi karena lagi rame rame nya, enggak memungkinkan untuk foto foto dulu,.

Menu nya juga buanyak banget, bebas mau ngambil yang mana aja, ada nasi putih, nasi goreng, beberapa lauk dan sayur, bubur ayam, soto ayam, sereal, roti rotian, kue kue basah, potongan buah segar, kopi, teh, jus buah, infuse water dan lain lain, masih banyak lagi. Rasanya juga enak.

FASILITAS LAIN
Di sebelah Restoran untuk sarapan, terdapat kolam renang yang lumayan luas, meskipun lokasinya bersebelahan, saat kita renang enggak jadi tontonan tamu tamu yang lagi sarapan, karena ada sekat nya.

Di lorong bagian belakang recepcionist, yang menuju gedung 2 dan 3 terdapat komputer dan printer yang bisa digunakan tamu hotel untuk internetan dan cetak cetak dokumen, aku sih memanfaatkannya untuk web cek in pesawat, sekaligus cetak boarding pass. Di sebelah atas komputernya, terdapat tarif cetak per lembar nya. Tapi karena aku cuman cetak 1 lembar, eh digratisin, heuheuheu
Selain restoran untuk sarapan tadi, ada lagi 2 restoran lain yang menyajikan pilihan makanan Jepang, yaitu Ebisu Japanese Restaurant, serta restoran masakan China legendaris di kalangan etnis China Surabaya, yakni Lan Hua Chinese Restaurant. 


Berhubung hotel ini menganut genre hotel bisnis, tersedia satu gedung khusus ruang rapat dan ballroom, totalnya 12 ruangan, dengan lift tersendiri, aku sih menyebutnya gedung 2.  Ada beberapa pilihan ruang dengan luasan yang berbeda beda, mereka masing masing diberi nama kota kota di dunia, seperti Hongkong, London dll.

Oia seperti yang aku tuliskan di atas, bahwa di bagian depan hotel ini terdapat cafe yang buka 24 jam. Enggak cuma buat tamu hotel sih, siapa saja bisa nongkrong di sini. Di pintu masuk cafe ini terdapat 1 mesin ATM dari Bank BNI, yang mesin nya sudah mesin ATM Link, jadi kalau bank kita bukan BNI tapi sama sama bank BUMN, enggak kena biaya pas tarik tunai


Satu lagi yang unik, di sebelah resto untuk sarapan, terdapat spot foto foto lho, dengan lukisan di dinding bertema Tempo Dulu, lucu deh buat fotoan...

***

Peta Lokasi Hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya


.
Share:

8 comments:

  1. Aku beberapa kali ke Surabaya, tapi cuma numpang lewat saja. Ada sih rencana mau ke sana dan nginep di sana hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu kondisi surabaya stabil dulu...

      Delete
  2. Kayaknya aku belum pernah nginep di Hotel di Surabaya deh, mayan nih buat referensi :)

    ReplyDelete
  3. kalo yang di surabaya, aku belum pernah rasain hotelnya, tapi pernah cobain grand mercure di jakarta.. dan itu bener jempolan deh, dari segi service, fasilitas, sampe makanan ;).. sukaaaak banget nginep di jaringan hotel mercure ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya , pernah nyobain juga yang di Bali, recommended

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive