WHAT'S NEW?
Loading...

Bermain dengan Monyet di Hutan Pusuk, Lombok Utara

Jalur darat Mataram - Pelabuhan Bangsal (ke 3 Gili), ada dua yaitu lewat Senggigi dan Hutan Pusuk. Jalur Senggigi lebih panjang daripada jalur pusuk, karena jalur ini mengikuti garis terluar Pantai Barat Pulau Lombok, dengan kondisi jalan yang lebar dan halus akan tetapi naik turun dan berkelak kelok. Jalur kedua yaitu lewat pusuk, lebih pendek karena memotong lewat tengah, dengan jalan yang lebih sempit, berkelak kelok, awalnya naik, setelah sampai puncak pusuk, kemudian terus menerus turun, dan relatif lebih sejuk karena lewat hutan, jadi bisa dikatakan kalau Jalur Pusuk itu merupakan Jalur Alternatif dari Mataram menuju Pelabuhan Bangsal.

Nah di tengah tengah Jalur Alternatif ini alias di Puncak Hutan Pusuknya ada lokasi dimana monyet monyet berkumpul untuk menunggu diberi makan oleh wisatawan yang lewat. Saya sudah sering sekali mengunjungi Hutan Pusuk ini, hanya untuk bercengkerama dengan mereka, memberi makan kacang dan berfoto foto.

Tidak seperti monyet monyet di Uluwatu Bali, monyet di Hutan Pusuk ini jinak jinak lho. Gak percaya? Coba deh kasih makan kacang, dikasih pakai tangan ya, jangan dilemparkan, monyetnya akan mengambil dari tangan kita dengan sopan. Dan yang jelas, satu biji gak cukup, dia akan selalu minta lagi dan lagi, setidaknya dia akan nungguin di bawah kita, sampai kita ngasih kacang lagi.

Dilihat lihat, sekelompok monyet monyet ini ada Bos nya, ada satu sosok monyet yang berkuasa, paling ditakuti, yang berbadan paling besar, dan kayaknya paling tua. Dia selalu menghalang halangi atau menakut nakuti monyet lain saat mau minta makanan ke wisatawan yang datang. Jadi dia punya keinginan bahwa semua makanan itu miliknya, alias "Serakah". Nah saya paling kasihan ama monyet monyet yang masih kecil, mereka jarang sekali dapat jatah makanan dari wisatawan, karena takut ama bos nya.

Oia satu lagi, monyet monyet itu lumayan cerdik lho. Pernah ada yang ngasih botol air minum Minute Maid Pulpy isi penuh dengan kondisi tertutup, eh monyetnya bisa buka tutup botolnya dengan cara memutar tutupnya, terus diminumlah minuman itu sedikit demi sedikit dengan ekspresi nyengir nyengir (mungkin karena rasa asam minuman itu). Haha ketawa dah semua orang yang ada di sekitar situ...






jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
LOMBOK itu INDAH

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar