WHAT'S NEW?
Loading...

Teluk Awang, Lombok Tengah




Teluk Awang adalah Sebuh teluk yang berada 15 KM di timur Pantai Mandalika (Kuta), masuk dalam wilayah Desa Awang, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Kalau dihitung dari Kota Mataram, berjarak 70 KM, dengan rute Mataram-Praya-Pujut-Awang.

Jalur darat sampai Pantai Kuta sudah bagus, aspal lebar dan halus, namun dari wilayah Kuta ke timur, jalurnya sebagian bagus sebagian jelek, karena masih dalam tahap pengaspalan. 

Lokasi Teluk Awang sendiri berada di balik bukit, jadi sekitar 500 meter sebelum lokasi teluk, kita bisa melihat Teluk Awang dari atas bukit, sangat indah dengan hiasan megahnya Pelabuhan Ikan yang dibangun di sana.


Di Teluk Awang ini memang telah dibangun sebuah Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) yang dimulai tahun 2005, dan sampai sekarang (2012) belum selesai pembangunannya karena kurangnya dana. Sangat disayangkan, padahal jika dilihat dari atas bukit sebelumnya, Pelabuhan Ikan ini sangat megah dengan warna putihnya.

Sudah dibangun pintu gerbang yang besar, beberapa bangunan rumah, tempat pengisian bahan bakar dan dermaga kapal. Namun saat ini hanya digunakan sebagai tempat memancing bagi warga setempat.


Di perairan Teluk Awang ada puluhan keramba keramba ikan milik nelayan dan beberapa perahu yang diparkir. Sebelah kanan teluk ini berupa bukit dengan sedikit pohon bakau di pantainya, sedangkan sebelah kiri berupa pantai berpasir putih. Jika kita memandang jauh ke depan, terlihat daratan dengan bukit bukit berwarna putih, yuph itu adalah Teluk Ekas, Jerowaru, Lombok Timur. Kalau dilihat di peta, sebenarnya lokasi ini memang hanya satu teluk yang berukuran besar, namun karena terbagi 2 wilayah, Lombok Tengah dan Lombok Timur, wilayah sekitar teluk ini dibagi menjadi dua nama, Teluk Awang milik Lombok Tengah dan Teluk Ekas milik Lombok Timur. 

Yaa semoga perbedaan nama ini gak membuat masyarakat saling membenci, yang ujungnya bisa berakibat Perang Teluk. xixixi....

Lokasi Pantai Awang (wikimapia.org)




jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
LOMBOK itu INDAH

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar