WHAT'S NEW?
Loading...

Nengokin Museum Tosan Aji di Purworejo

Pas ada kesempatan jalan jalan ke Purworejo, gue nyempetin mampir ke Museum Tosan Aji, museum ini berlokasi di Jalan Mayjend Sutoyo No. 10 Purworejo, atau di selatan Alun Alun Kota Purworejo. Menurut info, dulunya Museum Tosan Aji ini berlokasi di Pendopo Kawedanan Kutoarjo, namun kemudian dipindah ke Purworejo pada tanggal 10 Juni 2001. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mewujudkan lokasi terpadu beberapa bangunan bersejarah, seperti Masjid Agung Darul Mutaqin di sebelah barat alun-alun dengan Bedug Pendowonya terbesar di Indonesia, dan Museum di sebelah selatan.
 
Saat ini Museum Tosan Aji menempati bangunan bekas Pengadilan pada masa Belanda. Di Museum ini tidak hanya menyimpan benda-benda koleksi tosan aji seperti keris, pedang, cundrik, tombak dan lain-lain. Namun pada perkembangannya banyaknya benda cagar budaya lainnya seperti patung, prasasti, yoni, lingga, lumpang, batu pipisan, guci, batu gong, menhir dan lain-lain. Koleksi tosan aji yang disimpan terdapat yang berasal dari masa kerajaan pajajaran dan majapahit. Sementara benda cagar budaya berasal dari masa pra sejarah maupun masa klasik. Di museum juga terdapat gamelam kuno kyai Cokronagoro yang merupakan hadiah dari Sri Susuhunan Pakubuwono VI kepada Bupati Purworejo I, Cokronagoro I.

Tosan aji merupakan salah satu hasil budaya bangsa pada masa perundagian sebagai warisan nenek moyang yang menunjukkan salah satu identitas budaya bangsa yang sampai kepada kita sekarang. Yang dimaksud Tosan Aji adalah sejenis senjata pusaka dari logam besi yang mendapat tempat terhormat (yang dihargai) di mata masyarakat terutama pada masa lampau, diantaranya berupa keris, tombak, pedang,kudi dan menur. Dalam alam pemikiran masyarakat lebih-lebih pada masa lampau Tosan Aji dianggap memiliki kekuatan gaib/kesaktian yang dapat mempengaruhi dalam kehidupan masyarakat.

Untuk bisa masuk ke museum ini, kita cuma harus membayar tiket sebesar seribu rupiah/orang. Murah banget yaaaa... iya cos tempatnya kecil cuman ada tiga ruang pamer aja. Gak sampai setengah jam udah keluar lagi... haha...


0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar