6 May 2013

Jelajah Pantai Selatan Lombok

Setelah kemaren puas snorklingan di Sekotong, hari ini saatnya jelajah Pantai Setan Lombok, masih bersama temen temen backpaker dari Surabaya dan sekitarnya. Kalau kemaren Om Duta yang jadi guide, hari ini giliran gue yang jadi guide, gegara om duta gak bisa ikut jalan jalan hari ini.

Kesalahan lumayan fatal dibuat temen temen backpaker, haha masa guide nya ditinggal berangkat duluan, pede banget ya gak bakal kesasar. Mereka berangkat sekitar jam setengah 8 dari penginapannya (Losmen di Cakra), sedangkan gue baru bisa keluar rumah jam 8 lebih, itu pun harus nyari nasi bungkus dulu, kasihan mereka pada belum sarapan, tapi udah pada cuss ke pantai, gue beli 8 bungkus, karena hari ini personilnya ada 8 anak, Ini dia daftarnya :
  1. Gue
  2. Fasya
  3. Momo Dudud
  4. Erwin
  5. Lulu
  6. Lili
  7. Ari
  8. Badung
Gue ama Fasya pun memacu kendaraan dengan kecepatan penuh menuju Pantai Selong Belana, sekitar sejam lebih, kita pun dah sampai di Pantai Selong Belanak, celingak celinguk kanan kiri, ternyata mereka belum pada sampai, masih sepi.... cuma ada satu bule yang surfing-an.

Iseng iseng buka BB, eh ada BBM dr salah satu teman backpaker yang bilang kalo mereka kesasar.. hahahaha Kena karma nya tuh, si guide nya malah ditinggal duluan sih.. Gegara disini gak ada sinyal, alhasil gue gak bisa bales, cuma bisa nunggu aja mereka dateng, dengan keyakinan mereka bisa sampai sini dengan nanya nanya orang.

Perut udah keroncongan, gue ama fasya pun makan duluan.. Nasi balap seharga 3500 rupiah ini terasa enak banget ya dimakan di sini.. hmmm nyum nyum nyum. Yang sedikit mengganggu, di sini banyak anjing nya, pada ngelihatin kita makan, terlihat raut mukanya seakan mau meminta sepotong daging ayam....

Perut udah kenyang, dan mereka pun belum muncul, hoaammzz jadi ngantuk gegara semilir angin Pantai Selong Belanak. Hoho gak lama, terdengar suara motor mendekat, dan ternyata itu merekaaa, yihaaa akhirnya sampai juga mereka di sini. Langsung deh acara foto foto dimulai.....

Setelah puas foto foto dan menikmati keindahan Pantai Selong Belanak, kita pun move ke pantai sebelahnya, yaitu Pantai Semeti. Jalan masuknya sekitar 5 menit dari selong belanak, sebelah kirinya, sama kok ama jalan masuk ke Pantai Mawi. Ini adalah kali kedua gue ke pantai semeti, dan jalanannya masih sama seperti dulu, tanah becek bergelombang yang diikuti jalan kecil membelah rerumputan/semak belukar.. haha susah dah pokoknya jalurnya...

Membelah Semak Belukar
 Dengan sedikit bersusah payah, kita pun sampai di Pantai Semeti. Ombak siang ini lagi besar broo dan pasang pula.. Ada satu berugak di sini, yang kita jadikan lokasi berteduh. Gue pun nyuruh mereka buat makan nasi bungkus yang gue beliin tadi, kasihan pasti mereka kelaparan belum sarapan. Pas mereka sarapan, gue ama fasya yang udah sarapan duluan, berjalan ke arah kanan menuju tebing bukit.

Buset nih orang, ntah kesambet setan mana, setelah fotoan di pinggiran batu, eh dia langsung manjat dinding tebing, bukan asal manjat lho, dindingnya itu tegak lurus alias 90 derajat, jadi bener bener wall climbing. Trus dia menuju ujung bukit, dan berdiri di atasnya, sambil nunggu ombak dateng... Byuuur.... Wowowwowwoo. kereeeen gilaaaaa. Nih foto fotonya :

Wall Climbing

Dan ternyata temen temen yang lain setelah makan cuma duduk duduk aja di dalem berugak, kepanasan merekaa,,, haha gak seru ahh... ke pantai takut panas... Dikarenakan kejar tayang (waktu mepet) kita pun langsung cabut menuju Pantai Mawun. Nah di turunan sebelum pantai tampah ada spot bagus buat fotoan, gue pun ajak mereka berhenti buat fotoan disitu... Yey bagus spotnya :

Dalam perjalanan menuju Pantai Mawun kita pun berpapasan dengan peserta Lombok Audax, kalo dilihat lihat sih bule semua ya yang sepedaan..

Sampai di Pantai Mawun, ternyata udah rame banget dan ada terop yang sedang dibongkar, usut punya usut ternyata tadi pagi ada acara Lombok Audax di sini, ohhh pantesan tadi papasan.

Yang gue suka dari pantai mawun ini adalah adanya pohon besar yang bikin adem pantai ini, sumpah deh angin semilir di pantai mawun ini bikin gak terasa kalo lagi di pantai, sejuuk. Gak tahan liat air lautnya, temen temen pun mulai pada nyebur.. Haha seneng banget mereka ketemu aer, seakan akan udah setahun gak ketemu aer laut... Ini nih foto foto keseruan di Pantai Mawun. *maaf narsis*  :

Makin siang ternyata makin rame aja pantai mawun ini, kebanyakan sih wisata keluarga.. Jadi cuma dateng rame rame bawa makanan lengkap, gelar tiker dan makan di pinggir pantai... Dan kita pun cabut buat menuju pantai berikutnya..

Dengan beberapa alasan, gue pun memutuskan untuk melewatkan Pantai Kuta dan Seger, langsung menuju Pantai Tanjung Aan. Seperti sebelum sebelum nya, gue bawa mereka ke pojok kanan pantai tanjung aan, yaitu di sekitar Warung Turtle..

Warung Turtle
Setelah istirahat bentar sambil minum minum, kita pun langsung trekking naik bukit merese yang ada di kanan warung turtle ini. Berharap mereka bakal terpana dengan keindahan alam Tanjung Aan, view dari atas bukit.

Dan benar saja, mereka pun kegirangan di atas bukit ini, padahal panas terik lho, haha mereka pun lupa akan sengatan si matahari.... Loncat sana loncat sini, gaya ini gaya itu, heboh sendiri...... Ini nih beberapa foto keseruan di atas Bukit Merese :

Hari pun semakin sore, kita memutuskan untuk segera turun dan segera melaju menuju senggigi guna hunting sunset sambil makan makan. Jam 4 sore dari tanjung aan, perkiraan sampai senggigi sekitar jam 6, di tengah perjalanan pun gue beli Nasi Puyung buat makan nanti di Pantai Senggigi, tepatnya di depan Bandara Internasional Lombok (BIL). Gue pilih menu nasi puyung karena mereka belum pernah ngerasain pedasnya makanan khas lombok ini.

Tepat sesuai perkiraan gue,  kita pun sampai pantai senggigi sekitar jam 6, dengan sedikit bersusah payah karena ketemu beberapa kali parade nyongkolan... Gak tahu ya kenapa nyongkolan harus lewat jalan utama sih? #pfftt *abaikan``

WOhoo, minggu sore itu emang pas lagi rame ramenya di Pantai Senggigi, memang sih pantai ini udah menjadi pantai rakyat, sengan jarak yang gak terlalu jauh dari kota dan fasilitas lengkap, meskipun kurang indah pantainya, tetep menjadi primadona masyarakat Lombok bagian barat.

By the way keindahan Pantai Senggigi muncul saat senja tiba, apalagi kalo pas cerah, bakal kelihatan gunung agung di barat sana, dan semakin menjadi cantik dikala senja tepat masuk di balik Gunung Agung ini.. Ahhh memang untung untungan ya untuk dapetin sunset cantik itu, sore ini agak mendung di arah barat sana, jadi sedikit menghalangi senja pas turun. Tapi gak apalah yang penting temen temenku ini happy happy semua (meskipun udah terlihat pada kecapekan)

Hari semakin malam, kita pun kembali menuju Mataram, gue balik kost, yang laen balik penginapannya di Cakra,,,

Dan malam ini adalah malam terakhir kita jalan jalan bersama.... besoknya udah gak ketemu lagi.... (T_T)

Sungguh perjalanan yang seruu bersama mereka.... Miss U All....