WHAT'S NEW?
Loading...

Kebun Binatang Gembira Loka Jogja

Gembira Loka, aaaah rasanya sudah lama sekali aku gak ke sini ya. Ini adalah lokasi wisata wajib bagi anak anak TK di kota kota sekitar Jogja. Saking lamanya gak kesini, sampai lupa apa aja isinya.

Nah akhirnya aku bisa juga masuk kebun binatang ini lagi nih, lokasinya gampang ditemukan, karena ada di pinggir jalan besar, kalao dari arah perempatan Bank BI BNI selatan Malioboro, kita tinggal jalan ke arah timur aja, lurus.... nanti pintu gerbangnya ada di kanan jalan.

Parkir motor dua ribu rupiah, tiket masuknya 15 ribu rupiah, oia di tiketnya tertulis "Free Wifi", wohoo mantap nih, passwordnya bisa kita dapet dengan menukar sobekan tiket masuk.


Tempat pertama yang aku kunjungi adalah Diorama Flora & Fauna. Diorama flora merupakan diorama yang berisi berbagai jenis flora khususnya yang ada di Indonesia. Berisi antara lain Miniatur tipe tanah, Miniatur perjalanan air dari mata air sampai laut, Umbi-umbian, Biji-bijian., Macam-macam akar. Sedangkan Diorama Fauna Merupakan diorama yang berisi berbagai jenis fauna khususnya yang ada di Indonesia. Berisi antara lain Fauna tanah, Proses metamorfosis, Macam-macam serangga, Keanekaragaman biota laut, dan Pemanfaatan sutera. Tata letak yang ada dalam kedua diorama di atas sebenarnya hampir sama. Pencahayaan, pengaturan suhu ruangan sudah baik. Hanya saja belum dilengkapi dengan komputer sebagai pencari informasi tambahan. 


Lanjut, jalan lebih ke arah dalam kebun raya, sampai juga di kolam yang luas yang di dalamnya ada kapal besar, hoho itu cuma bangunan restoran di tengah kolam yang didesain menyerupai kapal.

Berbagai jenis binatang ada di kebun binatang ini, yang ditempatkan di kandang kandang, yang terlihat agak kurang terawat, kasihan sih sebenernya. Bagi yang pengen lebih dekat ama gajah, disini ada gajah tunggang, jadi pengunjung bisa naik ke atas gajah dan keliling kandang nya., dengan membayar 10 ribu rupiah.


Yang menarik berikutnya adalah di sekitar akuarium akuarium ikan, ada spot Terapi Ikan, jadi kaki kita dimasukin ke kolam, lalu ikan disitu akan menerapi kita dengan memakan sel sel kulit kita yang mati, hihihi, geli kayaknya ya, cukup bayar 20 ribu rupiah saja. Selebihnya itu gak terlalu menarik sih,

Tapi untungnya pas aku kesini pas ada pertunjukan satwa terampil, gratis kok nontonya, tinggal duduk manis di tempat yang disediakan. Ada beberapa satwa yang tampil, seperti beruang madu, orang utan dll, dengan tingkahnya yang lucu dan bisa meniru beberapa aktivitas manusia, pertunjukan ini sukses menghibur para pengunjung. Setelah selesai pertunjukan, pengunjung diberi kesempatan berfoto dengan orang utan dengan memberi uang seikhlasnya.

Hmm aku gak ikut foto, lha yang ngantre anak anak TK-SD semua, aku Om Om sendiri donk, hihi. Sebenernya masih ada beberapa spot yang bisa dikunjungi, tapi gegara cuaca agak mendung, aku lebih milih pulang deh, daripada keujanan. 

Seperti pada lokasi wisata kebanyakan pintu keluarnya pasti diarahkan menuju tempat belanja oleh oleh, mulai dari makanan sampai souvenir souvenir.

4 comments: Leave Your Comments

  1. udah sangat lama gak ke YK. walau gembira loka gak kayak di ragunan, tapi tiap binatang di sana selalu menarik untuk dilihat2. emang nasib binatang sekarang cuman diliatin doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... selain ngeliatin, emang mau ngapain binatangnya mas?

      Delete
  2. udah 6 bulan ninggalin Yogya, jadi kangen liat postingan di atas. Kapan ya ke Yogya lagi sambilan ke bonbin ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih,,,, udah selesai kuliah di Jogja nih...

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar