21 July 2017

Serunya Piknik di Gili Kedis

Wilayah Sekotong di Lombok Barat memang menyimpan potensi wisata pantai yang luar biasa, banyak pulau kecil, alias gili yang pemandangan nya cantik, suasananya tenang dan perairan nya bisa dijadikan tempat snorkling. Diantaranya adalah Gili Nanggu, Tangkong, Sudak, Kedis, Lontar, Penyu, Gede, Layar, Rengit dan Asahan.


Nah di weekend kemarin, aku bareng anak istri dan sodara sodara piknik hore ke Gili Kedis. Dari Kota Mataram menuju Sekotong, membutuhkan waktu sekitar 1 jam menggunakan kendaraan pribadi, baik itu motor maupun mobil. Gili Kedis adalah sebuah pulau kecil yang lokasinya enggak jauh dari Gili Sudak, karena sebuah pulau, jadi kita harus menyeberang menggunakan kapal untuk bisa menginjakkan kaki di Gili Kedis.


Ada beberapa tempat penyeberangan yang bisa dipilih, tapi seperti biasa aku selalu menyeberang menggunakan jasa Pak Sahar, rumah nya terletak lumayan jauh dari jalan raya, di Dusun Medang, Sekotong, dengan medan yang lumayan aduhai, jalan sempit belum aspal. Jalan ini sama persis dengan jalan menuju ke Pantai Goa Landak, nah sekitar 200 meter sebelum pantai itu, akan ada plang penyeberangan menuju Gili Nanggu, Tangkong, Sudak dan Kedis, persis di depan rumah Pak Sahar. Untuk kendaraan gak perlu khawatir, karena diparkir aman di halaman rumah pak sahar.

Di samping rumah pak sahar, ada warung kelontong, jadi misal kalian lupa beli air minum atau pengen beli cemilan untuk di kapal dan di gili, bisa tuh belanja dulu di warung tersebut. Tapi kalau kita sih sudah siap sedia perbekalan dari kota mataram, termasuk nasi bungkus untuk makan siang.

The Suites Lombok
Saat di rumah Pak Sahar, kita disambut istri beliau dengan ramah. Setelah semua siap dengan barang bawaan nya, kita lanjut berjalan kaki menuju pantai yang cuma berjarak 50 meter dari tempat kita parkir. Saat berjalan menuju pantai, di arah kiri terdapat sebuah resort mewah serba putih milik bule, bernama The Suites Lombok. Dengan lokasinya yang terpencil gini, pastinya pas buat orang orang yang lagi nyari ketenangan....

Penyeberangan serasa singkat banget, gak sampai 5 menit, perahu motor milik pak sahar ini sudah sampai di Gili Kedis.

Fasilitas
Setelah sekian lama enggak ke Gili Kedis, ternyata pulau kecil yang dijuluki Pulau Bulan Madu ini sudah banyak berubah nih. Aku bener bener ketinggalan jaman banget nih, heuheuheu. Buat yang belum tahu juga, ini nih aku list apa aja yang baru di Gili Kedis :
  • Tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah/orang
  • Ayunan 4 biji
  • Warung yang menjual kopi, pop mie dan jajanan
  • Toilet dengan air Tawar
  • Beberapa berugak, yang salah satunya digunakan untuk tempat sholat
  • Beberapa tempat duduk




Ngapain Aja di Gili Kedis?
Pulau yang luasnya enggak sampai seluas lapangan bola ini pas banget buat piknik bareng si kecil, kita bisa duduk gelar tiker atau duduk di bangku di bawah rindangnya pepohonan, sambil main pasir dan sesekali nyebur, gak perlu takut dengan ombak. Karena di sisi timur pulau ini (sisi yang menghadap pulau lombok) ombaknya kecil, bahkan sampai tak berombak. Untuk yang suka dunia bawah air, bisa tuh snorkling di sisi utara dan barat pulau. 

Nah untuk yang gak pengen beraktivitas berat, bisa tuh tiduran santai di bawah rindangnya pepohonan, atau main ayunan. Bisa juga duduk ngobrol ngobrol bareng temen sambil ngopi ngopi yang dibeli di satu satunya warung yang ada di gili kedis ini. Dan yang paling penting adalah Foto Foto, heuheuheu, karena banyak spot cantik untuk foto foto di pulau kecil ini.




Setelah main pasir, air dan snorkling, tentunya badan kita basah dan kotor donk ya, bisa jadi lengket kalau enggak dibersihkan, heuheuheu, untungnya di gili kedis ini udah ada toilet lengkap dengan air tawar, yang bisa dimanfaatkan pengunjung secara gratis. Uenak toooo...


Setelah puas main main, foto foto dan bersih bersih, akhirnya kita kembali menyeberang ke pulau lombok, dengan masih menggunakan kapal yang sama. Untuk penyeberangan bolak balik ini, kita dikenai biaya 100rb rupiah/kapal isi 5 orang dewasa dan 1 balita plus 2 ABK. 

Nah, buat yang tertarik menyeberang menggunakan jasa nya pak Sahar, silakan intip foto di atas, udah ada nomor teleponnya tuh :)

***


Share:

10 comments:

  1. Tiket masuknya murah, kalau sepi gini asyiknya bisa buat main lama-lama mas :-D
    Kalau bawa keluarga malah bisa ngajakin si kecil buat main air :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya lagi rame nih... cuman yang kufoto yang sudut sudut sepi
      heuheuheu

      Delete
  2. Keren pisan euy pantainya, air nya jernih, biru. Indonesia ini memang wonderful banget.

    ReplyDelete
  3. Wah udh banyak prubahan di Gili Kedis... tambah kece aj... Mantaaap

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak perubahan.....
      udah lama banget enggak kesana

      Delete
  4. Urusan wisata, Lombok tak pernah ada habis-habisnya. Gili Kedis keren. Mudahan bisa ke sana nanti.

    ReplyDelete
  5. pemandangannnya keren banget deh

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive