WHAT'S NEW?
Loading...

Snorklingan Seru di Gili Layar dan Rengit

Yaaa berhubung tinggal di Lombok, pas weekend ya kerjaannya bercinta dengan alam, mau ngeMoll, gak ada moll.. hoho

Kali ini saya bareng empat rekan saya :Agus, Rara, Bonces dan Riki mau menghabiskan hari minggu ceria ini di Gili Layar dan Rengit, yang ada di daerah Sekotong sana.

Gak ada angkutan umum menuju sana, jadi harus pakai kendaraan pribadi, kita pakai tiga motor bonceng boncengan, yaa kira kira sejam setengah sampai dah, jalan juga udah mulus. Ancer ancer penyeberangannya yaitu SPBU Pelangan Sekotong, nah kita nyebrangnya dari pelabuhan rakyat yang ada di sebelahnya, pas belokan.

Harus pinter pinter nawar ya buat dapetin harga sewa kapal yang wajar, awalnya tukang perahunya nawarin harga 400 ribu seharian ditunggu. Tapi dengan tawar menawar yang cukup sengit akhirnya dapet harga 250 ribu sekapal, seharian, ditungguin, dibagi 5 orang, jadi per orang 50 ribu.

Lanjooot...

Alhamdulilah ya siang ini ombak bersahabat, gak seperti kunjungan kedua saya ke Gili Layar Rengit (Dihitung Hitung ini kali ke tiga saya ke sono), perjalanan kapal akan melewati taman pembudidayaan mutiaram ditandai dengan bola bola biru mengapung diperairan.

Nah di tengah perjalanan berpapasan ama kapal nelayan, yang ternyata dia adalah temennya tukang perahu kita, dipanggilah dia, "wooooi...!!" dan kedua kapal saling mendekat, coba tebak apa yang sedang dilakukan? Hoho kita sedang transaksi ikan, bukan beli lho, kita dikasih beberapa ekor ikan yang baru dijaring, masih segerrr.. Alhamdulilah yaaa, bisa buat makan siang nanti...


Yaa sekitar 20 menit perjalanan laut, sampailah kita di Gili Layar.. Disini ada beberapa pohon yang bisa dijadikan tempat berteduh.. Oia meskipun GiliLayar ini tak berpenghuni, tapi disini banyak sapi lho, hoho, entah punya siapa, hmmm berarti dulu sapinya juga naik perahu biar bisa menyeberang kesini ya, di tengah pulau ada bukit yang di atasnya ada sebuah makam (kata tukang perahu).



Persiapan selesai, kita pun mulai snorkling... Awalnya sempet takut nih, cos di pinggiran banyak ubur ubur transparan yang ukurannya sama kaya sebutir jambu air, keliatan serem tentakel tentakel nya, grrrr cos pernah lihat korban korban kesakitan akibat sengatan ubur ubur di channel NatGeo...Hohoho Akhirnya saya mlipir ke sisi lain yang gak ada rumput laut nya, hmm ternyata disini gak ada ubur ubur nya..


Bagi yang hobi snorkling, elu elu pada wajib dah snorkling disni, Gili Trawangan ama Nanggu lewat dah terumbu karangnya... Disini cakupannya luas, masih alami, tumbuh subur, terumbu karang meja nya besaar besaar.. ikan nya banyak, warna warni, trus ada beberapa bintang laut biru juga, nah yang kurang tuh, saya belum nemu anemon plus ikan nemo nya, hoho gak ada disini... 

Penasaran? Nih poto poto nya :









Puas Snorkling, kita pun istirahat dulu. Nah ini tukang perahunya baik banget dah, sementara tadi kita snorkling, dia sibuk bakar ikan, waah pas banget, kita selesai snorkling, dia selesai bakar ikan... Sesuatuk yaa, udah ikannya dapet gratis, dimasakin pula, hohoho... Selamat makan yaaa.....


Perut kenyang, stamina full lagi, kita pun lanjut menuju spot berikutnya, yaitu di antara Gili Layar dan Rengit, karena biar gak capek renang, kita kesananya naik perahu, trus berhenti di tengah, dan kita terjun... Berhubung agak surut, dari atas perahu pun udah kelihatan terumbu karang nya lho


Ahhh..... Surga?? Bukan.... Ini taman bawah laut raksasa, bener bener taman laut... Jauh lebih indah dari yang tadi pertama. Didukung pula ama perairan yang tenang dan super jernih, jadi pengen peluk mereka........ aaaaaaaaa (galau) Dijamin puass dah snorkling disini.







Uwooo tiba tiba perairan bergejolak, perairan yang awalnya super tenang, lha kok jadi berombak gini, hoho akhirnya kita satu persatu naik ke perahu, dan lanjut ke Gili Rengit, yang gak jauh dari sini. Ciri khas Gii Rengit adalah dermaga kuning nya ini, bagus ini sebenarnya dermaganya tapi sayang terbengkalai gak dipakai.. Cm jadi tempat mancing.

Dulu pertama kali kesini pas musim penghujan, nyamuknya banyak bangeeet.. pantesan namanya Gili Rengit, Rengit = Nyamuk. Tapi kemaren ini gak ada nyamuk sama sekali, mungkin karena lagi musim kemarau ya, nyamuknya hijrah kemana mungkin.

Di pulau ini kita gak terlalu banyak berkegiatan, karena lautnya lagi surut banget, batuan karang pada muncul di permukaan, mau mendekat serem juga ombaknya lagi gak bersahabat. Jadinya ya poto poto aja






jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
LOMBOK itu INDAH

2 comments: Leave Your Comments

  1. Ah sumpah keren, ini deket ama gili nanggu bukan ??? aku mesti ke lombok lagi nich

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sejalur, masih lebih jauh gili ini... ayo kesono lagi... belum bosen ini.. hohoho

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar