29 December 2018

Ini Dia Kalender Event Lombok Sumbawa Tahun 2019


Dengan konsep yang berbeda, Kalender Event / Calendar of Events (CoE) Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) diluncurkan hari ini, 29 Desember 2018. Untuk CoE 2019, Dinas Pariwisata (Dispar) NTB menggelar acara peluncuran di lokasi yang berbeda dari tahun sebelumnya yaitu bertempat di Area Kedatangan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng dimulai dari pukul 09.30 WIB. 

Terdapat beberapa event andalan yang akan terlaksana di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa untuk tahun 2019. Nah dari event event itu, terdapat 4 event andalan NTB yang juga masuk menjadi bagian dari 100 Calendar of Event Wonderful 2019 milik Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. 

Apa saja sih event yang bakal digelar di Lombok dan Sumbawa selama tahun 2019? Ini dia daftarnya :
  • Lombok Sumbawa Great Sale (28 Januari - 28 Februari 2019)
    Merupakan event promosi bagi setiap wisatwan mancanegara dan wisatawan nusantara yang berkunjung ke Lombok Sumbawa akan mendapatkan potongan harga mulai dari tiket, paket tour dan bahkan diskon belanja. Pada bulan ini semua wisatawan akan dimanjakan dengan segala kemudahan dan kesenangan berbelanja.

  • Festival Pesona Bau Nyale (17-25 Februari 2019)
    Festival ini merupakan kegiatan unggulan yang dilakukan di kawasan Mandalika. Festival ini dilaksanakan untuk memfasilitasi masyarakat yang tiap tahunnya menunggu kedatangan nyale yang dianggap sebagai binatang laut yang dianggap sebagai perwujudan dari putri Mandalika dan diyakini mempunyai kekuatan untuk menyuburkan tanaman di ladang dan sawah-sawah masyarakat

  • Tour de Lombok Mandalika (7-10 Maret 2019).
    Event sport tourism sepeda bertaraf Internasional yang telah terbukti selama 3 tahun berturut – turut mampu menyedot wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Event yang mendapat pengakuan dari UCI ini secara reguler telah menjadi sarana promosi bagi Nusa Tenggara Barat secara nasional dan internasional.   

  • Festival Pesona Tambora (9-11 April 2019).
    Festival ini adalah event yang dilaksanakan untuk memperingati kedahsyatan meletusnya gunung tambora. Festival ini akan menampilkan seni dan tradisi Pulau Sumbawa (Sumbawa, Dompu dan Bima) antara lain festival kopi, pacuan kuda, pawai budaya serta acara puncak bertempat di Doro Ncanga Tambora, Kab Dompu. Selain itu juga akan dikembangkan wisata sejarah dan arkeologi. Event ini juga merupakan salah satu kegiatan yang masuk dalam wonderfull event kementrian pariwisata. 

  • Festival Lawata (10 April 2019). 
    Sebagai salah satu program besar Pemprov NTB. Kegiatan ini biasanya dipusatkan di pantai Kalaki yang berjarak sekitar 5km dari Bandara Udara Sultah Muhammad Salahuddin Bima. Festival ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yaitu ; parade perahu/sampan tradisional, pentas seni budaya, lomba mendongeng atau dikenal dengan Mpama Kade'e, lomba menangkap bebek di laut dan beberapa kegiatan hiburan lainnya.

  • Festival Pesona Khazanah Ramadhan (8-25 Mei 2019).
    Bumi seribu masjid adalah sebutan yang melekat untuk pulau lombok , Nusa Tenggara Barat. Festival ini merupakan kegiatan yang berkaitan dengan masyarakat Nusa Tenggara Barat yang dekat dengan kehidupan religi. Festival ini diadakan untuk meramaikan bulan ramadhan yang merupakan bulan mulia bagi umat muslim di Nusa Tenggara Barat. 

  • Rinjani 100 (22-23 Juni 2019).  
    Lomba lari jarak jauh ini merupakan event tahunan yang diikuti oleh kurang lebih 18 negara. Pada ajang ini para peserta lomba lari dapat menguji nyali mereka untuk berlari di area kaki Gunung Rinjani yang memiliki keindahan yang luar biasa. Kegiatan lari ini dimulai pada tengah malam hingga berakhir menjelang subuh. Lomba lari jarak jauh ini di ikuti oleh pelari-pelari ternama baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

  • Festival Sangiang Api (28 Juli 2019). 
    Pulau sangiang adalah salah satu pulau yang ada di Kabupaten Bima. Festival Sangiang diadakan sebagai salah satu kegiatan dalam memperingati hari jadi Kabupaten Bima. Festival sangiang diadakan untuk mengangkat pulau sangiang sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bima. Berbagai kegiatan dilaksanaknan dalam festival ini, salah satunnya yang menarik adalah kegiatan “Berburu Massal” yang merupakan kegiatan yang hampir-hampir jarang dilakukan oleh masyarakat. Kegitan ini dilaksanakan untuk menjamu para tamu dengan dipilih terlebih dahulu panglima untuk memimpin perburuan

  • Festival Mantar (Juli 2019). 
    Mantar adalah salah satu daerah di Kabupaten Sumbawa Barat yang begitu indah, hingga dijuluki “NEGERI DI ATAS AWAN ”. Mantar merupakan salah satu spot terbaik dunia untuk kegiatan paragliding. Di Mantar anda bisa memanjakan diri dengan terbang dan menikmati pemandangan nan indah sejauh pandangan mata. 

  • Jambore Nasional Ikatan Motor Indonesia / Jamnas IMI (15-18 Agustus 2019).
    Event ini berlokasi di Kawasan Mandalika Resort, Lombok Tengah, yang  kegiatannya meliputi Pameran Otomotif, Seminar Otomotif dan Bazar, Bakti Sosial, dan Touring Explore wisata Lombok.

  • Bulan Pesona Lombok Sumbawa (18 Agustus - 18 September 2019). 
    Festival bulan pesona lombok sumbawa (BPLS) merupakan festival yang mengusung keragaman budaya Lombok Sumbawa yang terdiri dari 3 suku (sasak, samawa, mbojo). Tiga keragaman budaya yang berbeda namun saling mengisi baik dari segi adat istiadat, budaya, kuliner dan juga kebiasaan hidup masing-masing suku. 

  • Festival Pesona Moyo (16-22 September 2019). 
    Keindahan pulu Moyo sudah tidak terbantahkan. Destinasi wisata yang terdapat di pulau Moyo saat ini terus dipromosikan, salah satunya dengan kegiatan festival Pesona Moyo. Bertajuk DISCOVER SUMBAWA, festival ini diharapkan dapat menarik minat wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara untuk mengunjungi pulau Moyo di Sumbawa. 

  • Festival Pesona Senggigi (18-21 September 2019).
    Festival  ini merupakan bagian dari kegiatan promosi pariwisata di kabupaten Lombok Barat, khususnya daerah wisata Pantai Senggigi.Sebagai bentuk realisasi pengembangan pemasaran pariwisata yang dilaksanakan secara rutin tiap tahun, secara berkesinambungan, yang disesuaikan dengan nuansa potensi lingkungan sosial, seni budaya dan ekonomi kreatif.

  • Festival Pacuan Kuda (22-26 September 2019). 
    Balapan kuda adalah salah satu lomba yang tidak asing di masyarakat Nusa Tenggara Barat. Festival balapan kuda setiap tahunnya telah terbukti dapat menarik minat wisatawan khususnya para pecinta kuda baik nasional maupun internasional. Di Nusa Tenggara Barat terdapat banyak tempat balapan kuda, dan balapan kuda menjadi salah satu ajang promosi untuk mengembalikan minat wisatawan berkunjung ke Nusa Tenggara Barat.

  • Kenawa Jazz Festival (September 2019). 
    Event ini merupakan salah satu rangkaian yang menjadi kalender event Nusa Tengara Barat tahun 2019. Kenawa merupakan salah satu pulau yang ada di Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat. Pulau yang sungguh indah dan telah menjadi destinasi unggulan bagi para pesiar dari luar negeri.

  • Mandalika International Marathon (5 Oktober 2019)
    Event ini diselenggarakan lagi dan menjadi event tahunan setelah tahun 2018 sukses digelar International TNI Marathon di Mandalika

  • Pesona Desa Wisata (21-22 November 2019).
    “DESA WISATA” biasanya berupa kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus yang layak untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Selain itu, beberapa factor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem social turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata. Di luar faktor-faktor tersebut, sumberdaya alam alam dan lingkungan alam yang masih asli dan terjaga merupakan salah satu faktor penting dari sebuah kawasan desa wisata. 

  • Rinjani Golf Tournament (14-15 Desember 2019). 
    Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam rangka memperluas jenis objek wisata, akan menitikberatkan pada wisata & olahraga/sport tourism. Salah satu bentuk event sport tourism yang digelar adalah Rinjani Golf Tournament. Rinjani Golf Tournament digelar sebagai event olahraga tahunan Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dirangkai dengan peringatan HUT NTB. 

  • Festival Bale Langgaq (Desember 2019) 
    Bale langgaq berasal dari bahasa Sasak yang secara harfiah bermakna rumah kita. Festival ini diselenggarakan untuk menarik minat wisatawan dengan memberikan suguhan berupa kehidupan asli masyarakat Sasak pada umumnya dengan kembali mengangkat dan menghidupkan budaya dan adat istiadat masyarakat Sasak.

Daftar Acara tersebut di atas bisa berubah sewaktu waktu, dan pasti akan kita update bila ada perubahan, baik itu waktu pelaksanaan ataupun penambahan event event baru.

Nah jadi buat kalian yang berencana liburan ke Lombok dan Sumbawa di tahun 2019, silakan bisa diatur jadwalnya untuk menyesuaikan dengan event event di atas :)


***

Oia, selain event event besar seperti di atas, masih ada juga beberapa kegiatan yang berhubungan dengan pariwisata lho di sekitaran Lombok Sumbawa, nah apa aja itu? Nih aku kasih daftar nya :
  1. Ritual Roah Segare, tanggal 6 Januari 2019 di Pantai Kuta, Lombok Tengah
  2. Seleksi Pemilihan Putri Indonesia NTB, tanggal 23-26 Januari 2019 di Sundancer, Sekotong, Lombok Barat
  3. Parade Ogoh Ogoh dan Perang Api, di Cakranegara, Mataram tanggal 6 Maret 2019
  4. Bima Bike Tour, tanggal 29-30 Maret 2019 dengan rute dari Situs Uma Lengge sampai Agro Wisata Kampung Bawang Risa sejauh kurang lebih 67 km 
  5. Festival Sinema Australia Indonesia 2019, digelar di CGV Transmart Mataram, tanggal 15-17 Maret 2019
  6. ........ (akan diupdate)
Share:

2 comments:

  1. Sepertinya pas Bau Nyale ke sana asyik itu hehehhehe.
    Toh pas banget menjelang libur panjang bulan Maret :-)

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive