WHAT'S NEW?
Loading...

Pemandangan Indah dari Gardu Pandang Goa Seplawan

Goa Seplawan adalah salah satu lokasi wisata alam yang berada di kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Goa ini terletak di gugusan bukit menoreh perbatasan Kab Purworejo dan Kulon Progo tepatnya berada di desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing sekitar 20 kilometer ke timur dari pusat kota Purworejo dan berada di sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Menurut ceritanya sih Goa Seplawan ini merupakan peninggalan sejarah peradaban masa lalu yang dibuktikan dengan ditemukannya sebuah arca emas 22 karat setinggi 9 cm dengan berat 1,5 kg pada 15 Agustus 1979 di salah satu sudut goa. Sekarang Arca tersebut disimpan di Museum Nasional, sedangkan duplikatnya di pajang di pojokan sebelum pintu masuk Goa, namun dengan ukuran yang lebih besar.

Gerbang Pintu Masuk Kawasan Wisata Goa Seplawan
Saya sudah beberapa kali mengunjungi Goa Seplawan ini, dan untuk kali ini saya mau berbagi cerita mengenai salah satu perjalanan saya ke Goa Seplawan ini, tapi bukan masuk ke Goa nya ya melainkan menikmati pemandangan indah dari sekitar kawasan Gardu Pandang Goa Seplawan.
How to go there
Untuk menuju ke Goa Seplawan, tidak sulit kok, berikut saya kasih rute nya:
  • Dari Purworejo – ke arah Kec Kaligesing melalui Cangkrep – Brenggong – Plipir – Kaliharjo- Kaligono – Donorejo atau kalau menggunakan angkutan umum, bisa naik Primkopol jalur 44 dari terminal Pasar Baledono Purworejo, kemudian lanjut naik ojek.
  • Dari Jogja / Magelang / Godean / Wates : bisa melalui Kenteng Nanggulan arah Jonggrangan jatimulyo – Tlogoguwo – Donorejo.

Setelah sampai di Gerbang Pintu Masuk Goa Seplawan, kita bisa jalan kaki ambil arah kiri dengan sedikit naik tangga menuju Gardu Pandang Goa Seplawan, karena kalau lurus terus itu adalah arah menuju Goa nya.

Di sini kita akan disambut dengan cantiknya taman hijau yang penuh dengan tanaman hias, terlihat asri, segar, sejuk dan nyaman, seandainya ditambah dengan bunga warna warni pasti akan lebih bagus.



Ada beberapa gazebo di sepanjang jalan setapak ini yang bisa dimanfaatkan para wisatawan buat bersantai, tapi sih seringnya disalahgunakan sebagai tempat pacaran para pasangan muda mudi. Untungnya sih hari ini tidak ada sama sekali, mungkin karena masih terlalu pagi ya.

Sekitar 300 meter kita berjalan kaki melewati jalan setapak, kita akan sampai di tujuan utaman kita yaitu Gardu Pandang Goa Seplawan. Namanya aja sih yang "Gardu", tapi di sini tidak ada bangunan gardu seperti "Gardu Poskamling", hanya ada sebuah berugak yang sedikit rusak dikarenakan Gempa Jogja tahun 2006 lalu yang sampai sekarang belum diperbaiki.

Nah dari spot inilah kita akan dimanjakan oleh pemandangan yang super indah, dan udara yang sejuk. Bila cuaca sedang bagus, tidak mendung dan tidak berkabut, akan terlihat jelas Waduk Sermo di bawah sana, kemudian di arah selatan juga terlihat Pantai Selatan Jawa. Sedangkan kalau kita memanjat salah satu bukit di sini, kita juga bisa melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sidoro dan Gunung Slamet sekaligus.


Yang belum saya coba adalah menikmati view Sunrise dari gardu pandang ini, karena menurut cerita dari teman saya yang sudah pernah menikmatinya, pemandangan pas Sunrise ini sangatlah indah, bahkan sebelum Sunrise tiba pun pemandangan sudah aduhai, karena akan terlihat kerlap kerlip lampu Kota Wates di bawah sana.

Dan inilah yang akan menjadi cita cita saya ke depannya, yaitu menikmati Sunrise dari Gardu Pandang Goa Seplawan....

Postingan ini diikutsertakan dalan Lomba Blog Visit Jawa Tengah Periode 1 ( 19 Januari - 14 Februari 2015 )

8 comments: Leave Your Comments

  1. Wah aku mau nyepeda ke Seplawan tapi mpe sekarang belum kesampaian, hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalurnya enak nih buat sepedaan...

      Delete
  2. Replies
    1. iya bagusss.... cuman belum terlalu terkenal :)

      Delete
  3. pemandangannya bagus nih, seger, bersih, bagus buat liburan keluarga. oya, mengenaik gempa jogja, saya juga punya sedikit cerita, tapi belum saya tulis. semoga kapan2 bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ayo mas diposting tentang gempa jogja, kayaknya seruuu

      Delete
  4. wah ini masi sepi ya kayaknya jarang didengar. suasana asrinya keliatan banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini foto setahun lalu.. kondisi sekarang sudah berbeda.. sudah lebih bagus :) Sudah lebih rame

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar