WHAT'S NEW?
Loading...

Icip Icip Singang Kuliner Khas Sumbawa

Ngomongin makanan bernama Singang, sebenernya aku dah beberapa kali makan makanan ini, bukan beli bukan dimasakin istri di rumah, tapi nyomot bekal makanan teman kantor, haha. Jadi gini, ada satu temen kantor, sebut saja K, sering banget dibawain bekal makan sore gitu, maklum akhir akhir ini kita pulangnya jam 7 malam, dan setiap bekal yang dibawakan tuh pasti Nasi Panas dan Singang yang isinya ikan dengan kuah asam, huhuhuhu. Rasanya tuh asem asem seger gitu, jadi inget deh ama kuliner Garang Asem yang pernah aku nikmatin dulu di Solo.

Tapi waktu itu, aku sih belum tahu kalau Singang tuh sebenernya kuliner dari Sumbawa, pulau di sebelah timur Lombok ini.

singang khas sumbawa 1

Hingga akhirnya aku tahu ini makanan khas sumbawa saat mampir ke Dapoer Samawa, yang ada di Lombok Epicentrum Mall, Lantai 2, satu lantai dengan XXI. Aku memang sengaja kesini, karena pengen nikmatin sesuatu yang baru, yaitu kuliner khas pulau sebelah tanpa harus mengunjungi pulau nya langsung. Heuheuheu

Dapoer Samawa ini mencoba untuk tetap eksis membawa nama kuliner asli indonesia diantara kedai kedai sekitarnya yang menawarkan kuliner luar negeri seperti Beef Bar & Boba Tea, Qua-li, The Vinnette, Simple Pleasure, dan Chan Bingsoo. Dilihat dari segi interior dan penataan ruang pun, Dapoer Sumbawa ini terlihat paling biasa dibandingkan dengan kedai kedai tadi. Tapi justru inilah yang bikin aku tertarik untuk icip icip menu dari Dapoer Samawa ini.

singang khas sumbawa g

Ada dua jenis tempat duduk disini, bisa pilih dengan kursi dan meja di luar, atau pilih yang lesehan di dalam. Karena aku lagi bawa anak kecil yang lagi aktif aktifnya merangkak, jadi aku pilih yang lesehan, biar dia bisa lebih bebas kesana kemari merangkak.

Ada beberapa menu sajian khas sumbawa yang di sini, monggo silakan lihat daftar menu di gambar pertama di atas, ada harganya juga tuh. Menu yang kita pilih tentu saja Singang donk, aku pesen satu porsi aja karena menurutku sih sajian ini bisa buat dua orang deh, trus kutambah pesen Sayur Asam, biar ada asupan nutrisi dari sayuran.


Aku jadi ketagihan singang deh mulai malam ini, haha. Kuahnya itu lho, berbumbu tapi tetep ringan, jadi enak juga buat digado tanpa nasi, asem asem gimana gitu... Apalagi ditambah taburan bawang goreng dan daun kemangi, jadi makin gurih dan menggugah selera.

Pokoknya ini makanan aku reomendasikan buat kalian pecinta kuliner nusantara, terutama menu Ikan. Wajib dicoba, bisa dibeli di warung khas makanan sumbawa di mana aja sih, tapi kalau yang di Kota Mataram, Dapoer Samawa ini sudah lebih dari cukup. 

Next time aku pasti bakal balik ke warung ini, penasaran juga ama menu menu khas sumbawa yang lain, seperti Sepat dan Soto Samawa :)

18 comments: Leave Your Comments

  1. Jadi penasaran pingin ke Sumbawa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sampai rasa penasaranmu menghantui sampai tua,
      buruan ke Sumbawa, heuheuheu

      Delete
    2. klo aq bener-bener ke Sumbawa, pas di Lombok aq gelar tiker di rumahmu lho Bro, hahaha :D

      Delete
    3. gelar kasur juga boleh, heuheuheu

      asal jangan jalan kaki ke SUmbawa yaaaa, jauh broo

      Delete
  2. Mulutku terasa segar gurih baca ini. Masuk kuliner must try klo ke Sumbawa. maklum aku klo mbolang pasti kulineran juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum makan aja udah terasa segar dan gurih yaaa, apalagi kalau udah makan yaaa

      heuheuheu

      #visitsumbawa

      Delete
  3. Kok gw kebayangnyan kayak pindang palembang gtu yaa...duh ngeceessss

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekilas memang mirip ya, tapi coba rasakan dulu, beda :)

      Delete
  4. Belom pernah nyobain dan bahkan baru denger, tapi kalau mirip garang asem aku pasti bakal suka tuh, Seger pas musim ujan gini ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo seger banget, gurih gurih asem gitu... coba deh, pasti ketagihan

      Delete
  5. Aku kurang suka singang, enakan ayam taliwang aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku suka semuanya, heuheuheu

      Delete
  6. Enak kok,brsan td aq nyobain singang,wenak tenan

    ReplyDelete
  7. Baruuu aja mau nulis dapur samawa ini di blog :D
    Kalau saya sih suka sepatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuheuehu. ayo ditulis mbak :)

      sepat nya belum nyoba, next time mungkin yaa

      Delete
  8. Sepatnya enak juga ngga??? Aku pernah nyobain di taliwang KSB langsung endhesss bgt,nah kalo disitu enak jg ngga???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heuheuheu, dibaca dengan lengkap ya cerita di atas....

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar