WHAT'S NEW?
Loading...

Ada Penyu Raksasa di Pantai Sungkun

Kerinduan akan asinnya air laut, desiran angina pantai dan deru ombak akhirnya terobati di liburan kali ini, liburan yang bukan tanggal merah, alias liburan coblos pilkada, yaa meskipun gak ikut nyoblos sih, heuheuheu.

Ada sebuah pantai di wilayah Jerowaru, Lombok Timur yang sedari dulu pengen banget aku kunjungi, namanya Pantai Sungkun, padahal dulu tuh pernah main ke pantai di sebelah kanan (pantai surga) dan kiri nya (pantai rawan) pantai ini, tapi malah pantai sungkun ini gak terjamah, gara gara jalan masuknya kelewatan.

Lama gak lewat jalur Jerowaru, ternyata banyak perubahan, jalan nya sudah banyak mulus nya, beda jauh keadaanya dengan tahun 2011 lalu, saat masih sepi, saat pantai pantai di area jerowaru belum dikenal luas, seperti hal nya pantai pink saat ini, paling tersohor di jerowaru.

Karena sudah pernah hampir sampai di pantai sungkun ini, jadi aku gak kesulitan untuk menuju kesana, jalur nya pun masih hapal banget. Saat ini belum ada sih petunjuk menuju ke pantai sungkun ini, pokoknya ancer ancernya tuh cari jalur menuju pantai surga, atau warga setempat menyebutnya pantai planet (dari nama resort yang ada di sana ~ "Heaven on The Planet")

Nah pantai sungkun ini ada setelah pantai surga (sebelah kirinya)

Satu hal yang membuat pantai sungkun ini istimewa adalah gugusan batu yang ada di seberang pantai, yang bila dilihat dari arah tertentu akan terlihat seperti wujud binatang Penyu (Sea Turtle) yang ukurannya raksasa. Nah batuan besar itu bernama Gili Tenge.


Pantai Surga ada dibalik tebing itu
Lokasi parkir di pantai sungkun ini lumayan luas kaya lapangan bola, tanpa tiket masuk dan tanpa biaya parkir, heuheuheu

Tapi Gak banyak sih yang bisa dilakukan di sini, karena antara pasir dan air laut dibatasi oleh barisan batuan karang, kurang oke deh buat mandi mandi, padahal ombaknya gak besar lho, harusnya sih kalau gak ada batuan karang itu sip banget buat mandi mandi, kondisi ombak yang selow ini dikarenakan pantai sungkun ini lokasinya berdekatan dengan teluk, dimana di sebelah barat (wilayah Lombok tengah) disebut teluk awang, sedangkan di sebelah timur (wilayah Lombok timur) disebut Teluk Ekas.



Yang kegirangan malah anakku, dikubur kakinya ke pasir gak nangis, malah seneng joget joget, haha bisa ketularan bapaknya nih jadi anak pantai. Dan untungnya pula siang ini mendung, jadinya gak panas sama sekali, tapi ya efek ngatifnya kalau buat fotoan kurang okee, langitnya gak biru.

Oia, pasir di sini bentuknya bulat bulat mirip merica lho, mirip dengan pasir yang ada di Pantai Kuta dan Pantai Kaliantan.

Setelah anakku puas main pasir, akhirnya kita cabut dari Pantai Sungkun ini dan lanjut ke pantai tetangganya yaitu pantai batu dagong/bertok.

***
Peta, Lokasi, Rute ke Pantai Sungkun di Lombok Timur (via google maps)



6 comments: Leave Your Comments

  1. Eh iya batu nya irip banget ama penyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes,, bila dilihat dari arah tertentu :)

      Delete
  2. kalo di Jepara adanya patung penyu, kalo di sini benatuan mirip penyu :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. woh, iya pernah baca di blog sampeyan :)

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar