WHAT'S NEW?
Loading...

Antara Rookie Coffee dan Cozy Coffee Corner

Enggak tahu ya, akhir akhir ini aku lagi seneng nyobain berbagai kopi yang beda beda asal daerah nya. Tapi enggak harus ke asal daerah nya langsung sih, misalkan kalau mau icip kopi aceh, ya enggak harus ke aceh, tinggal cari aja kedai kedai kopi di kota kalian masing masing yang menyediakan biji kopi dari berbagai daerah, baik itu dari dalam maupun luar negeri

Perburuan kopi kali ini aku sampai di Kota Purworejo, Jawa Tengah. Nah untuk menemukan tempat ngopi di jaman serba digital ini enggaklah sulit, tinggal buka instagram trus search dah di situ dengan hashtag #kuliner(nama kota) , nah untuk kali ini aku search menggunakan hastag #kulinerpurworejo .

Berdasarkan kemampuan "kepo" ku, akhirnya aku menemukan dua kandidat utama "kedai kopi" yang layak untuk didatangi yaitu Rookie Coffee dan Cozy Coffee Corner yang masing masing akan aku bahas di bawah ini, yuk ah cekidot :

1. ROOKIE COFFEE
Kedai kopi ini lokasinya ada di jalan Dewi Sartika, Sindurjan atau tepatnya di sebelah barat Kauman Purworejo dengan menempati sebuah bangunan yang tidak terlalu luas tapi masih nyaman.

Sehabis magrib adalah waktu yang sebenernya kurang tepat untuk kesini, kenapa? Karena lagi rame rame nya gaess.... Untung aja aku masih dapet tempat duduk nih.


Setelah dapet tempat duduk, aku langsung menuju bar nya untuk order kopi. Nah dari obrolan singkat dengan barista nya, terpilihlah biji kopi simalungun yang akan diproses oleh barista nya, digiling manual dan diseduh menggunakan teknik aeropress. Weleh apa itu aeropress? Monggo silakan cari sendiri info nya di gugel.

Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari daerah Simalungun, Sumatera Utara. Setelah dihirup aromanya dan diseruput kopi nya, ternyata citarasa nya tuh khas banget kopi sumatera, enggak jauh beda dengan kopi mandheling dan lintong yang beberapa waktu lalu aku cobain (ini pendapat dari penikmat kopi yang masih awam, jangan diprotes yaaa, heuheuheu)

Segelas Kopi Simalungun
Secangkir Cappuccino orderan adek
By the way kebanyakan kedai kopi menyajikan kopi origin nya menggunakan gelas kecil bening ya, kalau buat difoto ya hasilnya gitu gitu aja, heuheuheu. Berbeda dengan orderan adek ku, secangkir cappuccino nya cantik banget, secantik rasa nya.. Enak enak enak... Meskipun sejujurnya aku enggak terlalu suka minuman kombinasi kopi dan susu karena perutku jadi eneg gitu kalau sampai segelas abis, palingan cuma icip icip dikit aja.

Untuk makanan nya kita order Pasta Saus Carbonara dan Saus Tomato. Dari dua menu ini yang paling aku suka yang Carbonara, paduan keju nya pas, sedangkan untuk yang saus tomat, aku kurang suka, terlalu asem.. kurang gurih jadinya


Overral, rookie coffee ini recommended deh.. Suasananya nyaman, kopi nya asoy, dan baristanya ramah ramah, sabar menjawab beberapa pertanyaan ku tentang jenis dan teknik menyeduh kopi. Next time pasti aku bakal balik lagi *kalau pas ke purworejo*


2. COZY COFFEE CORNER
Kedai kopi yang lokasinya di sebelah utara Alun Alun Purworejo ini masih terbilang baru. Beroperasi mulai sekitar bulan Mei 2016. Yang membuat aku heran tuh, di pintu nya ada stiker "Rookie Coffee", heuheuheu, daripada penasaran, aku pun nanya ke salah satu barista nya. Beliau bilang, memang dulu tempat ini adalah kedai kopi juga dengan nama Rookie Coffee yang sekarang sudah pindah di sebelah barat Kauman Purworejo. Heuheuheu lha kok enggak dilepas ya stiker nya


Kalau dilihat dari luas nya, tempat ini sedikit lebih kecil dari rookie, tapi untungnya masih tetap nyaman duduk lama, ngobrol sambil ngopi di dalam sini.

Seperti biasa, saat order kopi origin, aku pasti sedikit membuka obrolan dengan barista nya mengenai jenis jenis biji kopi yang tersedia. Nah dari obrolan singkat itu, terpilihlah biji kopi sembalun, heuheuheu, jauh jauh dari Lombok ke Purworejo eh malah minum nya kopi sembalun yang notabene dari Lombok.


Aku sih pilih kopi sembalun karena jujur saja aku belum pernah mencicipinya dan mumpung disini ada, yasudah mari kita sikaaat.. Nah Setelah di sruput, kopi sembalun ini ternyata mempunyai citarasa sedikit asam buah tapi ada sedikit tambahan rasa coklat.

Sedangkan adik ku pesen nya yang ringan ringan aja, coffee latte ice, yang merupakan kombinasi kopi, susu, gula dan es batu. Enak sih, cuman aku enggak terlalu suka minuman ginian. Sudah kujelaskan di atas, kalau minum ginian segelas, perutku jadi eneg bin mules.



Untuk cemilannya kita pesen Ropang (8ribu) yang merupakan roti tawar dipanggang dengan es krim di atas nya... huhuhuhu enak enak enak, pas banget buat temen ngopi, jadi inget es goreng yang dulu ada di Kedai Desa, Mataram. Bedanya kalau es goreng tuh es krim nya ada di dalam roti, yang kemudian roti berisi es tersebut digoreng, unik rasanya. Roti nya anget, tapi pas digigit ada es krim yang masih dingin di dalam.

***

Setelah aku coba kedua duanya, aku menyimpulkan kedua tempat ini recommended lah ya, terutama buat kalian yang suka ama kopi manual brew, bukan kopi sachetan. Meskipun enggak luas tempat nya, tapi nyaman, enak makanan nya, dan ramah pelayan nya.

Semoga tempat ini tetap bertahan, jadi pas nanti aku ke purworejo lagi, aku tetep bisa ngopi ngopi hore di sini lagi, heuheuheu

15 comments: Leave Your Comments

  1. Kok sama mas hahaha. Aku juga akhir-akhir ini suka berkunjung ke kedai kopi walau sbenarnya belum bisa membedakan antara jenis kopi dari wilayah yang berbeda :-D

    ReplyDelete
  2. OK, ke purworejo buat ngopi hehehe

    ReplyDelete
  3. Aku malah gagal fokus sama pasta carbonara keju nya ..nyummmiii. Kopi masih belum cocok sama paitnya yang kadang suka bikin deg-degan kaya mau ketemuan sama siapa :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuheuheu, memang bagi sebagian orang jadi deg degan...

      Delete
  4. Purworejo juga ngehitsss yaaa, banyak tempat nongkrong hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. semenjak ditinggal merantau jadi gitu deh

      Delete
  5. Masuk ke gang guron ada kedai kopi aroma milik mas edo

    ReplyDelete
  6. Jiaahhh kirain di Lombok. Langsung mikir mikir Rookie Coffee ini di jalan apa yakk hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuheuheu, sayang sekali ini di kampung halaman...

      Delete
  7. seru mas tempat nongkinya hehe

    ReplyDelete
  8. Christmas is fast approaching. We all know that Christmas is the time we celebrated annually to remember the birth of Jesus Christ. This is where our family gathers together and celebrates together, Sharing gift to our love ones, and even for the unfortunate one. It’s not how much we give but how much love we put into giving.
    Just want to share with you my made to order mug which you can customize or personalize your own designs. Which you can give this to your love ones as a simple gift that make the happy and unforgettable moment.
    Discount Store to someone special, or treat yourself to a design that brings you joy or makes you laugh. Create your own photo mug, shop our collection of the funniest joke mugs, personalize your mug with a monogram, or express yourself with one of our 10 million designs. You can visit us at www.gearbubble.com/gbstore/discountstore which is Available in 11-ounce or 15-ounce. Dimensions: 11-ounce: 3.8” h x 3.2” diameter 15-ounce:4.5” high x 3.4” diameter. Microwave and dishwasher safe. Strong, high-grade ceramic construction. So don’t wait to order yours! Visit us at www.gearbubble.com/gbstore/discountstore

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar