WHAT'S NEW?
Loading...

Wisata Kuliner di Purworejo Jilid 3

Yuhuu mumpung Kota Purworejo lagi ulang tahun (5 oktober kemarin) pas banget nih buat nerusin postingan berseri mengenai kuliner kuliner di Purworejo yang kini udah sampai di season 3, Tulisan ini aku bikin berdasarkan pengalamanku sendiri saat jalan jalan keliling Purworejo beberapa waktu yang lalu.

Nah buat yang mau baca seri sebelum nya, monggo silakan di KLIK di sini.

Langung aja yuk ah capcuss..........

1. SATE & GULE KAMBING PAK BAKRI WINONG
Sate Winong adalah salah satu kuliner khas dari Purworejo, yang warungnya banyak berserakan di pinggir jalan Purworejo - Winong. Yang paling terkenal sih sate winong pak mustofa, tapi pas kita kesana lagi rame bingiiits, gak ada tempat duduk (maklum lagi libur panjang). Hingga akhirnya kita mlipir ke warung sate winong kecil gak jauh dari pak mustofa, namanya Pak Bakri, yaaa anggap aja sama yaaa, heuheuheu



Yang khas dari Sate Winong adalah, terbuat dari daging kambing muda, sehingga empuk, dengan guyuran kuah kecap yang manis plus irisan bawang merah mentah, nah buat yang pengen pedes tinggal bilang ke tukang nya dibuatkan kuah kecap yang pedes... Tak perlu repot untuk menggigit daging dari tusukan nya, karena sate winong penyajiannya tanpa tusukan, sudah berupa potongan potongan daging dalam piring.

2. SAMBEL LAYAH
Warung yang bergenre franchise ini termasuk baru, karena baru buka di bulan puasa 2016 ini. Lokasinya ada di Jalan KH Ahmad Dahlan, tepatnya di sebelah utara kampus UMP. Menu andalan nya adalah paket ayam, paket lele, paket telor, paket udang dan paket cumi. 



Yang bikin ketagihan ama warung ini adalah sambel nya, sambel korek lombok ijo nya Juaraaaaa, pedas mantap, sampe kita keringetan... Selain itu harganya juga enggak mahal, pas banget dah lokasinya di deket kampus. Buat kalian yang gak doyan pedes, jangan sekali kali dateng kesini ya, heuheuheu...

3. D'SNOW CAFE & BISTRO
Kalau membaca tulisan nama cafe nya pasti kita langsung membayangkan sebuah tempat nongkrong yang seba putih dan dingin serta dafta menu yang dipenuhi menu menu makanan yang seger seger menggugah selera..


Eits tapi jangan membayangkan terlalu jauh ya, ternyata kenyataan tak seindah ekspektasi kita. Aku inget dulu pernah makan di daerah sini juga tapi di cafe yang namanya "Twins Corner Cake  Bistro" dengan nuansa hijau, kayaknya sih ini lokasinya sama deh, cuman ganti nama dan warna, coz di kanan kiri cafe ini udah enggak ada yang namanya twins corner. Lokasinya ada di sebelah utara Alun Alun Purworejo

Suegeeer panas panas gini minum es...
Sebenernya menu makanan nya lumayan enak kok, cuma interiornya menurutku harus dimaksimal kan, tentunya mungkin dengan dipasang AC biar adeeem sesuai namanya :))

4. PEMPEK TBA
Karena masih laper, setelah dari D Snow, aku mlipir jalan kaki ke arah selatan menuju kedai Pempek yang lokasinya ada di pintu gerbang TBA alias Taman Bermain Anak. Selain empek empek, di kedai ini juga dijual tempura, sosis jumbo bakar, gorengan dan minuman minuman ringan.



Berbagai jenis pempek ada di sini, tapi seperti biasa aku ordernya yang kapal selam. Menurutku, pempek nya enak, cuko nya juga pas, apalagi harganya, ramah banget di dompet, heuheuheu. Sedangkan adekku yang gak suka pempek, pesen nya gorengan tempura dan nugget. Tempura nya juga enak, apalagi dicocol ama sambel kacang nya, hmmmm maknyusss

5. BEBEK KOSEK
Ini nih salah satu kuliner favorit andalan ku dan istri pas ke Purworejo, namanya Bebek Sambel Kosek, yang ada di Rumah Makan Pojok, sebelah selatan Bengkel Mbah Surip, Pangenrejo. Sambel ijo nya itu lho, ngangenin banget...


6. BAKPIA JEANE
Bakpia Jeane merupakan bakpia kebanggan purworejo, Lokasi toko nya ada di Bagelen,  Purworejo, persis di tepi Jalur Purworejo - Jogja (dekat jembatan bagelen). Ada dua tipe bakpia, yang basah dan kering. Untuk yang kering keuntungannya bisa lebih tahan lama, sedangkan yang basah cuma tahan seminggu saja sejak dimasak.

Kalau dari segi rasa sih aku sukanya yang basah isian kacang ijo, favorit dah itu....

Di toko ini selain bakpia jeane, juga terdapat berbagai macam oleh oleh khas purworejo.




Baca Juga
1. Wisata Kuliner Purworejo Jilid 1
2. Wisata Kuliner Purworejo Jilid 2
3. Seminggu di Kota Purworejo

8 comments: Leave Your Comments

  1. Aku dulu pas di Kaligesing berkesempatan bikin wingko malahan. Di sana juga ada yang buat Wingko :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih, aku malah belum pernah merasakan wingko kaligesing....

      Delete
  2. iiiih, itu pempeknya dimasak garing gitu aku doyan bangeettt ^o^..

    yg sate kambing tdnya aku udh semangat, tp pas liat ada bawang, agak lgs surut ;p.. ga suka bawang mentah gitu soalny :D.. kayaknya kalo mesen sate dgn saus kecap aku slalu hrs ingetin penjualnya utk ga ksh bawang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuheuheu enak lho bawang mentah.... aku lebih suka bawang merah daripada bawang putih

      Delete
  3. Segala makanan yang berbau kambing kok aku selalu jatuh hati. Gule atau togseng trus sop kambing bikin menggugah selera makan

    ReplyDelete
  4. On the way Purworejo penasaran bebeknya, thanks for sharing ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama

      selamat ber wisata kuliner

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar