WHAT'S NEW?
Loading...

Tips Asyik Snorkling

Terumbu Karang pada dasarnya adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang disebut zooxanhellae (sumber wikipedia) dan merupakan salah satu ekosistem yang paling mengagumkan di dunia. Alhamdulilah tempat yang saya tinggali sekarang ini dianugrahi keindahan Terumbu Karang yang luar biasa "LOMBOK", yuph pulau lombok memang dikelilingi lautan yang kaya akan terumbu karang terutama di sekitar pulau-pulau kecilnya/gili.

Nah salah satu cara untuk menikmati keindahannya adalah dengan Snorkling, karena tidak perlu menyelam terlalu dalam untuk dapat menikmati keindahannya. kita hanya perlu berenang mengambang di permukaan sembari memandang ke bawah dimana terumbu karang tersebut berada.

Untuk dapat snorkling secara bebas, nyaman, aman dan dalam waktu yang lama, kita tentunya memerlukan beberapa alat, yaitu :
  1. Masker. Masker adalah alat yang melindungi mata dan hidung agar tidak kemasukan air laut, sehingga kita bisa bebas membuka mata dan melihat jelas ke dalam air laut, sedangkan hidung tak berfungsi di dalam masker ini. Masker ini bisa menahan air laut masuk asalkan pemakaiannya tepat yaitu karet di sisi sisi masker harus benar benar menempel pada kulit tanpa terhalang apapun, termasuk rambut, untuk memasangnya, ada bantuan semacam tali pengait dari karet untuk dilingkarkan di kepala, yang bisa ditarik maupun diulur sesuai lingkar kepala. 
  2. Snorkel. Alat ini berupa semacam pipa yang dikaitkan ke masker dimana salah satu ujungnya dimasukkan ke mulut dan ujung satunya berada di atas kepala sebagai jalan keluar masuknya udara. Jadi saat snorkling kita bernapasnya full lewat mulut, bukan hidung. 
  3. Kaki Katak. Sebenernya alat ini sih tidak terlalu diperlukan saat snorkling, alat ini hanya membantu memudahkan kita dalam berenang, karena jika kita memakai alat ini, sekali kita mengepakkan kaki, kita bisa maju lebih cepat dibandingkan bila tidak memakainya.
  4. Pelampung. Nah bagi yang baru pertama kali snorkling atau yang belum bisa berenang, alat ini sangat penting untuk dipakai sebagai alat bantu mengapung. Tapi untuk yang sudah biasa snorkling, alat ini justru mempersulit atau membatasi ruang gerak kita, kita akan lebih lambat dalam berenang.
  5. Kamera Underwater. Nah tak lengkap rasanya bila kita snorkling hanya lihat lihat saja tanpa mengabadikan keindahannya. Yuph, kamera underwater menjadi alat wajib bagi yang punya hobi snorkling sekaligus fotografi. Ada jenis kamera khusus yang memang bisa langsung digunakan di dalam air, dan ada pula kamera biasa yang tentunya harus ditambah alat pengaman anti air yang biasa disebut housing underwater.
Selain alat alat tersebut, ada juga beberapa hal yang harus kita ketahui mengenai Snorkling, yah semacam tata cara nya lah, berikut ini saya rangkumkan berdasarkan dari pengalaman saya saat snorkling dan dari berbagai sumber :
  1. Jangan malu atau merasa minder untuk memakai pelampung sebagai pengaman. Apalagi saat kita snorkling di daerah yang belum pernah kita datangi, terutama mengenai arus, ombak dan kedalaman. Karena Kadang kadang saya menemui orang orang yang malu untuk pakai pelampung.
  2. Jangan menyentuh apalagi menginjak terumbu karang, karena selain bisa merusaknya, kadang terumbu karang juga ada yang beracun. Pernah saya melihat teman yang dengan bangganya bisa berdiri di perairan, ternyata dia beridiri di atas terumbu karang, menyedihkan.
  3. Jaga jarak aman dengan terumbu karang, jangan terlalu dekat dengan mereka. Karena sewaktu waktu ombak atau arus bisa datang dan bisa mengarahkan tubuh kita secara tiba tiba ke terumbu karang yang bisa melukai kulit kita. Selain itu dibalik balik terumbu karang biasanya bersembunyi bulu bali, yang sangat menyakitkan bila duri itu menancap di kulit tubuh kita.
  4. Juga jangan menyentuh ikan ikan ataupun makhluk lain dalam perairan.
  5. Saat snorkling sekali kali kita perlu melihat ke atas, mengetahui dimana posisi kita, jangan sampai karena kita keasyikan snorkling, kita terbawa arus yang menjauhi daratan. Selain itu untuk mengetahui siapa tahu ada kapal/perahu yang mendekat.
  6. Untuk mencegah kaca pada masker menjadi berembun, kita bisa mengoleskan baby oil pada kaca tersebut.
  7. Jangan Panik. Hal ini penting terutama saat kita snorkling tanpa bantuan pelampung. Karena saat kita panik, nafas kita menjadi tidak teratur sehingga air laut bisa masuk ke dalam snorkle.
Nah gimana? Setelah baca baca ulasan saya di atas semoga bisa memberikan sdikit pencerahan bagi kalian yang suka snorkling. Oia untuk foto foto hasil snorkling saya juga ada di blog ini, tinggal di search aja yia.... Selamat ber-Snorkling ria ya...



jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
LOMBOK itu INDAH

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar