WHAT'S NEW?
Loading...

Kurma, Buah Khas Ramadhan

Jika ada pertanyaan, Buah apa yang populer saat bulan ramadhan tiba? Jawabannya pasti kompak, yaitu  Buah Kurma. Yang jawab buah pisang untuk kolak, salah ya.. :p

Buah kurma atau dalam bahasa Arabnya tamar tergolong dalam keluarga phoenix. Sekumpulan jenis palm seperti kelapa sawit sementara buahnya bertangkai seperti buah pinang. Kurma diyakini berasal dari tanah di sekitar tepi sungai Nil dan Efrat. Sekarang pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah beriklim hangat di semua benua, termasuk di Afrika, Australia dan Amerika (California).

Khasiat buah kurma:
  1. Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
  2. Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
  3. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
  4. Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A  diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
  5. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
  6. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
  7. Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu  piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah  dan metabolisme tulang.
  8. Buah ruthab (kurma basah) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa systolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi).
  9. Ruthab (kurma basah) mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya. Hal ini karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kalahiran.
  10. Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Ada hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula dan air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan orang berpuasa setelah melalui masa menahan makan dan minum. Berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang. Dilain pihak, berkurangnya air dapat melemahkan dan mengurangi daya tahan tubuh. Hal ini berbeda dengan orang berpuasa yang langsung mengisi perutnya dengan makanan dan minuman ketika berbuka. Padahal ia membutuhkan tiga jam atau lebih agar pencernaannya dapat menyerap zat gula tersebut. Oleh karena itu, orang yang menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa tetap dapat merasakan fenomena kelemahan dan gangguan-ganguan jasmani akibat kekurang zat gula dan air.
     
Dulu waktu saya masih kecil, buah ini masih menjadi buah eksklusif di kampung saya, saat saat ramadhan masih jarang buah ini.  Buah ini justru sangat identik dengan oleh oleh dari naik haji. Saat tetangga naik haji, pulangnya pasti bawa oleh oleh buah kurma dan air zam-zam, buah dan air tersebut dibagi bagi ke tetangga sama rata, sedikit sedikit, asal semua dapat.

Tapi sekarang, buah ini sangat mudah ditemukan di warung, toko ataupun supermarket, apalagi saat bulan ramadhan seperti sekarang ini. Semua mini/supermarket pasti jual buah ini. Kurma identik sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa, yang sangat ideal dan baik untuk kesehatan tubuh. Sehingga Rasulullah sendiri, mensunnahkan kepada kaum muslimin yang berpuasa di bulan Ramadhan, untuk mendahului berbuka puasa dengan beberapa biji buah kurma. Kemudian baru diikuti dengan santapan tambahan lainnya.

Di Ampenan, Kota Mataram sendiri mulai menjamur penjaja buah ini khususnya di sekitar taman sebelah timur pasar Barata/ACC, atau taman yang biasa dipenuhi penjual durian (saat musimnya). Bahkan sebulan sebelum puasa, mereka sudah mulai bermunculan. Berbagai jenis kurma dijajakan dengan berbagai variasi harga. Tapi Kalau yang ingin simple sih tinggal beli aja di Indomaret atau Alfamaret terdekat, pasti ada deh, sudah dibungkus rapi, dengan berbagai merk, dan siap disantap saat berbuka....



(diolah dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi)
jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar