WHAT'S NEW?
Loading...

Pameran Warisan Budaya Indonesia di Mataram Mall

Puasa puasa di Mataram bingung mau jalan jalan ke mana? Tenang saja, langsung saja meluncur ke Mataram Mall, karena disana sedang digelar Pameran Warisan Budaya Indonesia yang bertema "Rekaman Jejak Budaya Bangsaku". Pameran yang berlangsung tanggal 22 - 28 Juli 2012 ini terselenggara berkat kerjasama antara Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman dengan Museum Negeri Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai bagian dari upaya kampanye untuk melestarikan Cagar Budaya milik Bangsa Indonesia.

Mall dipilih sebagai tempat penyelenggaraan dengan maksud agar masyarakat lebih mudah mengakses dan mengapresiasi pameran, terutama bagi generasi generasi muda yang memang suka jalan jalan ke mall. Sebelum di Mataram Mall, pameran cagar budaya juga pernah dilakukan di Tunjungan Plaza (Surabaya, Jawa Timur) serta Mall of Indonesia dan Senayan City (Jakarta).

Dalam event ini dipamerkan beragam benda cagar budaya, baik dalam bentuk fisik maupun berupa foto-foto benda berikut keterangannya. Benda dan foto yang dipamerkan bukan hanya benda cagar budaya yang ada Provinsi NTB, melainkan juga benda cagar budaya dari daerah lain di Indonesia. 

Pameran di Mataram Mall ini disusun dalam empat tema, yaitu mulai dari masa perkembangan kebudayaan prasejarah, masa Hindu-Buddha, masa kebudayaan Islam dan kolonial, hingga kebudayaan Nasional Indonesia.

Benda cagar budaya dari kawasan NTB yang dipamerkan, antara lain, adalah makam Dantraha dan makam Tolobali dari Kesultanan Bima di Pulau Bima, Pura Lingsar di Kabupaten Lombok Barat, dan Istana Dalam Loka di kota Sumbawa Besar. Selain itu dipamerkan pula situs purbakala dan cagar budaya lain dari kawasan Sangiran (Jawa Tengah), kawasan prasejarah Maros dan Pangkep (Sulawesi Selatan), temuan Situs Leang Bua di Flores (Nusa Tenggara Timur), kawasan megalitik Nias (Sumatera Utara), peninggalan Majapahit di Trowulan (Jawa Timur), dan situs percandian Muara Jambi (Jambi).

Bagi yang berkesempatan berkunjung, jangan lupa isi buku tamu ya, nanti kalian akan dapat 1 buku mengenai Rekaman Jejak Budaya Bangsaku secara gratis. Selain itu di bagian tengah ada ular tangga ukuran jumbo yang bisa dimainkan ramai ramai. Setiap kotakan ulanr tangga tersebut berisi foto foto budaya budaya di Indonesia. Wajib dicoba..


jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
LOMBOK itu INDAH

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar