WHAT'S NEW?
Loading...

Saatnya Manjain Perut di Jogja

Hai hai hai....
Mumpung lagi bulan puasa, kayaknya asyik nih nulis tentang makanan. Kebetulan beberapa minggu sebelum bulan ramadhan aku menyempatkan keliling Jogja buat icip icip kuliner yang udah lama ngehits. Seperti apa keseruan kita dalam memuaskan nafsu makan di Jogja? Lets Cekidot........

1. KALIMILK
Setelah lelah jalan jalan ke Hutan Pinus, Mangunan. Malamnya kita sempatkan untuk nyusu di Kalimilk, nyari yang anget anget sekaligus mengembalikan stamina dengan segelas susu besar, biar besok paginya tetap fit, karena perjalanan #explorejogja masih panjang.

Kalimilk yang kita datangi, lokasinya ada di Jalan Kaliurang KM 4,9 Jogja atau di arah utara kampus UGM. Kedai yang menu utama nya susu ini gak pernah sepi ya, persis seperti yang sering kubaca di internet. Malam ini kita harus antre untuk mendapatkan tempat duduk, tepatnya kita mendapatkan nomor urut 2, tapi meskipun hanya antrean ke dua, ternyata lumayan lama juga gaes sampai kita bener bener mendapatkan tempat duduk. *sabar*


Untungnya di sini disediakan bangku khusus untuk menunggu antrean, dengan background yang otentik, jadi foto foto dulu deeeh, heuheuheu

Meskipun disini tersedia banyak varian rasa susu, aku enggak terlalu tertarik sih, aku pilihnya yang rasa ori, atau di sini nyebutnya Kalimilk Pure, ukuran besar dan yang panas. 

Beneran enak rasanya, pure susu. Gak kayak susu racik yang lagi hot di Lombok, meskipun aku pesen nya yang rasa original, tapi tetep aneh rasa susunya, semacam ada rasa rasa kacang ijo nya. Nah sebagai pendamping, aku order Fish Ball Potato, huhuhu yang ini enak juga.... anakku aja seneng ini menu... Recommended :))


Semakin malam, ternyata masih banyak aja yang baru datang, bahkan dari sebagian mereka harus bersedih, kecewa karena menu yang diinginkan sold out, alias habissss, hingga harus balik kanan pulang. Oia, satu lagi, sejak dari aku masuk kesini sampai selesai makan, ada banyak orang berjaket hijau bertuliskan GoJek yang mondar mandir order makanan disini. Huhuhu enak ya, coba di lombok ada GoJek juga yaaaa.... *semoga segera ada*

2. SEORAE
Tempat yang satu ini adalah hasil rekomendasi dari adik ipar yang sekarang lagi kuliah di Jogja, dan kebetulan selama di jogja dia dan pacarnya jadi guide kita. Katanya sih di Seorae ini enak... yaudah ngikut ajaaa


Seorae ini adalah resto dengan menu makanan khas korea. Lokasinya ada di Lantai 3 Ambarrukmo Plaza, Jogja. Nah berhubung aku kurang paham tentang menu menu makanan di sini, akhirnya kuserahkan aja ke mereka buat milih, dan akhirnya dipilihkan Seorae Set Menu, yang isinya Woosamgyeob, Garlic Chicken, Beef Sausage, Fresh Mushroom, dan Vegie. Plus dapet side dish: Kaeran Jjim, Seafood Sundubu Jjigae, Steamed Rice, dan Ocha yang bisa di refill, alias isi ulang gratisss sampai kembung.

Set menu ini disajikan awalnya dalam keadaan mentah, nah oleh pelayan ditawarkan untuk dimasakkan atau dimasak sendiri. Berhubung adik ipar dan lelaki nya sudah mahir dalam masak memasak menu ini, akhirnya kita pilih untuk memasak sendiri, huhuhu, tapi ya itu, harus hati hati ya, karena di meja makan ada tungku dengan bara yang sangat sangat panas, plus cerobong asap di atas nya. Sebenernya agak gengges juga sih, tapi ya pengalaman baru juga sih, huahahaha *nDeso. Coz di Lombok belum ada yang grill gini, adanya yang rebusan ala ala XO Suki. 


Akhirnya ya aku bisa makan kimchi (bukan kimcil), setelah selama ini cuman bisa lihat di film film korea, heuheuheu. Enak juga ya, asem asem pedes seger. Selain kimchi, ada beberapa sayur dan jamur yang tak tersentuh, alias diantara kira berempat gak ada yang doyan makan nya. Tapi untuk daging nya, baik yang daging sapi atau yang ayam, semuanya Juaraaaaaa....

Recommended, next bakal balik lagi kesini

3. Jejamuran
Resto yang udah sering wara wiri diliput di stasiun TV Nasional ini berlokasi di Niron Pandowoharjo, Sleman, Jogja. Bisa diakses dari Jalan Magelang KM 10-11 terus belok ke arah timur. Gampang kok ditemuin, tinggal buka aja google maps di hp trus search "Jejamuran", nemu deh lokasinya.

Sesuai dengan namanya, Restoran keluarga ini menyajikan berbagai menu dengan bahan jamur. Jamur yang digunakan sangat bervariasi, dari mulai jamur hitam, jamur tiram, jamur merang, shitake, jamur kancing sampai jamur lingzhie.

Awalnya bingung nih, dari sekian banyak menu jamur, mau order yang mana.

Hingga akhirnya terpilihlah menu Telur Dadar Shiitake, Jamur Bakar Pedas, dan Jamur Tiram Asam Manis. Nah buat yang enggak terlalu suka Jamur tapi mendapat ajakan atau undangan makan di Jejamuran bisa pilih menu non Jamur kok, seperti Nasi Pecel, Ayam/Bebek Goreng, Tahu, Tempe, dan Lumpia.


Mungkin aku yang terlalu berekspektasi tinggi ya, gegara resto ini sering masuk liputan tipi. Setelah icip icip menu yang dipesan. Ternyata enggak ada yang spesial, apalagi telur dadar shiitake nya, lha dingin... harusnya khan anget anget gitu ya... Sepertinya udah digoreng dr beberapa jam lalu. Justru yang paling enak malah orderan ibu, yaitu Bebek Goreng, heuheuheuheu.

Tapi ada beberapa nilai plus dari resto ini, yang pertama, sopir kita yang enggak mau gabung ke meja tapi malah milih nongkrong di parkiran, ternyata di sana udah disediain makanan khusus untuk sopir. Yang kedua, terdapat kolam terapi, yang isinya ikan ikan kecil yang akan nyium nyium manja kaki kita bila dicelupkan ke dalam kolam, dan itu free. Yang ketiga terdapat satu spot yang isinya jamur jamur yang masih hidup, lengkap beserta namanya. Jadi tamu bisa sekalian belajar jenis jenis jamur plus bisa narsis narsis hore bersama jamur disini. 

4. Sogul (Sop Gulai) Jugak
Aku sih baru pertama kali denger nama Sogul ini, tapi menurut adik iparku yang notabene mahasiswi jogja, tempat makan ini udah terkenal dan selalu ramai apalagi pas malem. 

Warung Sogul ini ada dua di jogja, nah untuk malam ini kita pilih yang ada di Jalan Jembatan Merah 118A Pring Wulung, karena katanya relatif lebih sepi dari yang ada di Jalan C Simanjuntak.

Menu yang disediakan antara lain Sop Ayam (6,5rb) , Sop Balung (8,5 rb), Tengkleng Kambing (20rb), Balungan (11,5rb), Tomyam (15rb), dan Gulai Ayam Kampung (10-18rb).


Gulai Ayam Kampung adalah menu yang paling juara, ada 7 jenis bagian ayam yang bisa dipilih seperti Dada, Paha Atas, Paha Bawah, Sayap, Kepala, Jeroan dan Lemak/Kulit, dengan harga yang berbeda beda tiap jenis mulai dari 10 rb - 18 rb/porsi.

Penampilan makanan nya sih biasa aja ya, dengan didominasi warna coklat, tapi tunggu dulu, rasanya ternyata Juaraaak... Maknyusss... Buat yang suka pedas, menu ini cocok banget, apalagi konsumen bisa memilih berapa cabai yang mau dipakai, tinggal menulis di kertas orderan. Huhuhu enak enak enak..... Kalian wajib coba deh

***

Gimana? Masih kuat puasanya setelah baca dan lihat foto foto di postingan ini?? Heuheuheu...

6 comments: Leave Your Comments

  1. Baru tau ada restoran Seorae di Ambarukmo Plaza. Berasa udah lama banget nggak nge-mall...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuheuheu....
      lha monggo nge_moll
      mumpung bulan puasa *apa hubungannya*

      Delete
  2. Besok-besok kudu blusukan lagi di Jogja mas. Masih ada banyak yang enak-enak hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. berhubung bawa baby, jadi kemarin ke tempat yang mudah dijangkau dulu
      next time bakal blusukan, heuheuheu

      Delete
  3. Jogja ini selalu menarik dan selalu adatempat baru buat nongkrong

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar