11 January 2018

Tempat-tempat Peminjaman Dana Tanpa Jaminan


Butuh dana secara mendesak padahal uang dalam tabungan masih belum cukup? Tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah tersedia banyak tempat pinjam uang yang bisa dipilih. Bahkan kini ada tempat peminjaman dana yang bisa diakses secara online sehingga akan memudahkan kita dalam prosesnya. Akan tetapi, semudah apapun proses peminjaman uang ini, kita harus tetap bijak dalam menggunakan dana pinjaman serta cermat memilih tempat peminjaman uang mana yang terbaik. Berikut akan dijelaskan satu per satu mengenai tempat-tempat pinjaman uang tanpa jaminan ini.

1. Koperasi
Pertama ada koperasi pinjaman uang tanpa jaminan. Koperasi simpan pinjam atau simpin memang terbilang populer sebagai tempat peminjaman uang baik di desa maupun di kota. Koperasi akan dapat memberikan pinjaman dana mulai dari satu juta hingga ratusan juta rupiah. Pinjaman di koperasi ada yang harus memakai jaminan surat-surat berharga, namun ada juga yang tidak perlu jaminan. Agar bisa mendapat pinjaman dana dari koperasi, kita harus menjadi anggota dari koperasi itu terlebih dahulu. Dana yang diberikan pada pinjaman tanpa jaminan biasanya terbatas, antara satu hingga sepuluh juta rupiah. Akan tetapi dana yang diberikan apabila kita mengajukan pinjaman dengan jaminan nilainya akan tergantung dari barang jaminan tersebut. Makin tinggi nilainya maka makin tinggi pula pinjaman yang kita dapatkan. Besaran bunga sendiri berkisar antara satu hingga dua belas persen.

2. Bank
Bank termasuk tempat peminjaman uang yang populer. Perorangan hingga pengusah yang membutuhkan modaal bisa meminjam uang pada bank. Bank akan memberi pinjaman tanpa agunan atau jaminan yang populer dengan sebutan Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Produk pinjaman akan dapat kita pilih dari berbagai opsi yang tersedia. Proses pencairan dananya sendiri akan berbeda-beda antar bank. Umumnya, waktu yang diperlukan adalah mulai dari satu hingga empat belas hari pasca kelengkapan berkas-berkas persyaratan. Dana yang dipinjamkan bank akan berkisar pada puluhan juta hingga miliaran rupiah. Hanya saja, untuk Kredit Tanpa Agunan ini biasanya akan dikenakan bunga yang lebih tinggi serta tenor lebih pendek dibanding pinjaman yang menggunakan jaminan.

3. Pegadaian
Pegadaian ialah BUMN terpercaya di mana kita bisa meminjam uang dengan cara menggadaikan barang tertentu. Prosesnya hampir sama seperti meminjam uang di bank melalui kredit dengan jaminan. Kita menyerahkan barang jaminan, misalnya sepeda motor, kemudian akan mendapat uang pinjaman sesuai nilai dari barang yang dijaminkan tersebut. Jika tidak dapat melunasi pinjaman dalam tempo waktu yang ditentukan, maka sepeda motor yang dijaminkan akan disita oleh pihak Pegadaian. Terdapat pula bunga dalam peminjaman uang di Pegadaian ini. Pegadaian juga cocok bagi mahasiswa yang hendak menggadaikan barang sebagai modal usaha sambilan. Hal ini terutama karena syarat menggadaikan barang di Pegadaian terbilang mudah, yaitu hanya KTP atau SIM saja.

4. Kartu Kredit
Jika kita memiliki kartu kredit, maka kita akan dapat melakukan peminjaman uang secara mudah. Sistem pinjaman yang dilakukan melalui kartu kredit sama seperti cara pemakaian kartu kredit untuk membeli ataupun membayar aneka keperluan mendesak. Kita juga dapat melakukan tarik tunai menggunakan kartu kredit tersebut. Akan tetapi, pada tanggal jatuh tempo maka kia harus membayar semua pengeluaran yang telah dipakai melalui kartu kredit. Pastikan selalu bayar tagihan kartu kredit secara tepat waktu agar kita terhindar dari denda. Kepemilikan kartu kredit sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan apabila kita termasuk orang yang gemar sekali berbelanja alias boros dan tidak bisa mengatur keuangan. Hal ini akan membuat tagihan kartu kredit membengkak dan kita kesulitan dalam membayarnya.

5. Perusahaan
Jika kita tercatat sebagai pegawai pada sebuah perusahaan, maka kita bisa meminjam uang pada perusahaan melalui sistem kasbon. Caranya mudah serta tidak butuh jaminan. Kita hanya perlu membuat surat permohonan pinjaman uang dan ditujukan pada kepala keuangan pada perusahaan tempat kita bekerja. Syarat kasbon ialah kita harus mengembalikannya secara cicilan tiap bulan yang dipotong dari gaji bulanan. Dalam surat permohonan ini juga harus disertakan alasan peminjaman dana serta nominal dari cicilan yang akan dibayarkan tiap bulannya. Selain tidak mensyaratkan jaminan, pinjaman secara kasbon ini biasanya juga tigak dikenakan bunga. Tentunya hal ini bisa jadi jalan keluar yang menyenangkan atas masalah finansial kita.

6. FIF
Lembaga peminjaman uang selanjutnya adalah FIF atau Federal International Finance. Umumnya, FIF akan mencairkan dana pinjaman menggunakan jaminan BPKB kendaraan. Banyak orang yang menyukai pengajuan pinjaman di FIF terutama karena prosesnya mudah serta bunganya tergolong ringan. Angsuran FIF juga bisa dibayar di mana saja, seperti ATM sampai minimarket. Akan tetapi, nominal dana yang dipinjamkan FIF tidak sebesar pinjaman dari bank atau lembaga lain.

7. Pinjaman Online
Seperti telah disebutkan sebelumnya, kini kita juga bisa mengajukan pinjaman secara online. Prosesnya terbilang sederhana serta mudah. Kita cukup mengunjungi situs penyedia layanan pinjaman online dan mengisikan data-data yang diperlukan, termasuk nominal uang yang hendak dipinjam. Bunga yang dikenakan dalam pinjaman online ini juga termasuk rendah. Selain itu, tentunya cara ini terbilang mudah serta sederhana sehingga banyak disukai.

8. Meminjam Dari Teman atau Kerabat
Sebelum mengajukan pinjaman dana di lembaga peminjaman dana ataupun pinjaman online, biasanya kita akan mencari solusi akan kebutuhan dana pada teman atau kerabat terlebih dahulu. Apalagi karena meminjam uang pada teman atau kerabat biasanya tidak akan dikenakan bunga serta tidak dibutuhkan adanya jaminan. Waktu pembayaran pinjaman juga bisa didiskusikan lebih lanjut. Selain itu, kerabat serta teman biasanya akan tahu benar kondisi keuangan kita sehingga besar kemungkinan pinjaman dana kita akan disetujui. Walau meminjam dana pada teman atau kerabat ini terbilang sebagai cara termudah dan besar kemungkinan kita akan mendapat pinjaman, namun kita tidak bisa menyepelekan pembayarannya. Pinjaman harus tetap dibayar tepat waktu. Selain agar kita tidak merepotkan teman atau kerabat, hal ini juga bertujuan agar kita bisa mendapat kepercayaan mereka serta menjaga tali persaudaraan.

Demikian adalah tempat-tempat pinjam dana tunai cepat tanpa jaminan. Kita bisa memanfaatkan aneka tempat di atas sebagai tempat peminjaman dana yang cepat, aman serta menjadi solusi bagi kebutuhan dana yang mendesak. Satu hal yang harus diperhatikan ialah bahwa kita tidak boleh lupa untuk mengangsur pengembalian pinjaman. Masalah keuangan tidak selesai sampai ketika kita mendapat pinjaman dana. Kewajiban kita baru dimulai karena pinjaman dana tersebut harus dikembalikan secara bertahap. Pintar-pintarlah mengatur keuangan agar kita tetap dapat menggunakan pinjaman dengan sebaik-baiknya serta mengangsur secara tepat waktu. Meminjam uang tidaklah disarankan apabila kita tidak dapat mengatur pengeluaran dan termasuk boros dalam menggunakan dana. Semoga informasi di atas bermanfaat.
Share:

Blog Archive