31 January 2018

Tips Biar Anak Nggak Rewel Saat Naik Kereta Api







Membawa anak naik kendaraan umum seperti kereta api, terutama untuk perjalanan jauh memang kadang bikin deg-degan. Salah satu kekhawatiran yang kerap muncul adalah apakah anak-anak bakal rewel atau tidak selama perjalanan. Karena jika sampai rewel tentu akan mengganggu para penumpang lainnya di gerbong kereta.

Agar anak tidak rewel selama perjalanan naik kereta api, ada beberapa tips mudah yang bisa kamu ikuti. Simak di sini yuk…

Belikan Tiket Sendiri 
Tidak hanya anak-anak di atas dua tahun saja yang sebaiknya dibelikan tiket kereta api sendiri, namun juga mereka yang masih bayi. Dengan tempat duduk sendiri, anak akan lebih nyaman selama perjalanan, terutama ketika mereka hendak bermain atau tidur.

Tiket kereta api untuk anak-anak harganya berbeda dengan orang dewasa. Lebih baik mengeluarkan biaya sedikit lebih banyak untuk membeli tiket kereta api tambahan daripada anak tidak nyaman selama di jalan.

sumber:time.com

Beri Informasi Sebelum Berangkat
Ceritakan kepada anak bahwa tidak lama lagi mereka akan naik kereta api untuk menuju kota tertentu. Tunjukkan seperti apa bentuk kereta api yang akan dinaiki, apa saja yang bisa mereka lakukan di dalam gerbong kereta api dalam sebuah perjalanan yang panjang.

Kisahkan juga kota-kota apa saja yang akan dilalui oleh kereta api agar mereka tertarik untuk melakukan perjalanan ini.

Beri Pengertian
Jika anak sudah berusia di atas dua tahun, berikan pengertian tentang peraturan selama perjalanan yang akan dilakukan. Apa yang boleh mereka lakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan di atas kereta api, termasuk konsekuensi jika mereka tidak menuruti perjanjian awal yang dibuat sebelum berangkat.

Bawa Mainan
Bawalah mainan kesukaan anak agar ia nyaman selama perjalanan. Tidak hanya satu atau dua, sebaiknya bawa beberapa yang paling mereka sukai dan mudah dibawa ke mana-mana serta bisa dimainkan di atas kereta. Dengan mainan, anak akan lebih nyaman dan kemungkinan untuk rewel pun berkurang.

sumber:iyaa.com

Bawa Makanan Cukup
Siapkan makanan, minuman dan snack yang cukup untuk anak selama perjalanan. Tidak perlu memaksa mereka untuk makan di perjalanan. Tawarkan saja jika mereka berkenan, ada snack kesukaan yang boleh dihabiskan selama di perjalanan. Dengan demikian, anak tidak akan rewel secara berlebihan.

Pahami Situasi Hati Anak
Melakukan perjalanan jauh adalah hal yang melelahkan bagi orang dewasa, apalagi untuk anak-anak yang mudah bosan dan kadang tak bisa mengekspresikan rasa lelah mereka dengan mudah. Agar ia tidak rewel, bersabarlah dan pahami situasi hatinya dengan lembut.

Ketika ia mulai menangis tidak jelas, tidak perlu langsung marah yang akan membuatnya semakin emosi. Ajaklah untuk bicara pelan-pelan dan tanyakan apa yang mereka inginkan agar merasa nyaman.

Jika mereka bosan, ajaklah jalan-jalan keliling gerbong. Atau bawalah buku gambar agar mereka bisa melukis apapun yang dilihat selama perjalanan.

Menahan emosi dan mencari penyebab rewelnya anak akan menjadi solusi yang sama menyenangkannya baik bagi anak maupun orangtua. Dengan begini, perjalanan pun akan terasa lebih nyaman, meski jarak yang ditempuh ratusan kilometer jauhnya.

Pilih Perjalanan Malam
Untuk mengurangi risiko anak rewel, sebaiknya pilih perjalanan malam. Ketika matahari sudah terbenam, anak-anak biasanya lebih mudah tertidur dan mereka tidak perlu merasakan hal yang membuat tidak nyaman selama perjalanan.

Anak bahagia, orangtua pun gembira.


Share:

2 comments:

  1. Pokoknya bagaimana caranya agar si kecil nggak bosan kalau naik kereta atau transportasi lainnya :-)

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive